Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Amankah Obat Nyamuk Semprot Untuk Ibu Hamil?

Apakah obat nyamuk semprot aman untuk ibu hamil?

Ya, obat nyamuk semprot dianggap cukup aman digunakan di sekitar ibu hamil apabila tidak berlebihan. Namun, karena obat nyamuk semprot mengandung beberapa jenis bahan aktif (pestisida) yang berbeda satu dan lainnya, jangan lupa untuk membaca label produk penyemprot nyamuk yang akan Anda beli.

Berhati-hatilah apabila menggunakan produk penyemprot nyamuk yang mengandung bahan kimia DEET pada labelnya (N, N-etil-m-toluaminde atau m-DET), sebab beberapa orang ada yang sensitif terhadap bahan kimia tersebut dan bisa mengalami efek samping yang berbahaya apabila terpapar langsung pada kulit.

Meskipun begitu, sebagian besar orang tidak mengalami efek berbahaya apapun.


Amankah Obat Nyamuk Semprot Untuk Ibu Hamil?


DEET sangat efektif untuk mencegah gigitan nyamuk dan serangga lainnya. Percobaan pada hewan menunjukkan, penggunaan DEET pada kadar tinggi sekalipun tidak berisiko terhadap cacat lahir.

Apabila obat nyamuk semprot terkena kulit, sekitar 5 sampai 10 persen kandungan pestisidanya akan terserap ke dalam aliran darah Anda dan memang ada kemungkinan untuk mencapai janin. Namun pada kebanyakan kasus, tingkat paparannya terhadap bayi Anda sangat rendah.

Penelitian pada manusia juga tidak menemukan adanya peningkatan risiko cacat lahir. Dan apabila obat nyamuk yang berbahan DEET digunakan dengan tidak berlebihan dan sesuai dengan petunjuk penggunaan, juga tidak akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Untuk meminimalkan paparan bahan kimia obat nyamuk semprot, perhatikan petunjuk penggunaan pada label dan pilih produk yang memiliki konsentrasi kandungan DEET paling rendah.

Beberapa produk obat nyamuk lainnya ada yang mengandung minyak sereh. Minyak sereh dianggap sebagai alternatif yang lebih aman dibanding DEET dan mungkin juga lebih efektif dalam mengusir serangga.


Petunjuk penggunaan obat nyamuk semprot

Anda bisa mengurangi risiko paparan obat nyamuk semprot dengan terlebih dahulu membaca dan menaati petunjuk penggunaan pada label masing-masing produk.

Ikuti juga petunjuk pecegahan berikut ini:
  • Jangan sampai obat nyamuk semprot mengenai luka atau kulit yang teriritasi.
  • Jangan sampai terkena mata atau selaput lendir lainnya.
  • Gunakan secukupnya.
  • Cuci tangan setelah menyemprotkan obat penyemprot nyamuk.
  • Jangan menyemprot pada wajah.
  • Hindari menghirup obat penyemprot nyamuk.
Kalau Anda atau pasangan Anda senang membaca buku bagus seputar strategi cara cepat hamil dan tips memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak ulasan kami mengenai buku laris Panduan Cara Cepat Hamil.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.