Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Agar Istri Cepat Hamil, Suami Harus Melakukan Ini!

Tips penting yang harus dilakukan suami untuk membantu agar istri cepat hamil -

Para suami mungkin tidak terlihat sibuk mempelajari buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil, minum vitamin dan mineral, dan menghindari makanan tertentu.

Tapi, menurut dr. Rosdiana Ramli, harusnya para suami pun turut membantu istri mereka agar bisa cepat hamil dengan sedikit melakukan perubahan perilaku.

Ketika satu pasangan sedang dalam program hamil, biasanya sebagian besar perhatian difokuskan pada sang istri. Namun sebenarnya peran suami sama pentingnya dengan sang istri.

Jika suami Anda berniat untuk menjadi seorang ayah, berikut ini daftar daftar apa yang dapat suami lakukan untuk memastikan istri mendapatkan kehamilan yang sehat.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Apa yang harus dilakukan suami agar istri cepat hamil

Periksa ke dokter

Buatlah janji untuk berkonsultasi dengan dokter Anda, terutama jika Anda memiliki penyakit kronis, mengkonsumsi obat tertentu, atau bermasalah dengan ereksi, ejakulasi, atau kehilangan libido.

Lakukan pemeriksaan fisik lengkap sehingga dokter dapat mendiagnosis kondisi yang dapat mempengaruhi kesuburan. Beberapa kondisi yang harus diperhatikan antara lain:
  • Varikokel, yaitu pembesaran pembuluh darah pada skrotum (kulit yang menutupi testis). Varicocele menghalangi mekanisme pendinginan testis, dan ini mungkin menyebabkan produksi sperma menjadi lebih sedikit, cacat, atau kurang bergerak. Meskipun varikokel biasanya tidak berbahaya, dan tidak ada yang tahu persis bagaimana hubungannya dengan infertilitas, 40 persen pria yang bermasalah dengan kesuburan juga bermasalah dengan varikokel. Kondisi ini dapat diobati.
  • Infeksi menular seksual (IMS), yang dapat menyebabkan infertilitas pria. Dokter dapat menguji Anda dan memberikan pengobatan yang tepat jika diperlukan.
  • Prostatitis (radang prostat) atau gondok (yang dapat mengakibatkan testis bengkak), juga dapat menyebabkan infertilitas. Dokter Anda dapat merujuk Anda ke ahli urologi atau spesialis kesuburan pria jika Anda membutuhkan pengujian atau perawatan tambahan.
Beritahu dokter Anda tentang segala sesuatu yang Anda konsumsi, apakah itu obat resep atau yang dijual bebas.

Obat-obat tertentu bisa mempengaruihi kualitas dan kuantitas sperma serta menyebabkan masalah kesuburan pria. Obat tersebut antara lain:
  • Steroid atau hormon, terutama testosteron.
  • Beberapa obat tekanan darah tinggi.
  • Beberapa jenis antibiotik.
  • Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati penyakit seperti infeksi jamur, ulcerative colitis, penyakit Crohn, tukak lambung, dan kejang.
Dalam kebanyakan kasus, efeknya akan membalik setelah Anda berhenti mengkonsumsi obat-obatan tersebut. Bicarakan dengan dokter Anda tentang rencana Anda untuk menjadi seorang ayah, dan cari tahulah apakah Anda bisa dengan aman beralih ke obat lain.
Steroid anabolik, yang sering digunakan para binaragawan, telah dipelajari dan terbukti bisa mengurangi jumlah sperma serta mengecilkan testis.
Meskipun herbal dan suplemen itu mungkin tampaknya tidak berbahaya, dokter Anda akan memutuskan apakah obat-obatan tersebut dapat mengganggu kemampuan Anda untuk menjadi seorang ayah.

Tanyakan juga kepada dokter Anda tentang bahaya yang mungkin timbul dari lingkungan pekerjaan atau di tempat lain. Paparan pestisida, logam berat, dan pelarut organik, misalnya, dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma.


Periksa riwayat kesehatan dalam keluarga

Yang paling penting untuk diketahui adalah apakah ada anggota keluarga Anda yang memiliki kelainan genetik atau kromosom, seperti sindrom Down, anemia sel sabit, cystic fibrosis,  atau gangguan perdarahan.

Penting juga untuk dicatat bahwa ada beberapa kondisi yang berkaitan dengan latar belakang etnis.

Anda juga harus memeriksa dan mengetahui apakah ada anggota keluarga yang menderita cacat intelektual atau keterlambatan perkembangan lainnya, atau apakah ada yang lahir dengan cacat anatomi, seperti cacat pada jantung atau tabung saraf.

Anda dan pasangan Anda mungkin perlu menjalani konseling genetik. Jenis konseling ini dapat membantu Anda mencari tahu apa resiko yang Anda hadapi dan pertimbangkan untuk melakukan tes skrining sebelum memulai program kehamilan.


Penuhi kulkas Anda dengan stok makanan sehat

Tidak cukup hanya istri saja yang mengkonsumsi makanan sehat, tapi suami juga penting untuk memiliki gaya hidup yang sama sehatnya.

Dengan demikian kesehatan Anda berdua pun terjaga dan sperma pun akan lebih sehat.

Beberapa studi menunjukkan bahwa antioksidan tertentu, seperti vitamin C dan vitamin E, dapat meningkatkan kuantitas dan motilitas sperma. Tapi sebelum Anda mengkonsumsi suplemen apapun, konsultasikan dengan dokter Anda.

Terlalu banyak vitamin C dan E dapat merusak DNA sperma Anda.
dr. Rosdiana Ramli mengatakan bahwa menu yang sehat dan kaya akan buah-buahan dan sayuran, bersama dengan multivitamin, dapat meningkatkan kualitas sperma.
Protein, biji-bijian, dan susu rendah lemak juga dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan sperma.

Makan makanan yang sehat dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang ideal.
Kelebihan berat badan dapat menurunkan kadar testosteron, memperburuk kualitas sperma, dan mengurangi kesuburan.
Satu studi menemukan bahwa resiko kemandulan meningkat sebesar 10 persen untuk setiap 20 pon kelebihan berat badan.


Hentikan pesta

Seorang wanita umumnya menjaga diri dari aktivitas pesta berlebihan ketika sedang dalam program hamil. Hal yang sama juga berlaku untuk pria.
Sperma juga akan mengalami dampak yang sama seperti sel telur apabila terpapar tembakau, alkohol, dan obat-obatan berbahaya.
Penelitian menunjukkan bahwa rokok, alkohol dan obat-obatan akan menurunkan jumlah sperma dan memperlambat motilitasnya. Ini berarti Anda harus benar-benar menjauhi obat-obatan berbahaya, alkohol, dan berhenti merokok.

Plus, meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut saat ini, akan membantu keluarga Anda nantinya.

Asap rokok tidak hanya berbahaya bagi pasangan Anda, namun juga berbahaya bagi anak Anda, baik ketika masih di dalam rahim maupun setelah lahir. Bahkan dengan mengunyah tembakau pun dapat memperburuk kualitas sperma.


Periksa lingkungan tempat kerja dan rumah Anda

Bahaya lain yang tersembunyi mungkin ada di lingkungan tempat kerja Anda. Paparan pestisida dan bahan kimia lain seperti pelarut organik, dapat mempersulit peluang untuk hamil. Bahan kimai tersebut juga dapat mengubah komposisi sperma sehingga menyebabkan cacat lahir dan kelahiran prematur.
Karena dibutuhkan tiga bulan bagi sperma untuk berkembang dan sepenuhnya matang, batasi paparan bahan kimia ini setidaknya tiga bulan sebelum Anda dan pasangan Anda memulai program hamil.
Hobi tertentu juga dapat membuat Anda terpapar bahan kimia berbahaya. Membuat furniture, memperbaiki mobil, melukis, membuat maket bangunan, atau aktivitas lain yang menggunakan minyak pelumas, atau lem berbasis non-air dan cat dapat membuat Anda terpapar zat berbahaya.

Demikian pul dengan hobi membuat tembikar dan menembak dapat membuat Anda terekspose logam berat.


Gunakan celana dalam model boxer

Keunggulan celana dalam boxer dibanding CD model biasa masih menjadi bahan perdebatan. Beberapa orang mengatakan suhu testis bisa terlalu panas apabila menggunakan CD biasa, sehingga menghambat produksi sperma. Yang lainnya mengatakan bahwa itu bukan masalah.

Dr. Rosdiana Ramli mengatakan bahwa CD jenis boxer memberikan keunggulan dibanding CD jenis biasa karena sifatnya yang tidak ketat dan tidak menyebabkan panas.


Jauhi bak mandi air panas

Suami harus menghindari menggunakan bak air panas, sauna, atau bahkan sekedar mandi air hangat tiga bulan sebelum memulai program hamil. Panas dapat membunuh sperma.

Dan karena butuh waktu lama bagi sperma untuk regenerasi, apabil Anda berendam di bak mandi air panas pada bulan Januari, berarti baru pada bulan April tubuh Anda memproduksi sperma yang normal lagi.
Testis berfungsi terbaik apabila berada dalam suasana dingin.


Jangan bersepeda terlalu lama

Pengendara sepeda santai tidak perlu menjadi stress karena adanya hasil penelitian yang menyatakan bahwa duduk berjam-jam di sadel sepeda yang keras dapat menurunkan volume air mani dan mengurangi jumlah serta motilitas sperma.

Namun, atlet hardcore yang menghabiskan lebih dari dua jam sehari, enam hari seminggu di atas sadel sepeda mereka memang harus berhati-hati. Hal ini berlaku juga bagi atlet berkuda.

Terlebih lagi, mengenakan celana pendek khusus atlet bersepeda selama berjam-jam, dapat membunuh sperma sama efektifnya dengan berendam dalam bak mandi air panas. Daerah skrotum menjadi panas dan dapat menurunkan jumlah sperma.

Testis pria menggantung (tidak menempel) di luar tubuh pria karena suatu alasan, yaitu karena testis butuh suhu yang lebih dingin daripada suhu tubuh agar dapat berfungsi maksimal.

Jika Anda suka bersepeda, batasi waktu Anda, kenakan celana pendek longgar, dan pilihlah sadel yang paling lembut.


Bersantai

Hindari stress, terutama jika istri Anda belum hamil juga setelah beberapa bulan. Luangkan waktu untuk beristirahat dan bersantai, pergi untuk berenang, piknik atau berjalan-jalan.

Kondisi pikiran Anda sama pentingnya dengan kondisi fisik Anda.

Kalau Anda atau pasangan Anda senang membaca buku bagus seputar tips cara memaksimalkan kesuburan pria dan wanita pada berbagai tingkatan usia, simak ulasan kami mengenai buku laris Panduan Cara Cepat Hamil.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.