Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

5 Tips Cara Makan Yang Benar Agar Cepat Hamil

Bagaimana cara makan yang benar agar bisa cepat hamil? Berikut ini panduannya -

Cara makan Anda dan kesuburan Anda sangat terkait erat.

Disiplin perlu dilakukan untuk meningkatkan peluang Anda memperoleh kehamilan yang sehat dan melahirkan bayi yang sehat pula.

Makanlah beberapa porsi buah, sayuran, biji-bijian, dan makanan yang kaya akan kalsium seperti yoghurt, keju, dan susu setiap hari. Tidak mendapatkan cukup asupan nutrisi bisa mempengaruhi siklus menstruasi Anda, sehingga sulit untuk memprediksi kapan Anda berovulasi.

Dan Anda bisa saja tidak berovulasi sama sekali jika Anda kekurangan atau kelebihan berat badan secara signifikan.

Pasangan pria juga harus memperhatikan cara makannya dan asupan vitamin dan nutrisi tertentu, seperti seng, vitamin C, vitamin E, dan asam folat. Semua nutrisi tersebut penting untuk memproduksi sperma yang sehat.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Tips Cara Makan Yang Benar Agar Cepat Hamil

Tips cara makan yang benar agar cepat hamil

Berikut ini adalah 5 panduan makan yang benar agar Anda bisa cepat hamil:


1. Perbaiki pola makan Anda

Semakin cepat Anda mulai makan dengan baik dan benar, semakin besar peluang Anda untuk bisa cepat hamil. Bagi pria dan wanita, makanan berkaitan erat dengan kesuburan.

Anda perlu untuk tetap melakukan diet seimbang guna meningkatkan peluang Anda untuk bisa cepat hamil dan memiliki bayi yang sehat.

Makanlah beberapa porsi buah, sayuran, biji-bijian seperti roti gandum, dan makanan kaya kalsium lainnya seperti yoghurt, keju, dan susu setiap hari. Vitamin dan nutrisi tertentu (seperti vitamin C dan E, zinc, dan asam folat) juga penting untuk memproduksi sperma yang sehat.

Kekurangan asupan nutrisi akan mempengaruhi siklus menstruasi Anda, sehingga sulit untuk memprediksi kapan Anda berovulasi. Dan Anda bisa jadi tidak berovulasi sama sekali jika Anda kekurangan berat badan atau mengalami obesitas dengan drastis.


2. Apa saja yang harus dihindari

Anda mungkin harus melakukan beberapa penyesuaian terhadap menu makanan Anda dalam upaya agar bisa cepat hamil.
Hentikan minum alkohol, berhenti mengkonsumsi narkoba dan, jika Anda merokok, berhenti sekarang juga.
Semua zat dan kebiasaan itu dapat membahayakan kesuburan Anda serta janin yang sedang berkembang.

Anda juga mungkin perlu mengurangi asupan kafein. Para ahli umumnya sepakat bahwa konsumsi kafein dalam tingkat rendah sampai sedang, yaitu sekitar kurang dari 300 mg per-hari, tidak akan mempengaruhi kesuburan Anda.
Tetapi dokter Anda mungkin menyarankan Anda berhenti mengkonsumsi kafein sama sekali untuk lebih memperbesar peluang terjadinya kehamilan.
Meskipun ikan umumnya merupakan makanan yang sehat, namun ada ikan jenis tertentu yang tinggi kandungan merkurinya sehingga dapat membahayakan kesuburan dan bayi yang sedang Anda kandung.

Karena merkuri dapat terakumulasi dan mengendap dalam tubuh Anda selama lebih dari satu tahun, sebaiknya hindari ikan yang tinggi kandungan merkurinya seperti hiu, ikan todak dan king mackerel.

Sebaliknya, makanlah ikan seperti salmon dan tuna kalengan  sekali atau dua kali seminggu.

Daging olahan harus dikonsumsi dalam jumlah kecil saja, serta hindari sepenuhnya merokok serta memakan daging mentah selama dalam program hamil dan selama hamil.


3. Mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral

Meskipun Anda bisa memenuhi hampir semua kebutuhan gizi Anda melalui diet yang seimbang, banyak ahli percaya bahwa tambahan suplemen vitamin dan mineral tetap diperlukan sebagai upaya agar bisa cepat hamil.

Anda mungkin merasa kesulitan untuk bisa makan dengan baik ketika Anda sedang bekerja atau mengasuh anak-anak atau karena kesibukan lainnya, sehingga Anda perlu mengasup kebutuhan vitamin dan mineral melalui suplemen untuk meningkatkan peluang Anda agar bisa cepat hamil.

Ingat bahwa suplemen adalah perlindungan tambahan, bukan pengganti bagi menu utama yang sehat.

Dan karena biasanya produk multivitamin yang dijual bebas mengandung vitamin dan mineral dosis tinggi yang bisa berbahaya bagi bayi, sebaiknya Anda mengkonsumsi pil yang memang diformulasikan khusus untuk wanita hamil.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang suplemen prenatal yang tepat untuk Anda.


4. Mengkonsumsi banyak asam folat - setidaknya 400 mikrogram per-hari.

Vitamin asam folat telah terbukti mengurangi risiko bayi cacat lahir tabung saraf seperti spina bifida, dan asam folat juga menurunkan resiko serangan jantung, stroke, kanker dan diabetes.

Kebanyakan wanita usia subur harus mengkonsumsi sekitar 400 mikrogram (mcg) asam folat setiap hari, setara dengan 0,4 miligram (mg).

Jika Anda memiliki riwayat keluarga yang mengalami cacat lahir seperti neural-tube atau pengguna obat-obatan untuk kejang, kami menyarankan Anda meningkatkan asupan harian asam folat menjadi 4.000 mcg, atau 4 mg, yang dimulai setidaknya sebulan sebelum Anda mencoba hamil dan berlanjut selama trimester pertama Anda.

Dan jika Anda mengandung bayi kembar, sebaiknya Anda meningkatkan asupan asam folat setidaknya menjadi 400 mcg per-bayi.

Produk vitamin prenatal yang baik haruslah mengandung asam folat lebih dari jumlah yang direkomendasikan, yaitu antara 600 dan 800 mcg. Selain itu, Anda bisa makan makanan yang kaya akan folat, contohnya sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam atau kangkung, buah jeruk, kacang-kacangan, biji-bijian serta roti dan sereal.

Asam folat adalah vitamin yang larut dalam air, sehingga tubuh Anda akan membuang kelebihannya jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak. Tapi sifat larut ini ada kerugiannya juga. Anda bisa saja kehilangan banyak kandungan vitamin ini apabila dimasak, sehingga sebaiknya sayuran diuap atau dimasak dengan api kecil.

Untuk beberapa wanita, terdapat pengecualian: Mengkonsumsi terlalu banyak folat dapat menyembunyikan gejala kekurangan vitamin  B-12. Berkonsultasilah dengan dokter Anda.


5. Dapatkan berat badan ideal Anda

Kurangi beberapa kilogram jika Anda kelebihan berat badan, atau tambahkan beberapa kilogram jika  Anda kekurangan berat badan, karena Anda ingin berada sedekat mungkin dengan berat badan ideal Anda ketika Anda sedang berusaha untuk hamil.
Kelebihan atau kekurangan berat badan dapat memperkecil peluang Anda untuk hamil.
Juga, wanita yang mengalami obesitas walaupun berhasil hamil, lebih beresiko untuk menderita komplikasi dan masalah-masalah lainnya. Sedangkan wanita kurus lebih beresiko untuk melahirkan bayi dengan berat lahir rendah.

Sambil Anda mengikuti pola makan yang sehat dengan rendah lemak dan tinggi serat, juga perlu untuk memulai atau meningkatkan olahraga rutin. Jika Anda kelebihan berat badan, olahraga yang Anda lakukan juga bertujuan untuk menurunkan beberapa kilogram.

Kalau Anda dan pasangan Anda membutuhkan panduan lengkap strategi cepat hamil dan cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.