Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Tips Cara Cepat Hamil Setelah Kuret

Bagaimana merawat dan mempersiapkan diri untuk bisa cepat hamil pasca kuret? -

Menggugurkan kandungan dengan terpaksa melalui kuret adalah salah satu pengalaman paling tragis dalam kehidupan seorang wanita.

Tips Cara Cepat Hamil Setelah Kuret


Sayangnya, hal ini cukup sering terjadi karena berbagai alasan.
Penyebab paling umum dari kuret adalah karena bayi gugur dalam kandungan. Sekitar 10 hingga 15 persen wanita hamil mengalami keguguran. Sebagian besar kuret dilakukan pada sekitar minggu ke-13 kehamilan.
Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Mencegah perdarahan dan/atau infeksi setelah keguguran adalah prioritas utama. Semakin muda usia kehamilan Anda pada saat mengalami keguguran, semakin baik fungsi tubuh Anda dalam mengeluarkan jaringan dan janin yang gugur dengan sendirinya tanpa perlu prosedur medis tambahan.

Namun, jika tubuh tidak bisa membuang semua jaringan mati, saatnya intervensi medis diperlukan. Prosedur ini dikenal dengan istilah kuret.

Bagaimana cara merawat diri setelah kuret?

Sekitar 50% dari jumlah keseluruhan wanita yang mengalami keguguran tidak memerlukan kuret.

Namun, apabila keguguran terjadi setelah 10 minggu usia kehamilan, akan sangat mungkin harus dilakukan prosedur kuret untuk mengeluarkan semua jaringan janin yang gugur.

Kuret adalah prosedur medis dua tahap yang biasanya dilakukan setelah keguguran yang terjadi diatas trimester pertama usia kehamilan. Prosedur kuret terdiri dari mengembangkan serviks dan membersihkan rahim dari jaringan mati yang sudah tidak berguna dengan cara mengeruk dinding rahim atau dengan disedot menggunakan alat kuret tertentu.

Anda dapat memutuskan apakah mau menunggu agar rahim bersih secara alami, atau melalui prosedur kuret. Jika Anda memilih untuk dikuret, Anda harus berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda agar ia dapat merujuk ke rumah sakit tertentu yang bisa melakukannya.

Sebagian besar prosedur kuret membutuhkan anestesi (bius) baik keseluruhan maupun lokal. Anda sudah bisa keluar dari rumah sakit beberapa jam setelah kuret selesai, kecuali ada komplikasi yang terjadi atau masalah kesehatan lainnya.

Merawat diri di rumah setelah kuret

  • Sebagian besar wanita bisa langsung kembali melakukan kegiatan sehari-hari dalam beberapa hari. Beberapa wanita lainnya bahkan merasa cukup nyaman untuk melanjutkan rutinitas mereka keesokan harinya setelah kuret.
  • Anda mungkin akan merasa kram yang cukup parah pada awalnya, tapi itu hilang dalam waktu 24 jam. Kram dan pendarahan ringan normal terjadi; selama beberapa hari hingga dua minggu setelah prosedur kuret. Umumnya Anda akan diresepkan ibuprofen untuk mengatasi kram.
  • Hindari memasukkan sesuatu ke dalam vagina Anda. Hindari berhubungan intim selama minimal 2 minggu, atau sampai pendarahan berhentu. Jangan gunakan pembalut sampai periode menstruasi berikutnya (antara 2 hingga 6 minggu setelah kuret).
  • Cobalah mendeteksi kapan ovulasi berikutnya, namun bijaksananya Anda menunda duhulu kehamilan dengan menggunakan kontrasepsi. Kunjungi dokter kandungan Anda secara teratur setelah selesai melakukan prosedur kuret.

Kapan waktu yang tepat untuk memulai program hamil lagi setelah kuret?

Jika Anda ingin cepat hamil setelah keguguran, konsultasikan dengan dokter Anda. Cari tahu kapan waktu yang tepat bagi Anda untuk mencoba hamil lagi.
Kami menyarankan Anda untuk menunggu hingga berlalu tiga siklus menstruasi setelah kuret sebelum melanjutkan upaya untuk hamil.
Jeda waktu ini diperlukan untuk menyembuhkan rahim Anda setelah intervensi medis dan juga bagi Anda untuk pulih dari stress dan trauma emosional dari kehilangan bayi yang mungkin Anda tunggu-tunggu kelahirannya.
Hindari upaya untuk hamil sebelum Anda melewati setidaknya satu siklus menstruasi setelah menjalani prosedur kuret. Siklus pertama setelah kuret biasanya datang terlambat.
Pada saat periode menstruasi (yang terlambat) dimulai, kebanyakan wanita cenderung berpikir bahwa mereka mengalami keguguran lagi, namun perlu diketahui ini sebenarnya adalah pertanda bahwa seluruh proses keguguran pertama Anda sudah berakhir.


Tips cara cepat hamil setelah kuret

Perlu diketahui bahwa setelah keguguran, kehidupan seksual Anda mungkin tidak sama seperti sebelumnya. Frustrasi dan perubahan hormonal dapat menyebabkan penurunan gairah. Sesuatu yang dulunya menyenangkan, sekarang tidak lagi.

Di sisi lain, keinginan untuk hamil lagi mungkin dapat meningkatkan hasrat seksual Anda. Kehamilan yang sehat membutuhkan tubuh yang sehat. Jika Anda menjalani gaya hidup sehat, makan makanan sehat dan menghentikan kebiasaan berbahaya, ada tetap berpeluang untuk memiliki kehamilan dan bayi yang sehat.

1. Makan makanan sehat

Sebelum dan pada saat hamil, Anda harus menjalani pola makan yang sehat, kaya protein, vitamin dan mineral. Cobalah untuk mengurangi stress dan kurangi asupan kopi dan minuman lain yang dapat meningkatkan denyut jantung serta merangsang sistem saraf.

2. Konsumsi asam folat

Jika Anda berencana untuk hamil atau jika tiba saatnya Anda hamil, Anda harus mulai mengkonsumsi suplemen asam folat. Asam folat sangat penting bagi perkembangan otak bayi.

3. Jaga berat badan tetap sehat dan ideal

Berat badan adalah faktor yang menentukan untuk bisa mendapatkan kehamilan yang normal dan lancar. Terlalu kurus atau terlalu gemuk dapat menyebabkan komplikasi selama kehamilan dan menyulitkan persalinan nantinya.

4. Jalani gaya hidup sehat

Jika Anda ingin cepat hamil, Anda harus menjalani gaya hidup sehat, yang berarti Anda (dan suami Anda) harus berhenti merokok, minum alkohol dan mengkonsumsi obat-obatan terlarang sama sekali. Semua perilaku tersebut terkait dengan peningkatan resiko keguguran.

5. Berhubungan intim secara teratur

Berhubungan intim secara teratur, setidaknya tiga kali seminggu, meningkatkan secara signifikan peluang Anda untuk cepat hamil. Dengan cara ini Anda tidak perlu khawatir mengenai perhitungan waktu karena kemungkinan besar Anda toh akan melakukan hubungan intim pada satu atau dua hari paling subur Anda.

6. Cari bantuan

Dalam kasus kuret karena keguguran, Anda harus berhati-hati dalam mempersiapkan kehamilan berikutnya.

Jika Anda hamil lagi setelah beberapa kali mengalami keguguran, konsultasikan dengan bidan atau dokter Anda untuk menyusun rencana program hamil serta memantau dan membantu Anda melewati masa kehamilan.

Kalau Anda atau pasangan Anda senang membaca buku bagus seputar tips cara memaksimalkan kesuburan pria dan wanita pada berbagai tingkatan usia, simak ulasan kami mengenai buku laris Panduan Cara Cepat Hamil.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.