Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Panduan Bagi Yang Ingin Cepat Hamil

Panduan singkat bagi pasangan yang ingin cepat hamil -

Jika Anda berharap untuk secepatnya hamil, jangan hanya mengandalkan keberuntungan.

Pahamilah proses kehamilan itu sendiri, dimulai dengan memprediksi ovulasi dan apa yang sebaiknya Anda lakukan atau hindari untuk memaksimalkan tingkat kesuburan Anda dan pasangan.

Beberapa pasangan kelihatannya sangat mudah untuk hamil. Bagi pasangan yang lain, mungkin dibutuhkan lebih banyak kesabaran dan keberuntungan.

Jika Anda ingin cepat hamil dan sedang mencari saran dan tips, baca terus artikel ini hingga selesai.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Panduan Bagi Yang Ingin Cepat Hamil

Cara untuk memprediksi masa ovulasi wanita

Pembuahan terjadi melalui serangkaian kondisi dan kejadian.

Setiap bulannya, hormon yang dilepaskan oleh kelenjar pituitari merangsang ovarium Anda untuk melepaskan sel telur (ovulasi).

Setelah telur dilepaskan, telur tersebut akan melakukan perjalanan ke tuba fallopi.
Jika Anda ingin hamil, berhubungan intim harus dilakukan pada hari-hari menjelang ovulasi.
Tapi bagaimana caranya Anda bisa tahu kapan Anda berovulasi?

Bagi banyak wanita, memprediksi masa ovulasi tidak mudah - terutama karena berbagai faktor yang bisa saja mempengaruhi jadwal ovulasi, termasuk diantaranya stress dan olahraga yang berlebihan.

Lakukan hal berikut untuk mendeteksi kapan Anda berovulasi:
  • Cermati kalender. Selama beberapa bulan ke depan, gunakan kalender untuk menandai hari pertama periode menstruasi Anda. Ovulasi seringkali terjadi sekitar hari ke 14 sejak itu, meskipun waktu pastinya bisa jadi berbeda setiap bulannya. Temukan pola tubuh Anda sendiri.
  • Perhatikan perubahan lendir serviks. Tepat sebelum ovulasi, Anda mungkin melihat perubahan yang nyata, yaitu lendir vagina menjadi lebih licin. Lendir ini biasanya menyerupai putih telur mentah. Setelah ovulasi, ketika peluang hamil kembali menipis, lendir akan berubah kembali sedikit keruh, tebal lalu hilang sepenuhnya.
  • Mengukur suhu basal tubuh Anda. Ovulasi bisa menyebabkan adanya sedikit peningkatan pada suhu basal tubuh. Untuk memonitor suhu basal tubuh Anda, gunakan termometer khusus yang dirancang untuk mengukur suhu basal tubuh. Ukurlah suhu tubuh Anda setiap pagi sebelum Anda bangkit dari tempat tidur lalu buatlah grafik harian. Pada akhirnya, akan muncul pola yang jelas. Nah, masa tersubur Anda adalah selama dua sampai tiga hari sebelum suhu tubuh naik mencapai puncaknya.
  • Gunakan alat prediksi ovulasi. Alat prediksi ovulasi akan menguji urine Anda untuk melihat lonjakan hormon yang terjadi sebelum ovulasi. Alat ini dapat mengidentifikasi waktu ovulasi yang paling memungkinkan atau bahkan memberikan sinyal sebelum ovulasi benar-benar terjadi. Ikuti petunjuk pada label.

Apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kesuburan dan peluang kehamilan?

Kalau Anda ingin cepat hamil, lakukanlah hal sederhana berikut ini:
  1. Berhubungan intim secara teratur. Jika Anda secara konsisten berhubungan intim dua atau tiga kali seminggu, Anda hampir pasti akan melakukannya pada masa subur Anda. Untuk pasangan sehat yang ingin cepat hamil, tidak ada istilah overdosis dalam berhubungan intim. Mungkin Anda hanya butuh lebih banyak berhubungan intim.
  2. Berhubungan seks sekali sehari menjelang waktu ovulasi. Hubungan intim yang dilakukan setiap hari selama hari-hari menjelang ovulasi dapat meningkatkan peluang pembuahan. Meskipun volume sperma pasangan pria cenderung untuk sedikit berkurang setiap kali Anda melakukan hubungan intim, biasanya itu bukan masalah jika pasangan pria berada dalam kondisi sehat.
  3. Jalani gaya hidup sehat. Jagalah berat badan yang sehat dan ideal, termasuk melakukan aktivitas fisik sedang (olahraga), makan makanan sehat, membatasi kafein dan mengelola stress.
  4. Lakukan perencanaan program hamil. Dokter dapat menilai kesehatan Anda secara keseluruhan dan membantu Anda untuk mengidentifikasi perubahan gaya hidup yang diperlukan untuk dapat meningkatkan peluang keberhasilan program hamil Anda.
  5. Konsumsi vitamin. Asam folat berperan penting dalam perkembangan bayi. Mengkonsumsi vitamin prenatal harian atau suplemen asam folat yang dimulai beberapa bulan sebelum pembuahan, dapat secara signifikan mengurangi risiko spina bifida dan cacat tabung saraf lainnya.

Apa yang harus dihindari bagi wanita yang ingin cepat hamil?

Wanita yang ingin cepat hamil, sebaiknya menghindari hal-hal berikut ini:
  1. Merokok. Merokok dapat merusak ovarium Anda dan menghabiskan sel telur sebelum waktunya. Jika Anda merokok, mintalah dokter Anda untuk membantu Anda berhenti merokok sebelum memulai program hamil.
  2. Minum alkohol. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi alkohol bisa menurunkan kesuburan dan dapat membahayakan perkembangan bayi. Hindari asupan alkohol jika Anda ingin cepat hamil.
  3. Minum obat-obatan tanpa persetujuan dokter Anda. Obat-obat tertentu (bahkan yang dijual bebas tanpa resep) bisa membahayakan peluang Anda untuk bisa hamil. Sementara obat lainnya bisa membahayakan janin meskipun Anda berhasil hamil.
  4. Menggunakan pelumas saat berhubungan intim. Berbagai jenis pelumas vagina dapat menurunkan kesuburan. Bahkan air liur memiliki efek yang serupa. Jika Anda membutuhkan pelumas, pertimbangkan minyak mineral atau minyak canola, atau mintalah saran dari dokter Anda.
  5. Olahraga terlalu berat. Meskipun aktivitas fisik ringan hingga menengah dapat membantu meningkatkan kesuburan, olahraga berlebihan memiliki efek sebaliknya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aktivitas aerobik berat sebanyak lima jam atau lebih dalam seminggu benar-benar dapat mengganggu kesuburan seorang wanita yang tidak kelebihan berat badan.

Kapan saat yang tepat berkonsultasi dengan dokter?

Jika Anda dan pasangan berhubungan intim tanpa pengaman secara teratur, pasangan yang sehat akan hamil dalam waktu satu tahun. Pasangan lainnya mungkin butuh lebih banyak waktu.

Jika Anda berada di usia awal 30 tahunan atau lebih muda dan Anda (dan pasangan Anda) berada dalam kondisi kesehatan yang baik, lakukan hubungan intim tanpa alat kontrasepsi selama satu tahun sebelum berkonsultasi dengan dokter.

Temui dokter secepatnya jika Anda berusia 35 atau lebih tua, atau apabila Anda (atau pasangan Anda) khawatir adanya masalah kesuburan.

Infertilitas (kemandulan) dapat terjadi baik pada pria maupun wanita.

Tergantung dari sumber masalahnya, dokter mungkin dapat mencarikan jalan keluar untuk membantu Anda.

Kalau Anda dan pasangan Anda membutuhkan panduan lengkap strategi cepat hamil dan cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.