Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Mengapa Sulit Hamil Anak Kedua?

Beberapa penyebab mengapa wanita sulit hamil untuk kedua kalinya dan bagaimana cara mengatasinya - 

Relatif umum bagi wanita manapun untuk agak sedikit sulit hamil anak kedua atau ketiga, walaupun mereka tidak pernah punya masalah dengan kesuburan sebelumnya.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Mengapa Sulit Hamil Anak Kedua?

Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin menyebabkan ketidaksuburan tersebut dan bagaimana cara mengatasinya:

1. Ovulasi yang tidak teratur

Ovulasi yang tidak teratur adalah penyebab kemandulan nomor satu.

Dalam kebanyakan kasus, ovulasi yang tidak teratur menyebabkan wanita sulit untuk hamil, tapi tidak mustahil.

Wanita dengan tingkat kesuburan yang rendah (atau suami dengan jumlah sperma yang relatif sedikit) hanya memiliki peluang untuk hamil sebesar 1 banding 20.
Anda mungkin beruntung ketika berhasil hamil pertama kalinya, namun sulit untuk kembali hamil kedua kalinya.
Perubahan pola makan dan perubahan gaya hidup bisa sangat membantu masalah kesuburan yang disebabkan oleh menstruasi yang tidak teratur.


2. Faktor usia

Kesuburan mulai menurun drastis pada usia 35 keatas.
Jika Anda berusia diatas 35 tahun, Anda harus segera menemui dokter jika belum hamil setelah enam bulan menjalani program hamil.

Tingkat keberhasilan perawatan kesuburan memang cukup tinggi, namun tetap saja faktor usia memainkan peran penting dalam hal ketidaksuburan.


3. Masalah kesuburan lainnya

Meskipun kesuburan Anda tidak bermasalah pada saat hamil pertama kali, namun mungkin ada sesuatu yang terjadi sejak kelahiran anak pertama Anda sehingga membuat Anda sulit untuk hamil anak kedua.

Coba ingat-ingat pengalaman saat Anda melahirkan dulu: Apakah ada komplikasi yang mungkin telah mempengaruhi kesuburan Anda? Bagaimana gaya hidup yang Anda jalani sejak itu? Bagaimana tingkat stress Anda saat ini?

Stress dapat menurunkan peluang Anda untuk hamil. Demikian juga diet yang kurang sehat dapat menyebabkan masalah bagi kesuburan Anda.


4. Kualitas dan kuantitas sperma 

Kesuburan seorang wanita dapat menurun seiring waktu, demikian pula pria. Penurunan kualitas dan kuantitas sperma dapat terjadi karena menurunnya tingkat kesehatan atau obat-obatan.


5. Berat badan 

Berat badan memiliki dampak besar terhadap kesuburuan.

Kenaikan berat badan yang berlebihan dapat menyebabkan disfungsi ovulasi. Dengan naiknya berat badan, resistensi insulin juga meningkat sehingga menyebabkan ovarium memproduksi hormon testosteron (yang merupakan hormon laki-laki, sebuah fenomena yang dapat menghambat ovulasi normal).

Pada pria, berat badan yang berlebihan juga berpengaruh negatif terhadap produksi sperma karena meningkatkan kadar estrogen.


6. Merokok

Merokok, bagi pasangan pria dan wanita, secara signifikan dapat menurunkan kesuburan.

Dan, merokok dapat berdampak serius terhadap kemampuan tubuh wanita untuk membawa kehamilan dengan normal.


Cara meningkatkan kesuburan

Berikut beberapa langkah-langkah untuk secara alami meningkatkan kesuburan Anda agar bisa segera hamil anak kedua:

1. Rileks
Stress secara alami dapat menurunkan kesuburan karena mengubah keseimbangan hormonal dalam tubuh wanita.

Konsumsilah banyak vitamin B, ikutilah latihan rutin yoga atau relaksasi dan pergilah berlibur. Banyak wanita yang berhasil hamil hanya dengan berusaha untuk lebih santai.


2. Makanlah makanan yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh Anda dalam merespon insulin
Kurangi daging merah dan makan lebih banyak sayuran dan kacang-kacangan.


3. Konsumsi produk susu full-fat
Produk susu tinggi lemak meningkatkan kesuburan sedangkan sebaliknya, produk susu rendah lemak justru mengurangi peluang Anda untuk hamil.

Para ahli menduga hal tersebut berkaitan dengan perbedaan isi hormon yang terkandung dalam masing-masing jenis produk susu tersebut.

Produk susu tinggi lemak juga mengandung hormon kehamilan sapi, yang bisa meningkatkan peluang Anda untuk segera hamil.


4. Berhenti menyusui
Menyusui dapat menurunkan kesuburan. Jika Anda telah berusaha hamil selama enam bulan tanpa berhasil, sapihlah anak pertama Anda.


5. Berolahraga lebih banyak
Studi telah menemukan bahwa olahraga yang "agak berat" dapat meningkatkan kesuburan. Lakukan sesuatu yang bisa membuat Anda berkeringat lebih dari biasanya.


6. Obat-obatan
Ada beberapa jenis obat-obatan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan, termasuk obat oral seperti clomiphene citrate (Clomid) dan gonadotropin suntik. Keduanya digunakan untuk meningkatkan jumlah telur yang dihasilkan tubuh wanita.


Jangan menunda untuk menemui dokter

Begitu Anda menyadari bahwa kehamilan kedua Anda terasa lebih sulit, segera temui dokter. Jangan berasumsi dan mendiagnosis diri Anda sendiri. Tidak ada untungnya menunda.

Dan ingatlah untuk selalu tetap optimis. Jika Anda pernah hamil satu kali, Anda hampir pasti bisa hamil lagi untuk kedua kalinya.

Kalau Anda dan pasangan Anda membutuhkan panduan lengkap strategi cepat hamil dan cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.