Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Makanan Sehat Untuk Yang Ingin Cepat Hamil

Beberapa perubahan pola makan yang harus dilakukan beserta menu makanan sehat untuk yang ingin cepat hamil -

Jika Anda ingin cepat hamil, maka apa yang Anda makan sebelum hamil sama pentingnya dengan apa yang Anda makan pada saat hamil nantinya.

Dalam artikel ini Anda akan mempelajari beberapa perubahan pola makan yang harus Anda lakukan beserta menu makanan yang baik Anda konsumsi sebelum memulai program hamil.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Makanan Sehat Untuk Yang Ingin Cepat Hamil

Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman sehat yang bisa membantu Anda segera hamil:

1. Makan sayuran berdaun hijau

Sayur berdaun hijau, seperti bayam dan kangkung, adalah sumber asam folat yang sangat baik, yaitu vitamin penting yang membantu mencegah cacat tabung saraf, termasuk spina bifida, selama tahap awal perkembangan janin.

Tapi ini bukan berarti Anda harus makan salad setiap hari. Ada beberapa cara lain untuk mengasup sayuran hijau dalam menu Anda sehari-hari. Umumnya orang Indonesia sudah tahu dan terbiasa mengolah sayuran hijau menjadi makanan lezat sehari-hari.


2. Minum susu

Susu mengandung kalsium tinggi, yang mana sangat penting untuk perkembangan tulang janin.
Karena peningkatan kadar kalsium dalam tubuh Anda tidak terjadi seketika, Anda harus mulai mengkonsumsi kalsium sejak sekarang.
Jika Anda alergi laktosa atau kurang doyan minum susu, banyak makanan non-susu yang juga kaya akan kandungan kalsium. Ikan (dengan tulang), tahu, kacang-kacangan, kangkung, brokoli, dan lain-lain.


3. Hindari alkohol

Hindari alkohol sama sekali jika Anda merencanakan untuk hamil.
Mengapa? Sebab tahap paling penting dalam perkembangan bayi ada pada usia kehamilan paling awal.

Sistem saraf bayi Anda (yaitu jaringan kompleks yang bertugas mengirim dan menerima pesan antara otak dan berbagai organ tubuh) sudah mulai terbentuk bahkan sebelum Anda sadar bahwa Anda telat datang bulan.
Alkohol adalah penyebab nomor satu dari bayi dengan cacat lahir, baik mental dan fisiknya.


4. Makan strawberry

Strawberry lebih dari sekedar buah yang lezat. Buah ini kaya akan kandungan fitonutrien (senyawa yang membantu tubuh melawan penyakit). Strawberry juga mengandung banyak vitamin C, vitamin penting yang diperlukan dalam pembentukan kolagen, kunci untuk memperkuat membran tubuh Anda.
Satu penelitian menemukan bahwa wanita yang tidak cukup mengasup vitamin C, beresiko tinggi mengalami persalinan prematur.


5. Konsumsi yogurt

Yogurt mengandung probiotik, yaitu bakteri baik yang membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.
Bakteri ini sangat penting dalam masa kehamilan Anda karena tubuh Anda secara alami menekan sistem kekebalan tubuh untuk melindungi bayi.
Carilah label "mengandung bakteri hidup" atau "dengan probiotik" dan semacamnya pada kemasan untuk memastikan bahwa produk yogurt yang Anda beli mengandung probiotik.


6. Hindari produk susu dan keju yang non-pasteurisasi

Beberapa jenis keju dapat menyebabkan infeksi tertentu (yang disebut sebagai listeria) yang rentan terjadi pada ibu hamil.
Listeria bisa mengakibatkan keguguran, bayi lahir mati, atau masalah kesehatan serius lainnya.
Hot dog dan beberapa jenis daging juga dapat menyebabkan listeria, jadi jauhi makanan jenis ini.


7. Makan tiram (kerang-kerangan)

Tiram mengandung sejumlah besar seng, yaitu nutrisi yang sangat penting untuk kesuburan, baik pada pria maupun wanita.
Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan seng dapat menghambat kesuburan pria dan wanita dan menunda kematangan seksual.
Mengasup seng sekitar 11 mg per-hari untuk pria, dan 8 mg per-hari untuk wanita dapat membantu menjaga sistem reproduksi tetap sehat.


8. Jauhi ikan hiu, ikan todak dan ikan makarel

Dari semua jenis ikan, ikan-ikan ini mengandung merkuri dalam konsentrasi tinggi, yang dapat berbahaya bagi bayi Anda yang belum lahir.

Jika Anda ingin cepat hamil, hindari jenis ikan ini jauh-jauh. Sedangkan jenis ikan lainnya aman, bahkan sangat baik untuk dikonsumsi sebab mengandung asam lemak omega-3 yang penting bagi perkembangan jaringan otak.

Jangan ragu untuk makan dua porsi ikan rendah merkuri seperti salmon, tuna, dan ikan nila. Dan selalu pastikan untuk memasak ikan segar hingga matang menyeluruh untuk mengurangi resiko terpapar bakteri.


9.  Makan daging merah

Sekitar enam juta wanita usia reproduksi kekurangan zat besi, dan hal ini berbahaya pada awal kehamilan.
Anemia karena kekurangan zat besi selama dua trimester pertama kehamilan, menggandakan risiko kelahiran prematur dan meningkatkan resiko bayi lahir dengan berat badan rendah, hingga tiga kali lipat.
Kekurangan zat besi juga dapat meningkatkan resiko kehilangan darah saat melahirkan sehingga ibu akan membutuhkan transfusi darah setelah persalinan. Makanlah daging sapi yang diberi makan rumput segar.

Lebih baik lagi, Anda bisa menggabungkan daging dengan saus tomat (yang mengandung vitamin C), sehingga membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

Kalau Anda atau pasangan Anda senang membaca buku bagus seputar tips cara memaksimalkan kesuburan pria dan wanita pada berbagai tingkatan usia, simak ulasan kami mengenai buku laris Panduan Cara Cepat Hamil.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.