Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Apa Itu Morning Sickness (Mual dan Muntah Pada Saat Hamil)?

Pengertian, gejala dan penyebab terjadinya morning sickness (mual dan muntah pada saat hamil) - 

Apa yang dimaksud dengan morning sickness?

Bagi banyak calon ibu, bergegas ke kamar mandi karena sakit adalah salah satu tanda awal kehamilan. Selama awal kehamilan, sebanyak 9 dari 10 wanita akan merasa sakit di beberapa bagian tubuhnya.

Jadi jika pada minggu-minggu awal kehamilan Anda merasa tubuh Anda seperti mau meletus, Anda tidak sendirian.

Morning sickness adalah gejala kehamilan yang paling umum. Seberapa parah morning sickness ini berbeda-beda bagi masing-masing wanita.

Sekitar satu dari tiga wanita merasa sakit tetapi tidak benar-benar muntah. Anda mungkin merasakan mual ringan ketika Anda baru bangun di pagi hari, atau menjadi mual sepanjang hari karena mencium aroma tertentu.

Atau bisa jadi Anda bahkan harus mengalami mual dan muntah ini selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Istilah "morning sickness" sebanrnya kurang tepat, karena hanya 1 dari 25 wanita merasakannya di pagi hari, sehingga tidak secara akurat menggambarkan apa yang terjadi pada sebagian besar wanita hamil.

Mual dan muntah bisa menyerang setiap saat sepanjang hari, bukan hanya di pagi hari.

Jika Anda merasakannya sangat parah, mungkin itu dapat membuat Anda tidak bisa bekerja, merawat anak-anak yang lain atau sekedar melakukan kegiatan sehari-hari.

Morning sickness bisa menjadi tekanan besar bagi seorang wanita, dan itu terjadi tidak hanya mempengaruhi Anda sendiri. Hal ini dapat mempengaruhi hubungan Anda dengan pasangan Anda, keluarga dan teman-teman dan bahkan morning sickness yang sangat parah dapat menyebabkan depresi.

Jenis morning sickness yang terparah adalah hyperemesis gravidarum (HG). Jika Anda muntah berkali-kali dalam sehari, sakit pada saat makan atau minum dan jika Anda kehilangan banyak berat badan, Anda mungkin menderita HG.

Tidak seperti morning sickness normal, HG dapat mempengaruhi kesehatan Anda dan bayi Anda kecuali jika segera diatasi. Jadi, temuilah dokter sesegera mungkin.


Apa Itu Morning Sickness (Mual dan Muntah Pada Saat Hamil)

Apakah morning sickness mempengaruhi bayi Anda?

Morning sickness tidak akan mempengaruhi bayi Anda, asalkan Anda tetap dapat makan dan minum. Bahkan dalam kasus yang sangat parah, morning sickness tidak akan menyebabkan kerusakan apapun, asalkan segera ditangani.

Merasa sakit saat hamil adalah pertanda baik karena plasenta berkembang dengan normal dan bahwa hormon kehamilan Anda bekerja dengan baik untuk menjaga kehamilan.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang menderita morning sickness saat hamil, kurang beresiko untuk mengalami keguguran dibandingkan wanita yang tidak mengalami morning sickness.

Tapi itu bukan berarti bahwa jika Anda tidak merasa sakit, kehamilan Anda tidak sehat. Mungkin Anda hanya beruntung karena tidak menderita sakit.

Makanlah menu dengan nutrisi seimbang semampu Anda. Tetapi jika Anda merasa sangat sakit, makanlah apapun yang bisa Anda makan. Yang penting makan.

Walaupun Anda hanya bisa makan kerupuk, roti atau kentang selama satu bulan, jangan terlalu khawatir. Akan ada banyak waktu bagi Anda untuk makan menu sehat nantinya setelah Anda mengatasi penyakit Anda.

Sementara itu, sebelum Anda pulih dari morning sickness Anda dan mampu untuk makan dengan sehat dan baik, bayi Anda akan mendapatkan nutrisi yang ia butuhkan dari cadangan yang tersimpan dalam tubuh Anda. Ketika Anda sudah memperoleh kembali nafsu makan Anda, Anda bisa mulai makan makanan sehat dengan nutrisi yang seimbang.

Nutrisi yang penting pada trimester pertama kehamilan Anda adalah asam folat. Jadi, usahakan untuk tetap mengkonsumsi suplemen asam folat harian sebanyak 400mcg, karena ini akan membantu perkembangan tulang dan sistem saraf bayi Anda. Dan mengkonsumsi suplemen vitamin D juga dapat membantu perkembangan tulang dan gigi bayi Anda.

Anda dapat mengkonsumsi multivitamin kehamilan yang mengandung 10 mikrogram (mcg) vitamin D dan 400mcg asam folat. Manfaat mengkonsumsi multivitamin adalah Anda bisa mendapatkan asupan gizi yang cukup hanya dengan satu kali menelan. Ini jelas membantu Anda yang menderita morning sickness parah.

Jika Anda sering muntah, tidak dapat makan dan minum tanpa muntah dan kehilangan banyak berat badan, Anda mungkin bisa mengalami dehidrasi. Jadi, sangat penting untuk segera menghubungi dokter Anda. Ada jenis pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi morning sickness dan semakin cepat Anda mulai melakukannya, hasilnya akan lebih efektif.

Berikut adalah tanda-tanda yang perlu Anda waspadai dan temui dokter segera apabila Anda mengalaminya:
  • Urin Anda menjadi sangat gelap dalam atau tidak buang air kecil sama sekali selama 8 jam.

  • Jika Anda tidak dapat makan atau minum apapun selama 24 jam.

  • Muntah yang berulang dan tidak tertahankan.

  • Muntah darah.

  • Sakit perut atau demam.

  • Merasa sangat lemah atau bahkan pingsan.
Jika perawatan rumah tidak berhasil atau Anda mengalami komplikasi akibat terlalu sering muntah, Anda mungkin perlu dirawat di rumah sakit untuk mengontrol penyakit Anda dan untuk menambah cairan dan nutrisi melalui infus.


Mengapa Anda menderita morning sickness (mual dan muntah pada saat hamil)?

Perasaan sakit sebenarnya pertanda baik bahwa kadar hormon kehamilan Anda memadai dan kehamilan Anda kemungkinan besar akan berlanjut hingga persalinan.

Penyebab pasti dari morning sickness tidak diketahui, tetapi diduga berhubungan dengan hormon kehamilan yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG) dan estrogen. Kadar tingkat hCG yang baik dalam tubuh Anda memastikan bahwa kehamilan Anda terus berkembang dan bertahan. Tingkat hCG cenderung akan menurun pada sekitar 16 sampai 20 minggu usia kehamilan, sehingga rasa sakit juga umumnya akan hilang.

Teori lainnya adalah bahwa meningkatnya kepekaan penciuman Anda dan rasa mual berguna sebagai pelindung selama kehamilan Anda. Hal ini membuat Anda cenderung untuk tidak makan sesuatu yang berbahaya atau beracun.

Faktor lain bisa jadi bahwa hormon kehamilan yang disebut progesteron, bekerja melemaskan otot-otot sistem pencernaan Anda, sehingga memakan waktu lebih lama bagi makanan untuk bergerak melalui sistem pencernaan Anda. Hal ini juga bisa membuat Anda merasa mual dan muntah.

Apapun penyebabnya, Anda mungkin terkejut dengan pengalaman ini terutama apabila ini adalah kehamilan pertama Anda.

Kurang jelas mengapa beberapa wanita mengalami morning sickness sementara wanita yang lain tidak mengalaminya, tetapi ada banyak faktor risiko mungkin membuat Anda lebih cenderung mengalaminya. Faktor-faktor tersebut antara lain:
  • Ini adalah kehamilan pertama Anda.

  • Anda mengandung anak bayi perempuan.

  • Anda mengandung anak kembar, menyebabkan kadar hormon kehamilan akan lebih tinggi.

  • Saudara perempuan atau ibu Anda menderita HG selama kehamilan mereka.

  • Anda pernah menderita HG pada kehamilan sebelumnya.

  • Anda memiliki riwayat mual saat menggunakan KB hormonal berbasis estrogen.

  • Anda rentan terhadap mabuk perjalanan atau migrain.

  • Anda kelebihan berat badan pada awal kehamilan.

  • Anda masih muda.
Jika Anda lelah atau lapar, rasa mual Anda mungkin menjadi lebih parah.

Stress dapat membuat morning sickness menjadi lebih parah. Sebaliknya, morning sickness yang parah juga dapat menyebabkan stress.

Berapa lama morning sickness bertahan?

Morning sickness biasanya dimulai pada awal kehamilan dan mencapai puncaknya pada sekitar usia kehamilan sembilan minggu. Penyakit ini biasanya mulai membaik menjelang akhir trimester pertama, dan akan hilang sepenuhnya pada sebagian besar wanita apabila usia kehamilan sudah menginjak usia ke 16 hingga 20 minggu.

Bagaimanapun juga, Anda mungkin merasa penyakit ini belum sepenuhnya pergi. Sekitar 1 dari 10 wanita akan terus mengalami mual dan sakit bahkan setelah minggu ke-16 sampai minggu ke-20.

Jika Anda merasa sakit, demam atau sakit kepala, atau mual dan muntah untuk pertama kalinya setelah 12 minggu kehamilan, temui dokter Anda. Gejala-gejala ini mungkin berarti Anda menderita sesuatu yang lain selain dari morning sickness biasa.


Bagaimana Anda bisa mengatasi morning sickness?

Mengubah pola makan Anda, pengobatan pribadi dan solusi alami seperti jahe atau akupresur dapat membantu Anda untuk mentolerir penyakit Anda dengan lebih baik. Jika tidak ada yang berhasil, dan Anda masih menderita, temui dokter sesegera mungkin. Mereka dapat membahas cara-cara lain untuk mengatasi morning sickness, termasuk obat-obatan.

Beritahu pasangan Anda, keluarga dan teman-teman Anda mengenai apa yang Anda rasakan dan apa yang Anda butuhkan, karena mereka mungkin tidak tahu bagaimana cara untuk membantu Anda kalau tidak diberitahu.

Anda sedang sakit, sehingga Anda tidak perlu merasa bersalah karena meminta bantuan untuk hal-hal seperti belanja, memasak dan tugas-tugas lainnya. Anda mungkin perlu untuk memberitahu atasan Anda tentang kehamilan Anda dan bahwa Anda butuh cuti sakit lebih awal dari seharusnya.

Jika Anda menderita morning sickness yang parah pada saat Anda mengandung bayi pertama Anda, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencegah atau mengurangi morning sickness pada kehamilan kedua kalinya, seperti melakukan perawatan sedini mungkin.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.