Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Mengenali Tanda-tanda Kehamilan 1 Minggu Pertama

Memahami tanda-tanda awal kehamilan 1 minggu pertama dan apa yang harus Anda lakukan di tahap awal kehamilan -

Mungkin Anda mulai merasakan payudara Anda sakit atau Anda sudah terlambat datang bulan, sehingga Anda mulai berpikir bahwa Anda mungkin sedang hamil. Sekarang, apa yang harus Anda lakukan?

Berikut panduan untuk mendeteksi secara pasti apakah Anda sedang hamil, apa saja tanda-tanda awal kehamilan, dan apa yang harus Anda lakukan berikutnya.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Tanda-tanda Kehamilan 1 Minggu Pertama

Mengenali tanda-tanda awal kehamilan 1 minggu pertama

Anda mungkin sudah bisa merasakan tanda-tanda kehamilan 1 minggu setelah terjadinya pembuahan. Sebagian besar gejala awal kehamilan terjadi dalam empat minggu pertama, antara lain sebagai berikut:
  • Telat datang bulan.
  • Perdarahan ringan atau kram sebab embrio mulai menempel pada rahim Anda (pendarahan implantasi).
  • Nyeri payudara.
  • Kelelahan.
  • Nyeri punggung.

Lima tanda-tanda kehamilan paling awal

  1. Mual atau nyeri - tanda awal terjadinya kehamilan adalah morning sickness. Morning sickness biasanya akan mulai terasa pada usia kehamilan minggu ke-6. Barangkali Anda hanya akan merasa mual saja, walaupun ada kemungkinan Anda juga akan muntah. Dan meskipun namanya "morning sickness", namun sebenarnya gejala ini bisa terjadi setiap waktu, baik siang maupun malam.
  2. Sering buang air kecil - ketika Anda hamil, salah satu tanda paling awalnya adalah Anda menjadi lebih sering buang air kecil. Ini disebabkan karena lonjakan hormon kehamilan, volume darah yang lebih banyak dan ginjal yang bekerja lebih keras dari sebelumnya.
  3. Sakit kepala - Salah satu tanda awal kehamilan adalah sakit kepala atau migrain. Hal ini disebabkan karena tubuh Anda menyesuaikan diri dengan lonjakan kadar hormon yang drastis.
  4. Perubahan warna kulit di sekitar puting payudara - Tanda-tanda awal kehamilan lainnya yang umum terjadi adalah perubahan warna kulit di sekitar puting Anda (areola) menjadi lebih gelap. Anda juga dapat melihat puting Anda menjadi tegak dan benjolan-benjolan kecil di sekitar puting Anda menjadi lebih jelas.
  5. Mengidam atau merasa enggan terhadap makanan tertentu - Anda mungkin menghindari jenis makanan tertentu, terutama jika Anda mengalami mual akibat morning sickness. Namun, seringkali Anda juga mungkin akan sangat menginginkan jenis makanan tertentu (mengidam).

Melakukan tes kehamilan di rumah

Cara terbaik untuk mengetahui dengan pasti bahwa Anda hamil atau tidak adalah dengan melakukan tes kehamilan.
Kunjungi dokter atau belilah alat tes kehamilan dari apotek. Anda bisa mulai melakukan tes sejak hari pertama Anda terlambat datang bulan.

Dibutuhkan waktu sekitar dua minggu dari saat pembuahan hingga hormon kehamilan (human chorionic gonadotropin) bisa terdeteksi dalam urin Anda, jadi cobalah untuk tidak melakukan tes terlalu cepat.

Ada kemungkinan bahwa pengujian pertama menunjukkan hasil negatif, tetapi jika tubuh Anda menampakkan tanda-tanda awal kehamilan dan Anda terlambat menstruasi, lakukan tes ulang beberapa hari kemudian untuk mengkonfirmasi.


Masih keluar darah

Selama beberapa bulan pertama kehamilan, mungkin Anda akan terkejut karena masih ada darah yang keluar. Ini disebut implantation bleeding, atau pendarahan implan. Hal ini umum terjadi, disebabkan karena embrio menanamkan diri dalam rahim Anda, atau akibat peningkatan kadar hormon yang mengatur periode menstruasi Anda.
Bahkan pendarahan ini bisa menyebabkan beberapa wanita berpikir bahwa ia sedang menstruasi sehingga tidak menyadari bahwa mereka sedang hamil. Padahal ini tanda-tanda normal kehamilan.
Walaupun demikian, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk meyakinkan tidak terjadi masalah kesehatan apapun yang bisa membahayakan kehamilan Anda.


Kunjungi dokter jika Anda merasakan tanda-tanda awal kehamilan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menemui dokter atau bidan setempat. Periksakan kesehatan Anda secara menyeluruh dan lakukan kunjungan rutin yang terjadwal.


Perubahan emosi dan suasana hati adalah wajar

Menyadari bahwa Anda hamil untuk pertama kalinya adalah hal besar dalam hidup Anda.

Pada satu saat, Anda mungkin merasa sangat bersemangat lalu berubah menjadi takut atau khawatir menit berikutnya. Demikian juga dengan pasangan Anda.

Ini terjadi tidak hanya karena pikiran Anda yang berkecamuk, tetapi juga karena tubuh Anda berubah dengan sangat cepat akibat lonjakan hormon yang tidak menentu. Jadi, jika Anda mengalami hal ini, ketahuilah bahwa ini adalah normal.


Mengkonsumsi asam folat

Mengkonsumsi asam folat selama hamil dapat membantu menurunkan resiko spina bifida atau cacat tabung saraf pada bayi. Kami merekomendasikan Anda mengkonsumsi sejumlah 400 mikrogram (mcg) suplemen asam folat setiap hari mulai dari tiga bulan sebelum pembuahan hingga 12 minggu pertama usia kehamilan.


Jangan cepat-cepat menyebarkan berita bahwa Anda hamil

Satu detik setelah Anda mengira bahwa Anda sedang hamil, Anda mungkin ingin segera membertitahu semua orang yang Anda kenal atau update status di semua akun social media yang Anda miliki.

Tetapi sebaiknya Anda menunggu sampai proses scan USG pertama Anda benar-benar menunjukkan adanya janin yang berkembang dalam rahim Anda.


Jauhi alkohol

Hindari sama sekali alkohol jika Anda berniat untuk hamil atau sedang hamil.

Alkohol akan terkandung dalam darah Anda, mengalir bersama darah di dalam pembuluh darah dan plasenta menuju bayi Anda, sehingga berpotensi besar mempengaruhi perkembangan bayi, bahkan meningkatkan resiko keguguran dini.

Kalau Anda atau pasangan Anda senang membaca buku bagus seputar tips cara memaksimalkan kesuburan pria dan wanita pada berbagai tingkatan usia, simak ulasan kami mengenai buku laris Panduan Cara Cepat Hamil.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.