Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

7 Langkah Sukses Program Hamil Secara Alami

Panduan sederhana langkah demi langkah beserta tips praktis program hamil secara alami -

Proses hamil sebenarnya sederhana.

Pembuahan (konsepsi) terjadi ketika sperma pasangan pria bertemu dan membuahi sel telur pasangan wanita.

Bagi beberapa wanita, pembuahan terjadi begitu mudah. Tetapi bagi wanita yang lain terasa sulit.

Dari setiap 100 pasangan yang ingin hamil, 80 sampai 90 diantaranya bisa dengan mudah hamil dalam waktu satu tahun. Sisanya akan memakan waktu lebih lama, atau mungkin perlu bantuan medis untuk bisa hamil.

Untuk memahami pembuahan dan kehamilan, Anda harus mempelajari teori mengenai organ reproduksi laki-laki dan wanita, masa ovulasi, siklus menstruasi, masa subur dan bagaimana cara meningkatkan kesuburan baik bagi pasangan pria atau wanita.

Artikel ini berisi tips dan strategi sederhana bagi Anda yang sedang menjalani program hamil dan ingin segera hamil secara alami. Panduan selengkapnya bisa Anda pelajari lebih jauh di buku.

Bagi Anda yang ingin cepat hamil meski membawa berbagai kondisi (misalnya: haid yang tidak teratur, faktor usia, gangguan kesuburan, sulit hamil tanpa sebab, dll), kami merekomendasikan buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

7 Langkah Sukses Program Hamil Secara Alami

Berikut ini adalah 7 strategi sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membantu Anda cepat hamil:

1. Stop KB sejak dini

Hentikan menkonsumsi pil KB beberapa bulan sebelum Anda memulai program hamil. Hentikan juga semua jenis kontrasepsi hormonal (seperti KB suntik dan spiral).

Karena Anda mungkin telah mengkonsumsi kontrasepsi ini selama beberapa lama, tubuh Anda membutuhkan waktu hingga beberapa kali siklus menstruasi agar bisa mulai berovulasi secara teratur lagi dan siap untuk menerima kehamilan.

Setelah Anda bisa berovulasi dengan normal, Anda bisa melakukan langkah kedua.


2. Deteksi masa subur Anda

Tidak peduli seberapa sering Anda dan suami Anda berhubungan intim, jika Anda tidak melakukannya pada hari tersubur Anda, Anda tetap sulit untuk hamil.
Kesalahan terbesar wanita yang sulit hamil adalah mereka tidak tahu dengan pasti kapan mereka berovulasi.
Anda bisa menggunakan alat prediksi ovulasi.

Alat ini bekerja dengan mendeteksi lonjakan luteinizing hormone (LH) dalam urin Anda, yang mana peristiwa tersebut terjadi sekitar 36 sampai 48 jam sebelum Anda berovulasi.

Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui lebih awal kapan sel telur akan dilepaskan dari ovarium. Anda juga bisa menggunakan metode mengukur suhu basal tubuh Anda.

Tips: Untuk memprediksi kapan kira-kira anda berovulasi, kurangi 14 hari dari total durasi 1 siklus menstruasi Anda.

Baca: Cara Menghitung Masa Subur Wanita


3. Berhubungan intim sebelum Anda berovulasi

Sperma dapat bertahan hidup dalam rahim dan tuba fallopi selama dua sampai tiga hari.

Tetapi sel telur hanya bisa bertahan hidup selama 12 sampai 24 jam saja.

Jadi, dengan berhubungan intim sebelum Anda berovulasi, berarti kemungkinan besar akan ada sperma hidup di dalam rahim sedang menunggu, siap untuk membuahi sel telur segera setelah sel telur tersebut dilepaskan dari ovarium.

Untuk Anda yang durasi siklus menstruasinya selama 28 hari  (normalnya Anda berovulasi pada hari ke-14), inilah yang sebaiknya Anda lakukan:
  • Mulailah berhubungan intim beberapa kali dalam seminggu, segera setelah Anda berhenti menstruasi. Dengan frekuensi berhubungan intim seperti itu, berarti Anda memastikan tidak akan melewatkan hari tersubur Anda, terutama jika panjang durasi siklus menstruasi Anda berubah-ubah dari bulan ke bulan.
  • Berhubungan intim setiap selang satu hari (dua hari sekali), dimulai sekitar hari ke-10 setelah selesai menstruasi.

4. Yang harus Anda lakukan saat berhubungan intim

Lakukan hal-hal berikut pada saat berhubungan intim:
  • Berbaring telentang setelah bercinta. Karena vagina secara alami condong ke bawah, maka berbaring telentang setelah berhubungan intim akan membantu sperma untuk tinggal dan tidak tumpah ke luar, sehingga mempermudah sperma untuk berenang menuju rahim. Perlukah mengangkat kaki? Sebenarnya tidak perlu, tapi juga tidak ada salahnya mencoba.
  • Berhubungan intim sebelum tidur. Meskipun beberapa penelitian mengatakan bahwa jumlah sperma terbanyak adalah di pagi hari, tapi itu tidak berarti bahwa waktu yang paling baik untuk berhubungan intim adalah di pagi hari. Semua waktu sama baiknya. Namun, berhubungan intim di malam hari sebelum tidur berarti kemungkinan besar Anda akan berbaring setelahnya, sehingga dengan demikian tidak banyak sperma yang tumpah ke luar.
  • Posisi misionaris. Meskipun tidak ada satu posisi berhubungan intim yang dianggap terbaik, posisi misionaris adalah posisi yang banyak disarankan sebab akan membuat Anda tetap berbaring telentang setelah hubungan intim berakhir.

5. Yang TIDAK boleh Anda lakukan saat berhubungan intim

JANGAN lakukan hal-hal berikut saat berhubungan intim:
  • Menggunakan pelumas. Banyak orang menyangka pelumas buatan bisa membantu sperma berenang lebih cepat. Padahal kenyataannya, menggunakan pelumas bisa memperkecil peluang kesuksesan progam hamil Anda. Banyak kandungan zat dalam pelumas yang bisa mengubah keseimbangan pH di dalam vagina dan mengurangi mobilitas sperma.
  • Jangan khawatir jika Anda tidak orgasme. Memang menyenangkan apabila Anda bisa mencapai orgasme, tapi untuk hamil Anda tidak perlu orgasme. Walaupun beberapa orang menganggap bahwa wanita yang mencapai orgasme akan lebih mudah hamil, namun teori tersebut tidak memiliki bukti ilmiah.
  • Jangan terlalu khawatir dengan model celana dalam pria. Memang beberapa masalah kesuburan pada pria berawal dari suatu kondisi dimana suhu testis yang terlampau panas sehingga mempengaruhi produksi sperma. Wajar apabila ada yang meyakini bahwa celana dalam berpengaruh terhadap kualitas sperma pria. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang pasti. Meskipun demikian, tentu saja tidak rugi sama sekali apabila pasangan pria Anda memilih untuk menggunakan celana dalam model boxer.
Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG.


6. Selalu siapkan alat tes kehamilan

Semakin cepat Anda tahu bahwa Anda hamil, semakin cepat pula Anda bisa mulai melakukan perawatan prenatal termasuk untuk mulai makan, minum, dan menjalani gaya hidup sesehat mungkin. Dengan demikian, maka makin sehatlah Anda dan bayi Anda.

Jadi sangat penting untuk mendeteksi kehamilan sedini mungkin.

Meskipun beberapa jenis alat tes kehamilan yang tersedia di pasaran saat ini dirancang untuk membantu Anda melakukan tes sesegera mungkin, hasil yang paling akurat akan Anda dapatkan jika Anda melakukan tes pada hari yang biasanya merupakan hari pertama siklus menstruasi Anda.

Alat tes kehamilan rumahan bekerja dengan cara mendeteksi tingkat human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urin Anda. Kadar hormon yang diproduksi oleh plasenta ini terus meningkat pada awal kehamilan.

Melakukan tes terlalu dini seringkali memberikan hasil yang disebut sebagai "negatif palsu", yaitu kondisi dimana hasil tes mengatakan Anda tidak hamil, tetapi Anda sebenarnya hamil.

Hal tersebut terjadi karena tubuh Anda belum memproduksi cukup banyak hCG sehingga belum terdeteksi oleh alat tes. Tunggulah dan lakukan tes ulang beberapa hari setelah menstruasi Anda telat.


7. Jika hasil tes negatif...

Belum hamil bulan ini? Jangan panik.

Sebagian besar pasangan tidak berhasil hamil pada program hamil mereka pertama kali.

Kemungkinan besar Anda salah menghitung hari paling subur Anda, sehingga sperma suami Anda tidak membuahi sel telur.

Setelah Anda mengetahui strategi sederhana tersebut, sekarang saatnya Anda belajar lebih jauh tentang cara meningkatkan kesuburan Anda secara alami.


Tips meningkatkan kesuburan secara alami

Kami akan membahas dua hal paling penting yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan kesuburan Anda, yaitu asupan nutrisi dan merubah gaya hidup.

Tips berikut ini tidak hanya membantu meningkatkan kesuburan Anda, tetapi juga sangat berguna untuk mengatasi PMS, kram, kelelahan, sakit pada saat menstruasi dan masalah hormonal lainnya.

1. Asupan nutrisi

Asupan nutrisi merupakan hal yang paling penting untuk menunjang kesuburan Anda.

Di zaman modern seperti ini banyak orang yang kekurangan gizi penting, meskipun kelebihan berat badan.

Sederhananya, tubuh Anda tidak akan "mengizinkan" terjadinya pembuahan atau mempertahankan kehamilan jika berada dalam kondisi yang kurang baik.

Banyak wanita modern menjalani diet rendah lemak dan tinggi serat dalam upaya untuk meningkatkan kesehatan dan menurunkan berat badan.

Memang, penurunan berat badan bisa membantu untuk meningkatkan kesuburan.

Tetapi menurunkan berat badan dengan cara diet berlebihan seperti itu sebenarnya kurang efektif untuk meningkatkan kesuburan, karena membuat tubuh Anda kekurangan protein dan lemak yang diperlukan dalam produksi hormon.

Dalam hal asupan nutrisi untuk mengoptimalkan kesuburan, lakukan tips berikut ini:
  • Jauhi makanan olahan, gula dan kurangi pati. Konsumsi lebih banyak karbohidrat padat gizi yang berasal dari sayuran, buah-buahan dan sumber pembuat tepung seperti kentang manis dan labu.
  • Tingkatkan asupan lemak sehat, terutama yang berasal dari buah kelapa, minyak kelapa, buah zaitun, minyak zaitun, mentega, daging dari hewan ternak pemakan rumput, telur, alpukat dan kacang-kacangan.
  • Konsumsi cukup protein terutama yang berasal dari daging hewan ternak pemakan rumput, telur dan kacang-kacangan. Protein ini tidak hanya penting untuk meningkatkan kesuburan selama menjalani program hamil, tetapi juga penting selama masa kehamilan nantinya sebab kecukupan protein bisa  membantu meminimalkan risiko komplikasi kehamilan tertentu.
  • Makan banyak sayuran terutama yang berdaun hijau seperti selada, bayam, brokoli, kembang kol, kale, lobak, kubis dan sayuran sejenis.
  • Minum air dengan cukup. Air sangat penting untuk begitu banyak fungsi dalam tubuh, termasuk meningkatkan kesuburan.
  • Kendalikan kadar insulin dalam tubuh Anda dengan membatasi asupan karbohidrat. Meskipun Anda bukan penderita diabetes tipe II, tingginya asupan karbohidrat juga bisa menyebabkan resistensi insulin. Dengan membatasi karbohidrat, berarti Anda membantu tubuh Anda lebih sensitif terhadap insulin sehingga dengan demikian akan membantu produksi hormon fungsi tubuh lainnya.
Pada beberapa wanita, hanya dengan menjaga asupan nutrisi sudah cukup untuk menjaga dan meningkatkan kesuburan mereka.

Terus lanjutkan asupan nutrisi sehat jika Anda berhasil hamil nantinya.


2. Merubah gaya hidup

Semua orang tahu bahwa kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi narkoba dan tingginya asupan kafein bisa sangat merusak kesuburan.

Selain hal-hal di atas, ada bebrapa faktor gaya hidup lainnya yang juga bisa memberi dampak negatif bagi kesuburan Anda, yaitu:
  • Kurang tidur.
  • Paparan bahan kimia berbahaya.
  • Kurang olahraga (atau terlalu banyak).
  • Tingkat stres yang tinggi.
  • Obat-obat atau suplemen tertentu.
Dengan sedikit usaha, Anda bisa meningkatkan kesuburan dengan merubah gaya hidup.

Lakukanlah beberapa tips berikut ini:
  1. Tidur dengan cukup sangat penting dalam proses produksi berbagai hormon. Penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan kadar melatonin dan serotonin yang rendah memiliki fase luteal yang lebih pendek (waktu antara ovulasi dan menstruasi), sehingga akibatnya peluang untuk hamil juga menurun. Kurang tidur juga mengganggu kemampuan tubuh untuk mengatur adrenalin, kortisol dan insulin dengan baik sehingga pembuahan menjadi sangat sulit.
  2. Minimalisir paparan bahan kimia berbahaya. Ini berarti Anda harus ekstra waspada dalam menggunakan produk rumah tangga yang mengandung bahan kimia tertentu, botol air plastik, kosmetik dan produk kecantikan konvensional.
  3. Berolahraga dengan cukup. Olahraga secukupnya sangat membantu untuk meningkatkan kesuburan, tapi hati-hati sebab olahraga berlebihan justru dapat mengganggu kesuburan Anda. Lakukan beberapa jam aktivitas fisik dalam seminggu (jalan kaki, permainan fisik yang Anda sukai atau berenang) serta lakukan sesi olahraga rutin. Jagalah untuk tidak melakukannya terlalu berat atau terlalu sering, sebab akan menghalangi tubuh Anda untuk bisa berovulasi dengan teratur. Penurunan berat badan memang sangat membantu meningkatkan kesuburan, namun terlalu sedikit lemak tubuh (di bawah 15-18%) dapat mengganggu ovulasi.
  4. Hindari stres. Ini mungkin kedengannya lebih mudah dibanding kenyataannya, terutama bagi Anda yang memang memiliki masalah dengan kesuburan. Jika Anda bisa rileks, maka peluang Anda untuk hamil akan lebih besar. Iya, memang tidak sesederhana itu, namun bagaimanapun juga mengurangi tingkat stres adalah hal yang baik.
  5. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendeteksi apakah ada obat-obatan tertentu yang selama ini Anda konsumsi yang berpotensi bisa merusak kesuburan. Steroid dan antidepresan contohnya. Dan juga beberapa obat lainnya yang bisa mempengaruhi hormon.

Vitamin yang penting untuk meningkatkan kesuburan

  • Vitamin D; Kekurangan vitamin D bisa sangat merugikan kesehatan secara keseluruhan. Penelitian mengungkapkan adanya hubungan antara kekurangan vitamin D dengan infertilitas dan keguguran.
  • Vitamin C; Karena sifat antioksidannya yang kuat, vitamin C sangat baik untuk menunjang kesuburan laki-laki dan infertilitas perempuan. Konsumsilah vitamin C setidaknya 2.000 mg sehari selama menjalani program hamil.
  • Folat; Meskipun folat (bukan asam folat) dikenal luas sebagai vitamin yang biasanya dikonsumsi pada awal masa kehamilan untuk mencegah komplikasi, tetapi ternyata vitamin ini juga sangat bermanfaat jika dikonsumsi sejak beberapa bulan sebelum hamil. Folat membantu pembelahan sel dan mempromosikan ovulasi. Disarankan bagi Anda yang sedang menjalani program hamil untuk mengkonsumsi folat setidaknya 2.000 mikrogram per-hari.
  • Zinc; Vitamin yang sangat penting untuk pembelahan sel termasuk membantu produksi sperma dan proses ovulasi. Sangat baik jika dikombinasikan dengan vitamin B.
  • Selenium; Vitamin ini membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan juga melindungi sperma dan sel telur. Selenium berguna pembelahan sel dan mencegah keguguran.
  • Vitamin B; Kekurangan vitamin B banyak diderita mereka yang sering mengkonsumsi makanan olahan atau gula. Dengan mengoptimalkan asupan vitamin B dapat meningkatkan hormon Lutenizing dan hormon perangsang folikel yang berguna untuk meningkatkan kesuburan.
Kalau Anda dan pasangan Anda membutuhkan panduan lengkap strategi cepat hamil dan cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.