Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

12 Panduan Program Hamil Anak Kedua

Berikut adalah panduan bagi pasangan untuk menjalani program hamil anak kedua dengan mudah -

Jadi saat ini Anda sudah memiliki anak dan Anda sedang mencoba untuk hamil lagi. Mudahkah? Mungkin tidak.

Panduan Program Hamil Anak Kedua

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Simak 12 langkah berikut sebagai panduan program hamil anak kedua.

1. Menentukan kesiapan.

Ibu dan ayah masing-masing perlu bertanya pada diri sendiri apakah mereka benar-benar siap untuk punya anak lagi sebelum memulai program hamil anak kedua. Kadang-kadang keinginan untuk memiliki bayi lagi akan muncul segera setelah bayi pertama sudah cukup besar dan mandiri.


2. Apakah Anda (istri) cukup subur?

Sang istri mungkin tidak sesubur seperti ketika hamil anak pertama. Hal ini bisa karena usia atau rentang waktu antara kehamilan pertama dengan anak kedua.

Jika siklus haid Anda tidak seimbang atau kurang teratur, mengkonsumsi pil KB selama beberapa bulan sebelum memulai program hamil dapat meningkatkan peluang pembuahan.


3. Apakah dia (suami) cukup subur?

Wanita adalah setengah dari upaya kehamilan, setengahnya lagi adalah pihak pria.

Jika ada masalah dengan konsepsi, bisa jadi sang suamilah yang bermasalah atau memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit dibanding ketika program hamil anak pertama.

Pengujian jumlah sperma bisa dilakukan dengan cepat dan mudah serta sangat membantu untuk mendeteksi masalah.


4. Komplikasi yang pernah terjadi sebelumnya.

Jika kehamilan sebelumnya penuh dengan masalah dan komplikasi, tubuh dapat menolak kehamilan kedua. Ibu dan ayah perlu mendiskusikan masalah terkait pembuahan dengan dokter kandungan atau spesialis kesuburan jika ada komplikasi yang pernah diderita.


5. Riwayat keguguran.

Wanita yang pernah mengalami keguguran mungkin tidak sulit untuk bisa hamil lagi, namun akan kesulitan dalam mempertahankan bayi yang sedang dikandung. Kehamilan dapat menggugurkan diri bahkan sebelum sang ibu menyadari atau mengetahui dirinya sedang hamil.

Dokter kandungan mungkin memiliki pandangan yang baik tentang bagaimana melakukan perubahan gaya hidup guna meningkatkan peluang mempertahankan bayi yang sedang dikandung.


6. Siklus menstruasi dan ovulasi.

Siklus menstruasi dan ovulasi adalah segala-galanya bagi suksesnya pembuahan.

Jika siklus menstruasi tidak seimbang, siklus ovulasi pun akan tidak seimbang. Penting untuk membangun siklus menstruasi yang teratur ketika Anda sedang dalam program hamil anak kedua.


7. Memperhatikan lendir serviks.

Lendir serviks dapat menjadi pertanda bagi ibu apakah ia siap untuk hamil atau belum. Jika lendir tampak seperti putih telur, itu adalah tanda ia sedang sangat subur.


8. Mempersiapkan tubuh untuk kehamilan.

Tubuh tidak selalu siap untuk hamil lagi, meskipun secara mental ibu dan ayah sudah siap.

Anda harus mempersiapkan tubuh guna menanggung beban proses kehamilan.

Konsumsi vitamin prenatal, olahraga dan mengatur berat badan (menambah atau mengurangi) adalah sebagian dari upaya yang bisa Anda lakukan demi kesuksesan progam hamil Anda.


9. Memberikan tubuh Anda waktu istirahat yang cukup.

Ibu perlu memberikan tubuh cukup waktu untuk pulih dari kehamilan pertama sebelum mencoba untuk hamil lagi. Waktu terbaik antara hamil pertama dan berikutnya adalah 1 tahun.


10. Menurunkan atau menambah berat badan.

Menambah atau menurunkan berat badan dapat meningkatkan kesuburan.

Jika ibu kekurangan berat badan, menambah berat badan secara sehat dapat menormalkan siklus menstruasi dan membantu untuk memprediksi waktu tersubur.

Demikian juga sebaliknya, penurunan berat badan dapat memberi dampak positif yang sama bagi wanita yang kelebihan berat badan.


11. Mulai mengkonsumsi suplemen prenatal.

Vitamin prenatal dapat dikonsumsi sebelum kehamilan, selama kehamilan dan setelah kehamilan. Jika ibu dan ayah yakin bahwa mereka ingin memiliki bayi lagi, mengkonsumsi vitamin prenatal secara konsisten adalah ide yang bagus.


12. Bersabarlah.

Kesabaran adalah hal yang paling penting dalam program hamil Anda. Tidak setiap wanita berhasil hamil pada percobaan pertama. Jika Anda kurang sabar, stress yang ditimbulkan akibat kegagalan benar-benar dapat mengurangi peluang pembuahan.

Kalau Anda dan pasangan Anda membutuhkan panduan lengkap strategi cepat hamil dan cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.