Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Tips Perawatan Kesehatan Kulit Bayi Anda

Beberapa tips yang bermanfaat untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit bayi -

Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang sangat lembut dan sensitif sehingga membutuhkan perawatan dan perlindungan ekstra.

Wajar kalau para ibu baru sering khawatir mengenai kesehatan kulit bayi mereka. Kulit bayi sangat peka dan sangat sering terjadi bayi menderita ruam dan alergi jika tidak dirawat dengan tepat.

Sebagai ibu baru, Anda harus sangat berhati-hati terhadap kesehatan kulit bayi Anda. Usahakanlah untuk selalu menggunakan produk yang alami dan bebas dari bahan kimia tambahan yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit bayi.

Mengapa? Sebab...
  • Kulit bayi sangat tipis dan sensitif.

  • Kulit bayi yang baru lahir butuh waktu beradaptasi dengan lingkungan baru di sekelilingnya.

  • Kulit bayi menghadapi banyak potensi kerusakan yang berasal dari sabun kimia, shampoo dll.

  • Bayi rentan terhadap alergi kulit pada beberapa bulan pertama kelahirannya.
Tips Perawatan Kesehatan Kulit Bayi Anda

Perawatan kesehatan kulit bayi

Kulit terbaik manusia adalah ketika ia masih bayi.

Perawatan kulit yang tepat saat masih bayi akan membantu kesehatan kulitnya ketika ia besar nanti. Anda akan belajar bagaimana merawat kulit bayi dan kami telah mendaftar beberapa tips terbaik untuk memastikan kesehatan kulit yang optimal untuk bayi Anda.

1. Memandikan bayi

Semua orang tua senang memandikan bayi mereka setiap hari.

Gunakan sampo dan sabun yang tidak menyebabkan reaksi alergi pada bayi. Cuci kulit bayi Anda dengan air hangat dan sabun lembut.

Ruangan yang Anda gunakan untuk mengeringkan bayi Anda harus hangat dan semua AC serta kipas angin harus dipadamkan untuk menghindari dingin.

Jangan mencoba produk baru pada kulit bayi Anda. Jangan menggunakan sabun antibakteri karena mungkin akan terlalu keras untuk kulit bayi yang masih sensitif.

Keringkan bayi menggunakan kapas alami dan handuk halus agar tidak mengganggu kelembaban kulit bayi.

2. Bedak bayi

Anda harus lebih berhati-hati saat memilih bedak untuk bayi Anda. Pilih produk yang dirancang khusus untuk bayi dan hindari menggunakan bedak yang berpewangi dan bahan kimia lainnya karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

Hindari sampo yang berbulir kasar dan pilihlah bedak herbal, terutama untuk daerah popok.

Sebagai saran, akan lebih baik jika Anda TIDAK membedaki daerah popok karena dapat mengakibatkan komplikasi atau infeksi.

3. Popok bayi

Popok yang digunakan untuk bayi akan membantu menjaga bayi tetap bersih dan segar. Namun, popok tertentu juga bisa membuat iritasi kulit pada bayi dan dapat menyebabkan ruam atau infeksi. Ganti segera popoknya begitu sudah "terisi".

Jika Anda menemukan bahwa kulit bayi Anda teriritasi di daerah popok, gantilah merk popoknya.

Membiarkan popok terlalu lama setelah penuh dapat menyebabkan infeksi.

4. Sekali lagi masalah popok

Ruam popok sering terjadi karena iritasi kulit akibat antara lain popok basah yang dibiarkan terlalu lama, popok yang terlalu ketat atau karena penggunaan sabun atau tisu tertentu.
  • Gantilah popok segera setelah penuh. Taburkan bedak untuk menjaga daerah popok tetap kering dan bersih.

  • Sebagian ruam kulit bayi bukan masalah serius, tetapi beberapa diantaranya mungkin merupakan tanda infeksi dan membutuhkan perawatan khusus. Jika Anda khawatir akan ruam yang parah dan berkepanjangan, konsultasikan dengan dokter anak Anda untuk perawatan lebih lanjut.

5. Masalah kulit bayi

Umumnya, banyak bayi memiliki tanda lahir dan kondisi ini tidak turun-temurun. Anda tidak perlu khawatir tentang tanda lahir bayi Anda, karena itu tidak berbahaya dan tidak perlu penanganan khusus.

Sedangkan masalah kulit yang membutuhkan perhatian adalah:
  • Eksim yang berwarna merah, yaitu ruam yang gatal yang mungkin terjadi sebagai akibat dari sesuatu, entah itu popok, cuaca atau produk lainnya. Ini biasanya terjadi pada wajah, siku, lengan atau di belakang lutut dan dada bayi. Gunakan sabun ringan dan pelembab yang ringan.

  • Beberapa bayi juga cenderung berjerawat. Namun, ini tidak sama dengan jerawat remaja. Jika masalah jerawat terus berlanjut, konsultasikan dengan dokter anak Anda.

6. Kulit bayi kering

Jika bayi Anda memiliki kulit kering, gunakan pelembab alami untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, lembut dan kenyal. Yang terbaik adalah coconut oil.
  • Hindari memandikan bayi Anda terlalu sering dan terlalu lama, karena dapat menghapus nutrisi penting dari permukaan kulit bayi sehingga menjadi kusam dan kering.

  • Selama bulan pertama, cukup bilas bayi Anda dengan spons lembut dengan air biasa sebanyak dua atau tiga kali seminggu. Bayi akan tetap bersih tanpa kehilangan kelembaban alami kulitnya.

  • Gunakan produk perawatan kulit terbaik yang dibuat khusus untuk bayi. Hati-hati jika bayi alergi terhadap produk-produk seperti sabun mandi, sampo dan lotion.

7. Tips umum perawatan kulit bayi

Kulit bayi yang baru lahir sangat peka dan begitu juga sistem kekebalan tubuh mereka.
  • Bayi tidak boleh terkena sinar matahari langsung sampai mereka berusia 6 bulan. Anda dapat melindungi kulit bayi dengan baju lengan panjang, celana panjang dan topi.

  • Pastikan bahwa pakaian bayi Anda bersih.

  • Biang keringat muncul akibat berkeringat pada bagian tertentu tubuh bayi, seperti ketiak, lipatan kulit dan daerah popok. Gunakan pakaian longgar dan selalu tempatkan bayi Anda pada lingkungan yang sejuk.

  • Deterjen kimia, bedak dan produk bayi tertentu dapat menyebabkan iritasi kulit, ruam, kekeringan dll. Sebisa mungkin gunakan produk-produk organik untuk melindungi kulit bayi Anda dari infeksi atau reaksi alergi yang membahayakan.
Kalau Anda senang membaca buku bagus, simak ulasan kami tentang buku Panduan Lengkap Perawatan Bayi.



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.