Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Tips Menyusui Bagi Ibu Yang Bekerja

Tetap menyusui walaupun bekerja? Ini dia tipsnya -

Sebagai seorang wanita yang bekerja, mungkin sangat sulit bagi Anda untuk menyeimbangkan pekerjaan dan tanggung jawab Anda sebagai ibu rumah tangga.

Terkadanag wanita yang bekerja sangat tergoda untuk menggantikan ASI dengan susu formula kemasan.

Namun, penting untuk diingat bahwa ASI diciptakan oleh Tuhan untuk memastikan kesempurnaan perkembangan dan pertumbuhan bayi Anda, tidak ada yang bisa mengalahkan nutrisi dan komposisi ASI.
Tips Menyusui Bagi Ibu Yang Bekerja

8 hal yang harus dilakukan wanita karier yang menyusui

Dengan tetap memberikan ASI, Anda akan memberikan bayi Anda semua nutrisi dan vitamin yang ia butuhkan untuk menjaga kesehatan tubuhnya, terutama sistem kekebalannya.

Sebagai seorang wanita yang bekerja, Anda mungkin merasa sulit untuk memerah dan menyimpan ASI setiaap saat.

Berikut ini adalah 10 tips untuk membantu Anda mengatasi sebagian besar permasalahan Anda:

1. Rencanakan Jadwal Rutin

Jadwal yang teratur akan membuat Anda fokus dan akan membantu Anda menyelesaikan banyak hal secara tepat waktu.

Tuliskan semua hal yang biasanya harus Anda kerjakan atau selesaikan setiap harinya, kemudian telitilah baik-baik. Mungkin Anda bisa mengaturnya sedemikian rupa agar bisa meluangkan lebih banyak waktu untuk menyusui bayi Anda.

2. Konsultasikan dengan atasan Anda

Konsultasikan kondisi Anda dengan atasan Anda. Jika selama ini Anda adalah karyawan yang baik, kami rasa tidak ada salahnya Anda konsultasikan dengan atasan Anda mengenai situasi Anda untuk meminta sedikit kelongggaran waktu.

3. Bicara dengan ibu menyusui lainnya

Cobalah bicara dengan ibu menyusui lainnya yang juga bekerja, mungkin ada saran atau tips yang bisa Anda terapkan dalam situasi Anda.

Anda juga akan merasa lebih baik jika Anda tahu bahwa banyak wanita di luar sana yang mengalami situasi yang sama dengan Anda.

4. Bicarakan dengan pasangan Anda

Mintalah pasangan Anda untuk membantu menangani beberapa pekerjaan rumah tangga dan jiika memungkinkan, mintalah ia untuk ikut menangani pekerjaan-pekerjaan rutin yang menyangkut si kecil, seperti mencuci dan mensterilkan botol susu dll.

Hal ini akan berdampak baik bagi Anda berdua dan juga bagi hubungan ayah-anak.

5. Pelajari teknik memerah ASI

Mempelajari cara memerah ASI akan sangat penting bagi wanita bekerja yang menyusui. Anda juga bisa menggunakan pompa ASI yang banyak tersedia di pasaran.

Pilihlah pompa ASI yang terbaik dan nyaman bagi Anda, walaupun mungkin harganya sedikit lebih mahal.

6. Bekerja dari rumah jika memungkinkan

Bicarakan dengan atasan Anda dan cermati, mungkin ada beberapa pekerjaan yang bisa Anda selesaikan di rumah. Mungkin Anda bisa bekerja setengah hari di kantor, sisanya di rumah. Berkat perkembangan teknologi, hal tersebut memungkinkan untuk dilakukan dewasa ini.

7. Membeli beberapa botol susu

Sebagai ibu menyusui yang bekerja, Anda perlu botol susu. Bukan hanya buat bayi Anda, tetapi buat Anda juga.

Seringkali bayi Anda lapar pada saat Anda sedang di kantor. Dengan memiliki cadangan simpanan ASI yang sudah Anda perah dan simpan sebelumnya, Anda bisa memberi minum bayi Anda dari botol susu tanpa harus menyusuinya langsung dari "sumbernya".

8. Mengkonsumsi suplemen yang dibutuhkan

Ketika Anda menyusui, tubuh Anda memberikan banyak nutrisi penting untuk bayi Anda. Jika Anda menyusui sambil bekerja, maka beban tubuh Anda meningkat.

Mengkonsumsi suplemen multivitamin adalah cara yang baik untuk menjaga diri Anda tetap fit dan sehat sekaligus juga membantu Anda mengerjakan tanggung jawab pekerjaan dengan baik.

Demikianlah beberapa langkah-langkah efektif yang dapat membantu seorang ibu yang sibuk bekerja.

Kalau Anda senang membaca buku bagus, simak ulasan kami tentang buku Panduan Lengkap Perawatan Bayi.



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.