Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Makan Sushi?

Resiko makan sushi bagi ibu hamil. Amankah sushi untuk ibu hamil? -

Hai Ibu, apa kabar?

Beberapa orang berpendapat bahwa tidak ada salahnya ibu hamil makan sushi karena ikan dianggap sebagai bahan makanan yang mengandung nutrisi yang baik bagi ibu dan bayinya.

Sementara sebagian orang lainnya berpendapat bahwa lebih baik menghindari makan sushi apabila sedang hamil sebab ada ikan mentahnya.

Artikel ini akan menjelaskannya untuk Anda.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Resiko Makan Sushi Bagi Ibu Hamil. Amankah?

Mengapa Makan Sushi Kurang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil?

Sushi, hidangan asal Jepang yang lezat ini, terdiri dari nasi, sayuran, buah-buahan tropis dan kadang-kadang ikan mentah.

Beberapa ahli berpendapat bahwa ibu hamil tidak boleh makan sushi karena adanya ikan mentah yang beresiko memicu infeksi akibat bakteri.
  • Sushi bisa saja mengandung parasit kecil seperti cacing pita, atau bakteri lain yang mungkin menginfeksi Anda ketika Anda mengkonsumsinya. Jika Anda terinfeksi cacing pita saat Anda sedang hamil, maka semua nutrisi akan hilang dari tubuh Anda sehingga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin dalam rahim Anda.
  • Kehamilan menekan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat Anda rentan terhadap berbagai penyakit. Bila Anda mengkonsumsi sushi yang dibuat dari ikan mentah, ini mungkin bisa memicu berbagai komplikasi dalam tubuh Anda mulai dari yang ringan sampai yang berat seperti keguguran, kelahiran prematur, dll.
  • Meskipun infeksi parasit tidak akan mencapai plasenta, tapi parasit masih bisa mempengaruhi daerah gastrointestinal atau hati. infeksi parasit juga dapat menyebabkan kekurangan gizi, anemia dan keguguran.
  • Ketika Anda makan sushi lengkap dengan semua hidangan seafood mentah seperti king mackerel, ikan todak, hiu atau ikan lainnya, maka kandungan merkuri dalam tubuh Anda meningkat, sehingga bisa meracuni kehamilan Anda.
  • Meskipun resiko terinfeksi oleh parasit akibat makan sushi mentah sangat tipis, tetapi sebaiknya jangan mengambil resiko terhadap kesehatan bayi Anda.


Tips Untuk Makan Sushi Dengan Aman Selama Masa Kehamilan

Banyak orang berpikir bahwa makan sushi tidak berbahaya asalkan ikannya diasapi, dibekukan atau dicampur/dibuat acar.

Semua proses tersebut mampu membunuh parasit dan infektan lain yang terdapat dalam ikan mentah, sehingga membuatnya lebih aman untuk dikonsumsi.

Jika Anda seorang pencinta sushi dan kebetulan sedang hamil, Anda perlu perhatikan beberapa tips aman makan sushi berikut ini:
  • Sebagian besar restoran yang menghidangkan sushi akan menyimpan ikan dalam suhu beku untuk mempertahankan kesegarannya. Ikan beku disimpan dalam suhu yang sangat dingin, segera setelah ditangkap. Proses pembekuan ini diharapkan dapat membunuh semua jenis parasit yang berkembang pada ikan.
  • Makan sushi yang dibuat dari ikan yang diasapi juga aman untuk dikonsumsi, karena proses pengasapan juga akan memberantas segala macam parasit pada ikan tersebut.
  • Sushi yang terdiri dari ikan asin atau acar ikan sebagai bahan utamanya, aman untuk dimakan. Proses pengasinan atau pengawetan ikan mejadikannya sangat aman untuk dikonsumsi selama kehamilan Anda.
Kami yakin bahwa semua ibu hamil, walaupun pencinta sushi kelas berat, pasti setuju bahwa mengkonsumsi sushi dengan ikan yang dimasak merupakan pilihan yang lebih aman daripada ikan mentah.

Kalau Anda membutuhkan panduan lengkap perawatan ibu hamil dan kesehatan janin di dalam kandungan, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.