Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil -

Bagaimanakah posisi tidur yang baik untuk ibu hamil?

Selama menjalani program kehamilan, terutama pada trimester kedua ketika perut tumbuh makin besar setiap hari, beberapa ibu hamil sering merasa kesulitan tidur.

Nah, selain mimpi buruk dan insomnia, terkadang masalahnya hanyalah posisi tidur yang kurang tepat.
Tidur sebenarnya adalah hal sederhana yang harus dilakukan semua orang walaupun tidak hamil. Tapi sebagai ibu hamil, sekarang Anda harus segera mengubah posisi tidur. Jadi, bagi Anda para ibu hamil yang memiliki masalah tidur, perhatikanlah posisi tidur yang paling direkomendasikan bagi Anda.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Ibu Hamil Jangan Tidur Terlentang

Selama trimester pertama (ketika perut Anda belum sebesar pada trimester kedua), Anda mungkin masih bisa tidur terlentang. Anda tidak salah, karena Anda memang terbiasa tidur terlentang selama bertahun-tahun.
Namun ternyata, para ahli menyarankan bahwa sejak tahap pertama kehamilan, Anda sebaiknya tidak tidur terlentang.
Sangat salah bagi ibu hamil untuk tidur terlentang, karena berat perut Anda dapat memblokir pembuluh darah utama yang mengalirkan darah kembali ke jantung.

Ingatlah bahwa ibu hamil membutuhkan sirkulasi darah yang baik untuk menjaga bayi dan diri mereka sendiri agar tetap sehat, sehingga apabila pembuluh darah tersumbat, banyak kemungkinan komplikasi bisa terjadi.


Bagaimana Kalau Tidak Sengaja Terlentang Ketika Tidur?

Tidak ada satupun ahli menyarankan Anda untuk tidur telentang pada saat hamil.
Tidur terlentang tidak sehat, baik untuk ibu hamil maupun bayi yang dikandungnya.
Berbicara tentang komplikasi kehamilan, salah satu komplikasi yang paling ringan yang terjadi akibat posisi tidur yang buruk adalah kelelahan. Segera rubah posisi setelah Anda sadar dan mendapati diri Anda sedang berbaring dalam keadaan terlentang.


Posisi tidur miring adalah posisi terbaik untuk ibu hamil

Cara terbaik untuk tetap tidur nyaman dan sehat selama trimester kedua dan ketiga adalah dengan berbaring menyamping. Tidak peduli Anda berbaring di sisi sebelah kanan atau kiri, yang paling penting adalah Anda berbaring menyamping dengan nyaman, sehingga Anda bisa memperoleh tidur yang berkualitas.

"Saya tidak terbiasa tidur menyamping"

Apakah Anda tidak terbiasa tidur miring? Suka atau tidak, Anda tidak punya pilihan lain.
Untuk 5-6 bulan ke depan, Anda harus tidur menyamping.
Jika Anda merasa tidak nyaman, Anda bisa menggunakan bantal khusus bersalin. Tempatkan beberapa bantal di sekitar tubuh Anda (satu di antara kaki, satu untuk mendukung punggung dan satu di bawah perut).

Tidur sangat penting untuk mengistirahatkan tubuh Anda setelah seharian beraktivitas dengan membawa beban tambahan pada perut Anda. Itulah sebabnya, mengetahui posisi tidur terbaik bagi ibu hamil sangatlah penting untuk menghindari cedera bagi Anda dan bayi Anda.

Kalau Anda membutuhkan panduan lengkap perawatan ibu hamil dan kesehatan janin di dalam kandungan, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.