Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Pentingnya Tidur Bagi Ibu Hamil

Mengapa penting bagi ibu hamil untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup? -

Tidur sangat penting selama menjalani progam hamil hingga melahirkan, karena kondisi optimal bagi tubuh untuk tumbuh terjadi ketika sekresi hormon pertumbuhan berada pada tingkat tertinggi, yaitu pada saat tidur.

Sebagai tambahan, kebutuhan metabolisme meningkat pada saat wanita sedang hamil. Jadi sangat perlu bagi ibu hamil untuk menambah jumlah jam tidur sebagai upaya untuk beristirahat dan membangun tubuhnya selama kehamilan.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Pentingnya Tidur Bagi Ibu Hamil

Wanita hamil normalnya tidak mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari, karena memang kebutuhan tubuhnya untuk beristirahat memang tinggi.
Jika Anda kesulitan untuk tidur, minumlah segelas susu.
Penting juga bagi ibu hamil untuk memiliki pikiran yang santai dan menghindari stress. Berbaringlah sambil mendengarkan musik lembut.
Ketika masa kehamilan semakin tua, Anda mungkin akan sering terbangun beberapa kali ketika tidur disebabkan aktivitas janin.
Seringnya terbangun berakibat pada hilangnya kualitas tidur yang baik, yaitu yang mencapai tingkat REM, atau Rapid Eye Movement.

Untuk mendapatkan tidur dan istirahat yang cukup, ibu hamil perlu istirahat selama sore hari dan pada malam hari. Posisi tidur juga penting.

Posisi tidur yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah "Sim Position", yaitu tidur miring dengan menekuk lutut kaki ke depan.

Tidur dalam posisi terlentang tidak dianjurkan, karena posisi terlentang dapat menyebabkan sindrom hipotensi (pingsan, diaphoresis dan hipotensi akibat tekanan rahim yang berkembang).

Tidur menggunakan dua bantal, atau tidur di sofa dengan sandaran tangan adalah salah satu posisi tidur yang dianjurkan untuk ibu hamil.

Selama masa kehamilan, Anda harus serius dalam menjadwalkan waktu tidur dan pastikan Anda tidak tidur larut malam untuk alasan apapun.

Kalau Anda membutuhkan panduan lengkap perawatan ibu hamil dan kesehatan janin di dalam kandungan, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.