Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Pengaruh Kafein Terhadap Kesuburan Wanita dan Pria

Dampak buruk kafein terhadap kesuburan pria dan wanita -

Hai Ibu, apa kabar? Semoga Ibu sehat-sehat dan subur-subur saja.

Ketika Anda sedang menjalani program hamil, satu hal yang tidak bisa Anda abaikan adalah menjaga kesehatan dan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kesuburan.

Salah satu penghambat kesuburan adalah kafein.

Ada banyak pendapat mengenai kafein sehubungan dengan dampaknya terhadap kesuburan, baik bagi wanita maupun pria. Meskipun belum terbukti secara ilmiah, namun disarankan untuk tidak mengambil resiko.

Oleh karena itu, setiap pasangan yang sedang menjalani program hamil disarankan untuk membatasi konsumsi kafein.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Pengaruh Kafein Terhadap Kesuburan Wanita dan Pria
Kafein adalah zat yang bisa menstimulasi sistem saraf. Selain itu, kafein juga bisa mempengaruhi sistem organ tubuh yang lainnya.

Mengkonsumsi kafein dapat menaikkan detak jantung dan tekanan darah, meningkatkan metabolisme dan mempercepat pembentukan urin.

Beberapa penelitian bahkan menyimpulkan bahwa konsumsi kafein berlebihan akan meningkatkan risiko keguguran. Semakin banyak asupan kafein, maka risiko keguguran juga semakin besar.

Wanita yang mengkonsumsi lebih dari 200 mg kafein per-hari berisiko dua kali lipat mengalami keguguran (25,5%) dibanding wanita yang tidak pernah atau jarang mengkonsumsi kafein (12,5%). Selain itu, wanita hamil lebih sensitif terhadap kafein karena zat ini dimetabolisme atau dicerna lebih lambat selama masa kehamilan.

Yang perlu diperhatikan juga adalah kemampuan kafein untuk melewati plasenta dan mempengaruhi perkembangan bayi secara langsung.


Apakah kafein mempengaruhi kesuburan Anda?

Memang tidak ada bukti ilmiah yang secara nyata menunjukkan adanya hubungan langsung antara kafein dan masalah kesuburan.

Beberapa survey yang telah dilakukan menunjukkan bahwa asupan kafein yang terlalu tinggi bisa menyebabkan masalah kesuburan dan sulit hamil. Namun survey tersebut belum didasarkan pada penelitian ilmiah berkualitas tinggi.

Meskipun demikian, Anda disarankan untuk tidak mengambil risiko. Mengapa?

Sebab beberapa ahli telah mengemukakan teori mengenai bagaimana pengaruh konsumsi kafein yang terlalu banyak terhadap kesuburan. Diantaranya adalah dampak kafein terhadap proses ovulasi, kadar hormon atau pengaruhnya terhadap kinerja otot di dalam tuba falopi.

Tuba falopi membawa sel telur dari ovarium ke rahim. Otot-otot halus di dalam tuba falopi berkontraksi secara berirama untuk membantu perjalanan sel telur menuju rahim. Asupan kafein yang terlalu banyak bisa mengganggu pola pergerakan otot-otot tersebut.

Beberapa hasil penelitian menyarankan untuk membatasi jumlah asupan kafein, sebab kafein juga bisa mempengaruhi peluang seorang wanita untuk hamil. Kafein juga memperpanjang waktu yang dibutuhkan seorang wanita untuk bisa hamil.

Salah satu penelitian juga menyimpulkan bahwa wanita yang minum lebih dari satu cangkir kopi per-hari, peluangnya untuk hamil berkurang hingga setengahnya.

Meskipun bagaimana cara kafein mempengaruhi kesuburan belum diketahui dengan pasti, jawabannya mungkin berhubungan dengan kemampuan kafein mempengaruhi kualitas sel telur. Penelitian terhadap hewan menunjukkan bahwa kafein bisa menghambat pematangan sel telur. Sel telur yang gagal matang tidak bisa dibuahi.

Dengan banyaknya penelitian dan survey yang sudah dilakukan menunjukkan hubungan antara tingginya asupan kafein dan menurunnya tingkat kesuburan, maka langkah yang bijaksana bagi pasangan yang ingin hamil adalah membatasi konsumsi kafein.

Beberapa ahli menyarankan batas tertinggi konsumsi kafein per-hari adalah sekitar 100 mg yang berasal dari beberapa sumber, seperti kopi, teh, minuman ringan dan cokelat.

Wanita yang terbiasa mengkonsumsi sejumlah besar minuman berkafein harus mengurangi asupan kafein dengan perlahan dan secara bertahap untuk menghindari gejala seperti sakit kepala, mudah marah, gelisah dan mual.


Pengaruh Kafein Terhadap Kesuburan Wanita

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kafein dianggap tabu dikonsumsi oleh wanita yang ingin cepat hamil:
  • Ketika Anda mengkonsumsi lebih dari 200 mg kafein dalam sehari, tubuh Anda akan memproduksi lebih banyak estrogen. Peningkatan level estrogen ini dapat menyebabkan gangguan reproduksi dan dapat menyebabkan kemandulan.
  • Kafein mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi. Zat besi adalah unsur yang paling penting untuk kesuburan. Dengan berkurangnya zat besi dalam tubuh Anda, maka itu bisa menyebabkan gangguan dengan siklus ovulasi Anda.
  • Kafein dapat memberi efek diuretik pada tubuh kita, yaitu efek menyebabkan kita buang air kecil lebih sering. Dengan demikian, banyak nutrisi penting yang terbuang.
  • Kafein juga bisa mencapai plasenta sehingga membahayakan embrio (bila sudah ada). Jika Anda terus mengkonsumsi kafein setelah berhasil hamil, ada resiko Anda akan mengalami keguguran.
Jadi idealnya, seorang wanita yang ingin cepat hamil mengurangi konsumsi kafein selama dalam program hamil.


Pengaruh Kafein Terhadap Kesuburan Pria

Kegagalan program hamil tidak selalu karena "kesalahan" pihak wanita. Berikut adalah beberapa pengaruh kafein terhadap kesuburan pria:
  • Kafein mempengaruhi kadar insulin dalam tubuh. Peningkatan kadar insulin dapat menyebabkan penurunan jumlah sperma pada pria.
  • Bila dilihat dalam jangka panjang, kafein dapat mengurangi motilitas sperma sehingga membuat sperma lebih sulit untuk membuahi sel telur.
  • Konsumsi kafein secara berlebihan meningkatkan resiko kerusakan genetik pada sperma. Hal ini menyebabkan kerusakan DNA dan anak bisa lahir cacat.
Jadi, pasangan pria juga harus berhati-hati dalam mengkonsumsi kafein demi kesuksesan program hamil istrinya.


Makanan Dan Minuman Yang Mengandung Kafein

Jika Anda berpikir bahwa hanya teh dan kopi saja yang mengandung kafein, Anda salah.

Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang juga mengandung kafein:
  1. Cokelat
  2. Minuman energi
  3. Minuman ringan (soft drink/soda)
  4. Beberapa jenis es krim
Ternyata ada beberapa jenis produk herbal dan obat bebas yang juga mengandung kafein. Kami anjurkan untuk selalu membaca label pada kemasan sebelum membeli produk-produk kemasan.


Dosis Aman Konsumsi Kafein

Mungkin sulit untuk secara drastis mengurangi konsumsi kafein Anda, tetapi Anda bisa mengurangi sedikit demi sedikit sampai batas aman.

Bagi wanita, dosis kafein tidak boleh melebihi 150 mg dalam sehari, sedangkan untuk pria harus dibatasi sampai 250 gm. Konsultasikan dengan dokter kandungan terbaik untuk masalah ini.

Kalau Anda dan pasangan Anda membutuhkan panduan lengkap strategi cepat hamil dan cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.