Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Pengaruh Gula Bagi Kesuburan Wanita dan Pria

Efek buruk gula terhadap kesuburan pria, wanita dan ancamannya terhadap kesuksesan program hamil Anda - 

Benarkan gula dapat membahayakan kesuburan?

Benar.

Mengkonsumsi gula secara terus-menerus dapat menyebabkan kemandulan, atau memperburuk masalah kesuburan yang sudah ada.

Terutama pada saat libur, kita dibombardir dengan makanan kecil yang banyak mengandung gula. Kue, permen dll.

Jika Anda sedang dalam program hamil, mungkin sebaiknya Anda menghindari gula, terutama gula putih, dan mulai mencari alternatif lain.

Gula-gulaan yang harus dihindari antara lain gula putih, tepung putih, permen, sirup, nasi putih, minuman soda maupun beralkohol.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG

Pengaruh Gula Bagi Kesuburan Wanita dan Pria

Masalah Kesuburan Yang Dapat Terjadi Akibat Konsumsi Gula

Ada beberapa gangguan kesuburan yang bisa terjadi akibat konsumsi gula secara berlebihan, diantaranya adalah:

1. Gangguan hormonal

Makanan yang mengandung gula dipecah dengan cepat oleh tubuh sehingga secara drastis meningkatkan kadar insulin dalam tubuh kita.

Laku apa pengaruh hal tersebut terhadap kadar hormon?

Ketika kita mengkonsumsi gula, kadar gula dalam tubuh melonjak dan berlangsung selama sekitar 15-30 menit. Setelah itu, kadar gula dalam tubuh akan menurun, meninggalkan tubuh kita yang terkuras dan kelelahan.

Penurunan kadar gula ini memberi sinyal kelenjar adrenal untuk melepaskan hormon kortisol dan hormon adrenalin dalam upaya untuk mengisi kekurangan kadar gula. Stimulasi kelenjar adrenal secara terus menerus untuk melepaskan kortisol dan adrenalin akan melemahkan kelenjar adrenal. Hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

Semua ini mempengaruhi tingkat hormon estrogen, progesteron dan androgen DHEA serta testosteron. Ini berlaku untuk pria dan wanita.


2. Resistensi Insulin

Pankreas memproduksi insulin untuk mengubah gula dalam darah kita menjadi energi.

Pada saat kita mengkonsumsi makanan manis, tubuh kita memberi sinyal agar pankreas melepaskan lebih banyak dan lebih banyak lagu insulin. Seiring waktu, pelepasan insulin yang terlalu banyak dapat membuat tubuh kita resisten terhadap insulin.

Resistensi insulin akan mengganggu ovulasi yang normal dan bahkan bisa mencegah terjadinya ovulasi sama sekali, atau menghambat proses pematangan sel telur.

Resistensi insulin juga dapat mengganggu kemampuan sel telur untuk menanamkan diri Iimplantasi) di dalam rahim setelah pembuahan.
Wanita yang menderita resistensi insulin beresiko 4-5 kali lebih besar untuk mengalami keguguran. Resistensi insulin merupakan faktor utama bagi sebagian besar wanita yang menderita PCOS.


3. Infeksi ragi

Walaupun infeksi jamur mungkin tidak secara langsung menyebabkan kemandulan, tapi hal tersebut dapat menghambat kemampuan sperma mencapai sel telur. Infeksi jamur pada vagina membuat hampir tidak mungkin untuk melakukan hubungan seksual.


4. PMS

Terlalu banyak konsumsi gula dapat menyebabkan hipoglikemia. Hipoglikemia berkontribusi terhadap PMS, atau membuat gejala PMS Anda menjadi lebih parah.


5. Menurunkan Imunitas

Penelitian telah menunjukkan bahwa 1 sendok makan gula dapat menurunkan kekebalan tubuh Anda hingga 4 jam pada satu rentang waktu.
Tidak heran kita sangat mudah sakit di musim liburan (pada saat banyak kue dan makanan manis lainnya) dan butuh lebih banyak waktu untuk sembuh dari penyakit tersebut.

Menurunnya kekebalan tubuh berarti bahwa kita lebih rentan terhadap semua jenis infeksi, termasuk infeksi jamur, vaginosis bakteri dan penyakit menular seksual, yang semuanya sangat mempengaruhi kesuburan Anda dan berbahaya bagi kesuksesan program hamil Anda.


6. Kekurangan Vitamin dan Mineral

Karena terus-menerus melepaskan insulin dan kortisol, tubuh kita akan menghabiskan cadangan vitamin dan mineralnya. Vitamin dan mineral yang sering habis adalah vitamin B, terutama B6, vitamin E, magnesium dan tembaga.

Menurunnya kadar vitamin E beresiko terhadap keguguran.



5 Tips untuk Menghindari Gula

Lalu bagaimana kita bisa menghindari efek buruk gula tersebut? Simak beberapa tips berikut ini:

1. Gunakan alternatif pengganti gula apabila memungkinkan

Coba resep baru menggunakan salah satu pengganti gula alami, seperti madu. Dengan cara itu, Anda akan tahu bahwa Anda setidaknya punya pilihan pemanis lain yang sehat.


2. Gunakan biji-bijian, hindari tepung putih

Ini berarti membatasi konsumsi tepung putih. Pilih tepung gandum sebagai pengganti. Seperti gandum, bayam, gandum, quinoa atau millet.


3. Hindari minuman soda dan beralkohol

Gantilah dengan secangkir teh herbal.


4. Pilihlah buah segar atau makanan tinggi protein, bukan permen!

Ketika Anda ingin ngemil, pilihlah makanan ringan tinggi protein. Pilihlah kacang daripada permen.


5. Minum 1 gelas jus segar setiap hari

Sebelum pergi ke sebuah pesta reuni atau ngumpul-ngumpul, pastikan Anda minum segelas jus buah segar. Jus atay smoothie akan mengekang keinginan untuk makan makanan manis dan juga penuh gizi!

Jika Anda terlanjur "tergelincir" dan sempat makan beberapa potong kue manis, setidaknya dengan meminum segelas jus buah segar Anda menggantinya dengan banyak nutrisi penting.

Baca artikel kami tentang 10 Makanan Terbaik Untuk Kesuburan dan Program Hamil Anda. Pastikan Anda mempersiapkan tubuh Anda dengan baik agar bisa segera hamil dengan sehat.

Kalau Anda dan pasangan Anda membutuhkan panduan lengkap strategi cepat hamil dan cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.