Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Meningkatkan Kesehatan Sel Telur Dengan Makanan Bervitamin

10 jenis makanan tertentu bervitamin khusus untuk meningkatkan kesehatan sel telur -

Jika Anda sedang dalam program hamil, Anda harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan terutama bermanfaat untuk kesuburan Anda.

Gaya hidup sehat dapat meningkatkan peluang Anda untuk hamil dan melindungi kesuburan Anda. Anda harus makan menu yang terdiri dari buah-buahan dan sayuran segar serta mengurangi asupan makanan yang bisa mengurangi kesuburan, seperti alkohol dan junk food.

Makanan sehat juga bisa lezat.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Meningkatkan Kesehatan Sel Telur Dengan Makanan Bervitamin

10 makanan lezat yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sel telur wanita


1. Alpukat

Buah ini sering disebut-sebut sebagai "buah super". Alpukat dapat membantu meningkatkan kesehatan sel telur berkat kandungan lemaknya yang tinggi.

Anda mungkin sudah tahu bahwa ada lemak baik dan lemak jahat di luar sana. Alpukat mengandung lemak baik dalam jumlah yang besar. Penelitian menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi lemak baik, seperti yang terkandung dalam alpukat, akan memproduksi sel telur yang sehat.

Alpukat juga dikenal sebagai gudangnya nutrisi penting. Buah ini mengandung mineral, vitamin, lemak esensial, protein, karbohidrat dan serat dalam jumlah yang memadai.

Alpukat juga mengandung vitamin E dalam jumlah besar. Vitamin E bermanfaat untuk memperbaiki lapisan endometrium (lapisan pada rahim) selain juga dapat berperan dalam proses implantasi embrio.

Alpukat juga merupakan sumber folat yang sangat baik sehingga menjadikan alpukat sebagai makanan yang penting bagi kesuburan wanita yang ingin hamil maupun wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Wanita yang sedang hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi asam folat dalam jumlah yang memadai untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

Alpukat sangat lezat dibuat salad, sandwich, roti bakar dan sup.

Baca disini tentang Pentingnya Asam Folat Dalam Program Hamil.


2. Kacang

Zat besi sangat penting untuk kesehatan sel telur, dan kekurangan zat besi dapat menyebabkan anovulasi (tidak terjadi ovulasi).

Kacang dan lentil adalah sumber zat besi, vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan kesuburan. Anda harus mengkonsumsi setidaknya satu porsi kacang setiap hari. Kacang bisa ditambahkan ke salad, dibuat sambal atau dimakan dengan nasi.


3. Kacang Brazil

Makanan ini mengandung selenium dalam jumlah besar. Selenium adalah mineral yang membantu mencegah kerusakan kromosom pada telur.

Selenium merupakan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas sehingga bermanfaat untuk memproduksi sel telur yang lebih sehat. Kacang Brazil bisa dimakan sebagai camilan. Makanan ini juga dapat dicincang dan ditambahkan dalam salad.


4. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari mengandung zinc yang tinggi dan sangat membantu dalam produksi hormon yang bertanggung jawab untuk memproduksi sel telur yang sehat.

Biji wijen juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang penting untuk produksi telur. Selalu siapkan stoples berisi campuran biji-bijian dan kacang-kacangan di meja Anda.

Biji wijen bisa dikonsumsi sebagai topping salad, atau ditaburkan di atas lasagna.


5. Buah berry

Semua jenis buah berry mengandung antioksidan kuat yang dapat membantu untuk melindungi sel telur dari radikal bebas, sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel telur. Buah berry sering digambarkan sebagai makanan super yang dikonsumsi untuk membantu melindungi kesehatan terhadap sejumlah kondisi.

Karena sifat antioksidannya yang sangat baik, buah-buahan berry akan melindungi tubuh Anda dari kerusakan dan penuaan sel, termasuk sel reproduksi Anda (sel telur).

Kami yakin Anda menyukai strawberry, bukan?

Para ahli merekomendasikan makan buah berry setidaknya tiga porsi setiap minggu. Berry dapat ditambahkan ke smoothies dan salad buah.


6. Sayuran berdaun hijau

Kangkung, bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya tinggi akan kandungan mangan, asam folat, zat besi, kalsium dan vitamin A. Sayuran-sayuran berdaun hijau mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda untuk bisa berfungsi dengan baik.

Pastikan Anda makan dua porsi sayuran berdaun hijau setiap hari.


7. Jahe

Jahe adalah makanan anti-inflamasi yang terbukti bisa meningkatkan sirkulasi, membuat pencernaan lebih sehat dan mengurangi peradangan, sehingga bermanfaat untuk memperbaiki kesehatan sel telur dengan cara membantu tubuh mencegah penyakit yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi.

Jahe membantu meringankan berbagai penyakit, mempromosikan siklus menstruasi yang sehat dan mengurangi peradangan pada organ reproduksi.

Ada banyak cara untuk memasukkan jahe dalam menu Anda. Jahe juga bisa dikonsumsi bersama teh.


8. Maca

Herbal ini mengandung 31 mineral yang berbeda dan 60 fitonutrien yang berbeda pula. Telah digunakan oleh suku-suku di Andes selama ratusan tahun, maca kini populer di seluruh dunia.

Maca diyakini dapat meningkatkan kesehatan sperma dan sel telur, meningkatkan libido dan membantu keseimbangan hormon. Maca dapat dibeli dalam bentuk bubuk atau dalam bentuk kapsul. Bubuk maca dapat ditambahkan ke smoothie.


9. Kayu manis

Rempah-rempah ini dapat meningkatkan fungsi ovarium dan mendorong produksi sel telur yang sehat dengan memperbaiki resistensi insulin.

Wanita yang menderita sindrom ovarium polikistik (PCOS) khususnya disarankan untuk menambahkan kayu manis dalam menu makanan sehari-hari mereka.

Kayu manis bisa ditambahkan ke kari, bubur, sereal atau dimakan dengan roti bakar.


10. Air

Ini bukan makanan, namun mengkonsumsi air yang cukup sama pentingnya dengan memakan makanan bervitamin lainnya bagi kesehatan sel telur wanita.

Anda harus minum setidaknya delapan 8 gelas air sehari, terutama ketika Anda sedang dalam program hamil. Hindari air dari botol plastik karena beberapa bahan kimia yang digunakan dalam plastik tersebut dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

Kalau Anda dan pasangan Anda membutuhkan panduan lengkap strategi cepat hamil dan cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.