Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Manfaat Vitamin C Untuk Meningkatkan Kesuburan

Manfaat vitamin C untuk meningkatkan kesuburan dalam menunjang kesuksesan program hamil Anda -

Vitamin C telah terbukti, melalui beberapa penelitian, memainkan peran sangat penting dalam mendongkrak kesuburan, mengatur keseimbangan hormon, menjaga kesehatan sperma dan meningkatkan kekebalan tubuh serta menunjang kehamilan yang sehat.

Jika Anda dalam program hamil, pelajarilah bagaimana vitamin C dapat meningkatkan peluang Anda untuk bisa cepat hamil.

Suplemen vitamin C dapat meningkatkan kesuburan Anda dan memperbesar peluang Anda untuk berhasil hamil dalam waktu 2 bulan.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.


Vitamin C meningkatkan kualitas dan melindungi sperma pria

Vitamin C sangat penting untuk meningkatkan kualitas sperma dan melindungi sperma dari kerusakan DNA, sehingga membantu mengurangi risiko keguguran dan cacat kromosom.

Vitamin C melindungi sperma dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.

Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin C menyebabkan rendahnya jumlah sperma serta buruknya motilitas dan morfologi sperma. Vitamin C diperlukan untuk tidak hanya menjamin sperma yang sehat, tetapi juga membantu sperma dalam menempuh perjalanan panjang menuju sel telur.

Satu penelitian menunjukkan peningkatan kesehatan sperma yang signifikan pada pria yang sebelumnya gagal dalam treatment kesuburan.

Para peneliti menemukan bahwa, hanya 2 bulan setelah suplementasi vitamin C dan vitamin E dengan baik, mampu menurunkan risiko kerusakan DNA pada sperma dan meningkatkan peluang implantasi embrio pada rahim.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1991 menunjukkan bahwa asam askorbat (salah satu bentuk vitamin C) terdapat pada tingkat yang jauh lebih tinggi di dalam cairan mani dibandingkan dengan cairan lainnya dalam tubuh manusia, termasuk darah.
Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pada pria yang sehat, penurunan kadar vitamin C dapat merusak kesehatan sperma.
Ketika asupan vitamin C berkurang dari 250mg hanya menjadi  5mg sehari, kadar asam askorbat pada cairan mani pria berkurang 50%, dan jumlah sperma yang menderita kerusakan DNA meningkat sebesar 91%.

Hasil tersebut menunjukkan pentingnya asupan vitamin C dalam mencegah kemandulan pada pria.

Itu belum semua, suplemen vitamin C juga telah terbukti dapat meningkatkan kualitas sperma pada perokok dan mengurangi aglutinasi sperma (sperma mengumpul dan menggumpal), sehingga membuat sperma lebih lincah.


Vitamin C berperan penting dalam proses ovulasi dan meningkatkan kesehatan sel telur

Para peneliti telah menunjukkan bahwa asam askorbat berperan penting dalam regulasi siklus menstruasi dan fungsi ovarium. Ekskresi asam askorbat meningkat dan menurun segera sebelum ovulasi, dan kemudian segera naik kembali ketika suhu tubuh naik pasca-ovulasi.

Para peneliti berspekulasi, hal ini mencerminkan adanya penyerapan asam askorbat dalam ovarium sesaat sebelum ovulasi, yang kemudian membantu terjadinya ovulasi yang tepat.

Tingginya kadar asam askorbat yang terkandung dalam ovarium berpengaruh terhadap proses sintesis kolagen, yang mana diperlukan untuk pertumbuhan folikel dan corpus luteum, serta perbaikan ovarium pasca-ovulasi.

Apabila proses ini bermasalah, maka berisiko pada berkembangnya kista ovarium.


Manfaat Vitamin C untuk mengatasi masalah kesuburan lainnya

Vitamin C mengurangi perdarahan berat saat menstruasi

Suplemen vitamin C telah terbukti membantu mengurangi perdarahan menstruasi berat dengan meningkatkan kekuatan kapiler. Suatu studi menunjukkan bahwa perdarahan menstruasi berat berkurang hingga 87% pada wanita yang secara teratur mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi. Vitamin C sangat penting untuk penyerapan zat besi sehingga membantu mencegah anemia yang disebabkan kekurangan akibat perdarahan menstruasi berat.

Dosis terapi vitamin C yang disarankan untuk mengurangi perdarahan menstruasi berat adalah  2000-4000mg per-hari.


Vitamin C membantu mengatasi masalah endometriosis dan fibroid rahim

Studi menunjukkan bahwa vitamin C meningkatkan kekebalan sel tubuh dan mengatasi kelelahan. Hal ini dapat membantu menghambat penyebaran dan pertumbuhan endometriosis dan fibroid rahim. Vitamin C meningkatkan imunitas, memperkuat kapiler dan dapat menghambat pertumbuhan tumor, yang semuanya merupakan aspek penting untuk manajemen kesehatan dalam kondisi seperti ini.


Vitamin C sangat vital untuk menunjang kehamilan yang sehat

Suplemen vitamin C, sebagai tambahan bagi menu makanan sehari-hari, telah terbukti mengurangi resiko pre-eklampsia dan resiko ketuban pecah lebih dini pada kehamilan.

Sejumlah besar asam askorbat digunakan oleh tubuh wanita selama pembuahan dan diperlukan juga untuk pembentukan serta kesehatan membran janin. Penelitian menunjukkan suplementasi vitamin C juga dapat membantu mencegah cacat lahir.



Cara mencukupi asupan vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi yang sensitif terhadap pengolahan dengan cara dimasak dan paparan udara, sehingga sebaiknya diasup dari makanan segar dengan pengolahan sesedikit mungkin.

Tahukah Anda bahwa segera setelah sebuah makanan dipotong, makanan tersebut akan mulai kehilangan kandungan vitamin C-nya?

Makanlah makanan yang kaya kandungan vitamin C-nya secepat mungkin untuk memastikan Anda mengasup vitamin C dalam jumlah yang optimal. Penelitian menunjukkan bahwa:
  • Irisan mentimun yang tetap dibiarkan selama 3 jam, kehilangan 41-49% kadar vitamin C-nya.
  • Irisan melon yang dibiarkan dalam lemari es, kehilangan 35% dari kandungan vitamin C-nya dalam waktu kurang dari 24 jam.
Vitamin C adalah antioksidan. Antioksidan bekerja bagaikan sistem pertahanan, memberantas radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak struktur sel.



Makanan yang kaya akan vitamin C (dan harus dimakan mentah) antara lain:

Selain mengkonsumsi makanan mentah yang kaya vitamin C, pertimbangkanlah untuk mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C seperti misalnya suplemen antioksidan dan multivitamin.

Dosis harian suplemen vitamin C yang disarankan: 500mg sehari selain menu makanan sehat sehari-hari.

Kalau Anda dan pasangan Anda membutuhkan panduan lengkap strategi cepat hamil dan cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.