Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

3 Manfaat Utama Minyak Zaitun Untuk Bayi

Beberapa khasiat utama minyak zaitun untuk bayi -

Hai Ibu, apa kabar? Semoga Anda dan adek bayi sehat-sehat saja...

Anda mungkin telah mendengar banyak rekomendasi tentang minyak zaitun. Jangan heran jika Anda bisa menemukan ekstrak minyak zaitun dalam produk-produk seperti pelembab, krim, kondisioner dan bahkan pewarna bibir.

Minyak zaitun adalah minyak terbaik untuk kesehatan jantung apabila digunakan sebagai minyak untuk menggoreng atau memasak.

Nah, ternyata kandungan antioksidan yang terdapat dalam minyak ini sangat baik sehingga digunakan juga untuk industri kosmetik. Bisakah Anda menggunakan minyak zaitun sebagai minyak pijat untuk bayi?

Ya, bisa. Minyak zaitun aman untuk bayi dan anak-anak.


Manfaat Utama Minyak Zaitun Untuk Bayi


Ada apa dengan minyak zaitun?

Minyak zaitun mengandung nutrisi penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Ibu yang mengkonsumsi minyak zaitun dalam jumlah sedang selama masa kehamilan, cenderung memiliki anak dengan refleks motorik serta kualitas fisik lainnya yang baik (tinggi badan, berat badan dll).

Konsumsi minyak zaitun selama menyusui juga membantu menjaga pasokan nutrisi penting yang dibutuhkan  bayi Anda.


Apakah minyak zaitun membuat kulit bayi menjadi gelap?

Sangat dianjurkan agar Anda mengetahui cara memijat bayi dengan benar karena akan membantu keaktifan bayi Anda. Memijat bayi juga meningkatkan kesehatan tulang dan otot serta mengembangkan keterampilan motorik bayi.

Tapi penelitian telah menunjukkan bahwa minyak zaitun bukanlah pilihan yang bagus untuk bayi yang memiliki kulit kering, dan apabila digunakan berlebihan dapat membuat kulit bayi Anda menjadi gelap.

Mereka yang memiliki riwayat eksim dalam keluarga juga harus menghindari memijat bayi dengan minyak zaitun.


Manfaat minyak zaitun untuk bayi

Minyak zaitun juga diketahui mengandung asam lemak yang disebut asam oleat, sehingga membuat kulit menjadi lembut dan lentur; tetapi disamping itu, minyak zaitun juga dapat meningkatkan kelembaban, yang bisa berbahaya bagi bayi Anda jika dia menderita masalah kulit seperti eksim.

Penting untuk diingat bahwa kulit bayi lebih halus dan lebih tipis dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Itulah sebabnya, sangat penting untuk memilih minyak zaitun yang baik untuk kulit bayi.

1. Minyak zaitun untuk mengatasi sembelit

Minyak zaitun sangat baik untuk menyembuhkan sembelit
  • Sistem pencernaan bayi masih belum sempurna dan masih sangat sensitif terhadap perubahan menu makanan. Oleh karena itu, tidak normal bagi bayi Anda jika ia mengalami sembelit atau diare setiap beberapa minggu. Minyak zaitun dapat berfungsi sebagai stimulan pencernaan, yang mengatur perut dan membantu meringankan sembelit secara alami. Orang dewasa bisa juga menggunakan minyak zaitun sebagai suplemen untuk memperbaiki kinerja usus.

  • Jika Anda memberikan susu formula untuk bayi Anda, ada kemungkinan ia bisa menderita sembelit. Dan jika itu terjadi, gunakanlah minyak zaitun untuk mengatasinya. Susu formula lebih sulit dicerna dibandingkan ASI, itulah sebabnya bayi bisa menderita sembelit. Juga, jika Anda sedang  memperkenalkan makanan padat untuk bayi Anda untuk pertama kalinya, ia mungkin akan mengalami masalah pencernaan pada awalnya.

  • Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

2. Minyak zaitun untuk masalah kulit

Biasanya memijat bayi dengan menggunakan minyak zaitun bukanlah pilihan yang baik, tetapi sebenarnya dalam beberapa kasus, penggunaan minyak zaitun bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mengatasi beberapa masalah kulit.
  • Ruam popok: Minyak zaitun adalah salah satu solusi alami terbaik untuk mengatasi ruam popok dan beberapa masalah kulit lainnya. Campurkan 2 bagian minyak zaitun dan 1 bagian air kemudian oleskan pada kulit bayi yang menderita ruam popok.

  • Kutu rambut: Minyak zaitun bisa mengatasi kutu rambut. 

3. Manfaat lain minyak zaitun

Selain beberapa manfaat diatas, minyak zaitun juga dipercaya dapat membantu dalam menangani berbagai kondisi kesehatan lainnya.
  • Minyak zaitun memiliki komposisi asam lemak yang cukup mirip dengan ASI.

  • Banyak penelitian juga mengungkapkan bahwa minyak zaitun memiliki dampak positif pada pertumbuhan bayi dan dapat membantu perkembangan tulang dan otot.

  • Kandungan vitamin E pada minyak zaitun dapat membantu ibu melalui masa kehamilan dan persalinan dengan lebih ringan.

  • Konsumsi minyak zaitun bisa melindungi bayi Anda terhadap kondisi seperti hiperkolesterolemia dan aterosklerosis

  • Minyak zaitun dipercaya dapat membantu mencegah gagal ginjal dan pankreas pada bayi prematur.
Meskipun minyak zaitun adalah minyak yang alami dan bertekstur lembut, tapi bisa saja memiliki reaksi yang berbeda pada masing-masing orang.

Oleh karena itu, jangan berlebihan dalam penggunaan minyak zaitun, sebab overdosis minyak zaitun juga bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Kalau Anda suka membaca buku bagus, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Perawatan Bayi.

Semoga adek bayi sehat-sehat saja!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.