Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

5 Manfaat Spirulina Untuk Kesuburan dan Kesehatan

Beragam manfaat spirulina untuk meningkatkan kesuburan dan kesehatan -

Spirulina adalah salah satu sumber makanan terbaik untuk mendukung kesuburan dan program hamil Anda karena kandungan zat gizinya yang unggul.

Nama ilmiah spirulina adalah cyanobacteria, yaitu sering disebut sebagai ganggang biru-hijau.

Protein dalam spirulina dianggap protein berkualitas tertinggi, unggul dibanding semua protein nabati lainnya, termasuk dari keluarga kacang-kacangan (kacang, kacang polong, kedelai, dll).
Spirulina juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Spirulina merupakan sumber makanan yang sangat bergizi, yang telah terbukti sangat baik untuk meningkatkan kesuburan dan membantu program kehamilan.

Manfaat Spirulina Untuk Kesuburan dan Kesehatan

Beberapa penelitian pada tikus telah menunjukkan tidak ada efek samping pada tikus hamil yang diberi makan spirulina setiap hari dengan dosis yang tepat.
Dosis yang berlebihan terbukti membawa beberapa efek samping terhadap tikus dan anjing.
Penelitian ini membuktikan, penting untuk mengkonsumsi spirulina sebagai makanan dalam dosis yang terukur, tidak berlebihan. Lebih banyak bukan berarti lebih baik!

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG.


Manfaat Spirulina Untuk Kesuburan

Spirulina memiliki tingkat konversi fotosintesis dari 8 sampai 10 persen, sangat tinggi jika dibandingkan dengan tanaman yang tumbuh di tanah (seperti kedelai) yang hanya 3 persen.

Selain itu, spirulina adalah salah satu dari sedikit tanaman yang menjadi sumber vitamin B12, vitamin yang biasanya hanya ditemukan pada sumber makanan hewani. Satu sendok teh spirulina mampu memasok hingga 2,5 kali dosis harian vitamin B12 yang direkomendasikan.

Vitamin B12 yang terkandung dalam spirulina lebih dari dua kali jumlah vitamin yang sama yang terkandung pada hati.

Spirulina juga mengandung nutrisi lainnya dalam konsentrasi tinggi, yaitu asam amino, mineral, pigmentasi, gula kompleks, trace elemen dan enzim dalam bentuk yang mudah dicerna.

Berikut ini adalah daftar 5 manfaat utama spirulina untuk meningkatkan kesuburan dan kesehatan:

1. Spirulina Adalah Sumber Protein Yang Lengkap

Spirulina adalah sumber protein yang lengkap, karena mengandung semua asam amino yang diperlukan untuk memenuhi syarat sebagai sumber protein yang lengkap.

Kandungan protein spirulina adalah 50-70% dari total berat keringnya. Ada variasi dalam persentase tergantung pada waktu panen. Ternyata kandungan protein spirulina lebih banyak apabila dipanen di awal hari.


2. Spirulina Mengandung Berbagai Macam Vitamin dan Mineral

Menu makanan sangat penting bagi kesuburan. Spirulina mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Spirulina adalah sumber makanan yang tepat untuk meningkatkan asupan gizi Anda setiap hari!
Vitamin yang terkandung dalam spirulina: A, D, E, K, Thiamin, Riboflavin, Niacin, B6, B12, asam folat dan asam pantotenat.

Mineral yang terkandung dalam spirulina: Kalium, kalsium, seng, magnesium, mangan, selenium, zat besi, tembaga, dan fosfor.

Karena spirulina tumbuh di air tawar, maka kandungan sodium pada spirulina relatif rendah.


3. Kandungan Antioksidan Spirulina Meningkatkan Kesehatan Telur dan Sperma Serta Mencegah Pre-Eklampsia

Banyak vitamin dan mineral dalam spirulina merupakan antixoidant, yang telah terbukti melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kerusakan oksidatif akibat radikal bebas telah terbukti berkontribusi terhadap masalah kesuburan seperti telur yang rusak dan buruknya kesehatan sperma, serta secara keseluruhan menurunkan kekebalan tubuh.

Para peneliti di Meksiko menunjukkan bahwa spirulina dapat membantu dalam mengobati wanita yang menderita pre-eklampsia. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa pre-eklamsia dikaitkan dengan meningkatknya tekanan oksidatif, baik di plasenta maupun di sistem vaskular wanita.

Oksidase NADPH telah terbukti menjadi penyebab utama terjadinya tekanan oksidatif yang berhubungan dengan pre-eklampsia. Zat phycocyanobilin (PCB) yang terkandung dalam spirulina telah terbukti menghambat NADPH. Hal ini dapat membantu untuk melindungi ibu dan anak dari preeklamsia.

Penyebab utama preeklampsia adalah asupan gizi buruk.

Baca selengkapnya tentang Preeklampsia dan Bahayanya.


4. Kandungan Asam Lemak Esensial Pada Spirulina

Spirulina mengandung asam lemak esensial dalam bentuk asam linolenat, asam linoleat dan asam arakidonat. Kandungan asam lemak tersebut membantu dalam fungsi protaglandin yang diperlukan untuk keseimbangan hormon dan regulasi tekanan darah (juga sangat penting untuk kehamilan).


5. Rendah Kandungan Pati dan Gula

Spirulina hanya mengandung sekitar 10-15% kandungan karbohidrat. Konsumsi spirulina tidak mengubah kadar insulin, yang membuatnya aman bagi penderita masalah kemandulan akibat diabetes.


Dari manakah Spirulina Berasal?

Spirulina alami tumbuh di air danau alkali di daerah yang hangat. Sekarang spirulina sudah banyak juga dibudidayakan di lingkungan terkontrol.

Ukuran spirulina kecil, hanya sekitar 0.1mm. Karena pertumbuhannya yang cepat, sehingga membuatnya menjadi tanaman pangan yang berkelanjutan.

Spirulina adalah sumber makanan yang bersih.


Dosis Harian Spirulina Yang Disarankan

Konsumsi spirulina sebanyak 3000 mg sehari dianggap aman.
Ada banyak produk spirulina di pasar, tapi bagi Anda yang sedang menjalani program hamil, selalu kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memilih produk spirulina.
Jangan melebihi dosis yang disarankan untuk produk apapun yang Anda konsumsi, termasuk spirulina.

Kalau Anda dan pasangan Anda membutuhkan panduan lengkap strategi cepat hamil dan cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu! Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.