Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

11 Manfaat Jambu Biji Untuk Ibu Hamil

Manfaat dan Risiko Buah Jambu Biji (Guava) Untuk Ibu Hamil -

Hai Ibu, apa kabar? Semoga Anda dan bayi Anda baik-baik saja...

Banyak dokter kandungan yang menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi jambu biji atau guava karena sangat bermanfaat untuk kehamilan.

Buah ini mengandung nutrisi yang tepat, vitamin dan mineral yang merupakan aspek penting untuk kesehatan ibu dan pertumbuhan bayi yang dikandungnya.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Manfaat Jambu Biji Untuk Ibu Hamil


Nilai Gizi Jambu Biji (Guava)

1. Sumber Vitamin

Jambu biji merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin C, A, B2, dan E. Juga mengandung tembaga, kalsium, tiamin, kalium, mangan dan fosfor. Bahkan, diyakini bahwa vitamin A dan vitamin C dalam jambu biji lebih banyak dibanding jeruk dan lemon.


2. Sumber askorbat dan asam folat

Salah satu manfaat terbaik dari jambu biji adalah bahwa buah ini kaya akan asam askorbat. Nutrisi lain yang terdapat dalam buah ini seperti asam folat dan vitamin B-9 sangat baik untuk sistem peredaran darah yang sehat. Asupan asam folat juga membantu bayi Anda dari risiko gangguan saraf, penyakit jantung dan mengatur pengembangan sistem saraf.

Baca lebih jauh mengenai Manfaat Asam Folat Untuk Ibu Hamil


3. Sumber lycopene

Jambu biji juga mengandung lycopene, yaitu semacam pigmen yang membuat jambu biji memiliki warna hijau yang khas. Lycopene mengurangi risiko pertumbuhan kanker di dalam dan sekitar mulut Anda.



Manfaat Jambu Biji Selama Kehamilan

Berikut adalah manfaat kesehatan dari makan jambu biji selama sembilan bulan masa kehamilan.

1. Menjaga Kadar Gula Darah

Konsumsi jambu biji selama kehamilan menjaga kadar gula darah terkendali, sehingga menu jambu biji Anda akan memainkan peran penting dalam pencegahan diabetes gestasional pada wanita hamil.


2. Menyeimbangkan Tekanan Darah

Jambu biji membantu menjaga tingkat tekanan darah Anda terkendali. Selama kehamilan, menjaga kestabilan tekanan darah sangat penting untuk menghindari kelahiran prematur dan keguguran.


3. Mengendalikan Kolesterol Darah

Kandungan serat pada jambu biji sangat membantu mengontrol kadar kolesterol darah dalam tubuh Anda, yang merupakan faktor utama yang terkait dengan beragam penyakit kardiovaskular.


4. Mengandung Zat Besi

Kandungan zat besi pada jambu biji dapat mengurangi risiko anemia selama kehamilan. Terlebih lagi, jambu biji juga mengandung nutrisi penting tertentu yang membantu menjaga kadar hemoglobin dalam tubuh Anda.


5. Membantu Mengurangi Sembelit Dan Wasir

Jambu biji adalah sumber makanan yang kaya serat, yang sangat membantu mengatasi keluhan yang umum dihadapi ibu hamil, seperti wasir dan sembelit..


6. Relaksasi Otot dan Saraf

Jambu biji merupakan sumber yang kaya magnesium, yang dapat membantu relaksasi otot dan saraf dalam tubuh Anda selama kehamilan.


7. Mencegah Infeksi

Jambu biji merupakan sumber yang kaya akan polifenol, karotenoid, isoflavanoids, vitamin E dan vitamin C yang dikenal karena sifat antioksidannya. Antioksidan yang baik membantu memerangi kerusakan akibat radikal bebas pada tubuh Anda dan membantu mencegah infeksi selama kehamilan.


8. Mencegah Cacat Tabung Saraf

Jambu biji membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi baru lahir karena mengandung asam folat.


9. Sumber Kalsium

Jambu biji juga merupakan sumber alami kalsium yang baik untuk Anda, yang sangat penting untuk tulang Anda dan bayi Anda.


10. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Kandungan asam folat jambu biji membantu tubuh Anda meningkatkan produksi sel darah merah, yang dengan demikian membantu meningkatkan fungsi sistem saraf, terutama otak, dan juga mencegah anemia.


11. Membantu Perkembangan Janin

Kandungan Vitamin B9 pada jambu biji adalah salah satu fakto pendukung perkembangan sistem saraf bayi Anda.



Sisi Negatif Jambu Biji

Beberapa sisi negatif dari mengkonsumsi jambu biji secara berlebihan, adalah:
  • Karena jambu biji kaya akan serat, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan diare.
  • Konsumsi jambu biji mentah atau setengah matang selama kehamilan harus dihindari, karena dapat menyebabkan sakit gigi.
  • Penting untuk mencuci jambu biji dengan benar sebelum mengupasnya, terutama selama kehamilan untuk menghindari Listeriosis atau infeksi bakteri.


Tips Dalam Mengkonsumsi Jambu Biji Bagi Ibu Hamil

  • Selama kehamilan, mengkonsumsi jambu biji sangat bermanfaat, tetapi harus dikonsumsi dengan takaran seimbang dan dilengkapi dengan buah-buahan lain dan sayuran.
  • Jambu biji merupakan sumber yodium dan mungkin sumber vitamin C terkaya. Kandungan vitamin C jambu biji meningkat ketika buah jambu biji sudah matang. Daging jambu biji yang berwarna putih lebih bergizi daripada yang merah.
  • Kandungan gizinya yang kaya membuat jambu biji menjadi pilihan buah yang baik untuk ibu hamil, karena dapat mengatasi morning sickness. Makanlah jambu biji ketika Anda mulai merasa mual.
  • Jambu biji tidak hanya bagus untuk wanita hamil, buah ini juga membantu orang yang menderita diabetes dan juga bermanfaat besar untuk perawatan kulit, penurunan berat badan dan perawatan rambut.
Kalau Anda membutuhkan panduan lengkap perawatan ibu hamil dan kesehatan janin di dalam kandungan, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.