Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Manfaat dan Efek Samping Teh Hijau Dalam Program Hamil

Khasiat dan efek samping konsumsi teh hijau bagi kesuburan dan progam hamil Anda -

Hai Ibu, apa kabar? Semoga Anda subur-subur saja...

Anda sedang berusaha untuk hamil dan sudah browsing kesana-kemari mencari-cara cara untuk bisa meningkatkan kesuburan dan hamil secepatnya. Dan mungkin sekarang Anda berpikir bahwa teh hijau bisa membantu Anda, betul begitu?

Baiklah, kita akan bahas mengenai manfaat dan efek samping konsumsi teh hijau terhadap kesuburan dan khasiatnya terhadap program hamil Anda.

Manfaat dan efek samping teh hijau bagi kesuburan dan kehamilan

Wajar apabila Anda sedikit merasa frustasi jika Anda sudah menjalani program hamil selama beberapa tahun namun masih saja gagal. Melengkapi menu sehari-hari dengan teh hijau adalah ide yang baik, karena teh hijau mungkin bisa membantu Anda untuk sukses hamil.

Teh hijau mengandung antioksidan yang memperbesar peluang Anda untuk cepat hamil, walaupun belum ada bukti klinis bahwa teh hijau dapat meningkatkan kesuburan Anda.

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi satu cangkir atau lebih teh hijau perhari, memiliki peluang dua kali lipat lebih besar untuk bisa berhasil hamil.

Namun menurut beberapa informasi, terlalu banyak konsumsi teh hijau juga kurang dianjurkan, karena dapat meningkatkan risiko cacat tabung.

Zat tannic yang terkandung dalam teh hijau juga diketahui bisa meningkatkan risiko keguguran.

Dengan demikian, berkonsultasilah dengan dokter kandungan untuk mengetahui apakah teh hijau aman untuk Anda. Intinya, segala sesuatu yang berlebihan memang kurang baik.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG.


Manfaat Teh Hijau Untuk Kesuburan

Ada banyak manfaat yang ditawarkan teh hijau untuk wanita yang ingin cepat hamil.

Salah satu faktor utama yang membuat teh hijau sangat baik untuk kesuburan adalah zat polyphenol dan hypoxanthine yang dikandungnya. Kedua bahan utama yang terdapat di dalam teh hijau ini sangat baik bagi kesuburan Anda, sebab membantu meningkatkan persentase embrio sehat.

Polyphenol juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu memerangi racun dari dalam tubuh Anda. Antioksidan berperan memperbaiki dan mengurangi kerusakan oksidatif yang terjadi pada tubuh kita akibat pengaruh lingkungan, makanan, stres fisik dan penuaan dini.

Seiring kesehatan Anda meningkat, kesuburan Anda juga pasti membaik.

Berikut ini ada beberapa penjelasan singkat mengapa teh hijau sangat baik untuk meningkatkan kesuburan Anda:

1. Teh hijau menggandakan peluang Anda untuk hamil

Dengan meminum teh hijau sebanyak setengah cangkir atau lebih, peluang Anda untuk hamil meningkat dua kali lipat. Selain itu, teh hijau membantu proses pematangan sel telur sehingga sel telur Anda jadi lebih subur.

Manfaat teh hijau bukan hanya untuk kesuburan wanita.

Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hijau juga berkhasiat bagi kesuburan pria karena bisamembantu  menyelesaikan masalah seperti rendahnya jumlah sperma atau lemahnya motilitas sperma.

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengapa teh hijau sangat baik bagi kesuburan Anda:


2. Teh hijau membantu mematangkan sel telur dengan benar

Keunggulan teh hijau dibanding teh biasa bukan hanya terletak pada apa yang dikandungnya, tetapi juga apa yang tidak dikandungnya.

Teh biasa mengandung lebih banyak kafein dari teh hijau, sehingga teh hijau adalah pilihan yang lebih baik dibanding teh biasa, sebab kafein membawa efek negatif terhadap kesuburan Anda.

Baca artikel kami mengenai Pengaruh Kafein Terhadap Kesuburan Wanita dan Pria.

Kafein bisa menyebakan sel telur tidak matang dengan sempurna. Sel telur yang tidak matang, tidak bisa dibuahi. Jika tidak terjadi pembuahan, Anda tidak bisa hamil.


3. Teh hijau membantu memproduksi lendir serviks dengan cukup

Banyak wanita modern yang tidak mengasup cukup banyak cairan setiap hari, sehingga tubuh mereka tidak memproduksi lendir serviks dalam jumlah yang memadai.

Lendir serviks membantu perjalanan sperma melalui saluran reproduksi wanita menuju sel telur. Lendir serviks juga melindungi sperma agar bisa bertahan hidup lebih lama sebelum membuahi sel telur.

Di sinilah teh hijau berperan, karena membantu menghidrasi tubuh sehingga tubuh Anda lebih siap untuk memproduksi lendir serviks dalam jumlah yang dibutuhkan untuk mempermudah proses kehamilan.


4. Teh hijau tanpa kafein lebih baik

Walaupun kandungan kafein dalam teh hijau lebih rendah dibanding teh biasa, tapi mungkin Anda masih khawatir kandungan kafeinnya masih bisa membawa efek samping?

Anda bisa mencari teh hijau yang tidak mengandung kafein. Dewasa ini, teh hijau juga tersedia dalam cairan dan kapsul. Keduanya memberi manfaat yang sama.

Secara singkat, inilah manfaat teh hijau bagi kesuburan dan kesehatan Anda:
  1. Teh hijau membantu mematangkan sel telur sehingga membuatnya lebih subur.
  2. Selain meningkatkan kesuburan pada wanita, juga bisa meningkatkan kesuburan pada pria yang bermasalah dengan rendahnya jumlah sperma.
  3. Teh biasa mengandung jumlah kafein yang lebih tinggi dibandingkan dengan teh hijau. Kafein memiliki banyak efek negatif dalam tubuh Anda, terutama ketika Anda sedang dalam program hamil. Studi menunjukkan bahwa terlalu banyak kafein berpengaruh pada kesuburan sel telur. Hal ini tidak terjadi dengan teh hijau.
  4. Tubuh Anda membutuhkan adanya sejenis cairan yang disebut sebagai lendir serviks untuk membantu perjalanan sperma melalui saluran reproduksi Anda untuk mencapai sel telur dan menjaga sperma tetap hidup selama minimal lima hari. Teh hijau akan menjaga Anda tetap terhidrasi dan mempersiapkan tubuh Anda agar bisa hamil dengan mudah.
  5. Teh hijau kaya akan polifenol yang membantu memerangi radikal bebas dalam tubuh Anda. Radikal bebas dapat merusak DNA dan meningkatkan resiko penyakit jantung dan kanker.
  6. Teh hijau membantu melancarkan pencernaan.

Efek samping teh hijau

Meskipun teh hijau memiliki banyak manfaat, namum mengkonsumsi teh hijau dalam dosis tinggi bisa membawa efek samping. Itulah sebabnya kami merekomendasikan Anda untuk mengkonsumsi teh hijau dalam jumlah moderat (sedang).

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa asupan teh hijau yang terlalu banyak bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah. Selain itu, terlalu banyak konsumsi teh hijau juga bisa menyebabkan kelainan morfologi pada organ reproduksi.

Konsumsi teh hijau dalam dosis tinggi dapat menyebabkan kematian sel.

Penelitian lain menunjukkan, senyawa yang terkandung dalam teh hijau apabila dikonsumsi dalam jumlah besar bisa secara dramatis mengurangi berat badan sehingga embrio akan terpengaruh dampak negatifnya.

Secara singkat, inilah beberapa efek samping mengkonsumsi teh hijau dalam jumlah yang berlebihan:
  • Konsumsi terlalu banyak teh hijau dapat mengurangi kandungan asam folat dalam tubuh Anda. Asam folat sangatlah penting untuk mendukung pertumbuhan janin Anda.
  • Jika Anda seorang vegetarian, ingatlah bahwa terlalu banyak teh hijau dapat mempengaruhi penyerapan zat besi dalam tubuh Anda. Sangat penting bagi Anda untuk mengasup cukup zat besi dalam tubuh Anda untuk mendukung pertumbuhan janin.
  • Satu cangkir teh hijau rata-rata mengandung 20 mg kafein, sedangkan teh biasa mengandung sekitar 50 mg kafein. Meskipun kandungan kafein dalam teh hijau lebih rendah, bila dikonsumsi secara berlebihan kafein dapat menyebabkan komplikasi seperti berat badan lahir rendah.
  • Pastikan untuk memasukkan banyak sayuran yang kaya akan asam folat dalam menu Anda sehari-hari.

Konsumsilah teh hijau dalam jumlah normal, jangan berlebihan

Jelas ada banyak manfaat kesuburan yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi teh hijau. Namun demikian, penting untuk menyadari bahwa terlalu banyak mengkonsumsi teh hijau juga kurang baik.

Mengkonsumsi terlalu banyak teh hijau (yang berkafein) akan mempengaruhi penyerapan asam folat, sedangkan asam folat merupakan nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan kesehatan janin.

Baca mengenai Pentingnya Asam Folat Dalam Program Hamil.

Untuk vegetarian, penting untuk diingat bahwa teh hijau juga mempengaruhi penyerapan zat besi. Teh hijau bisa mengurangi kemampuan tubuh menyerap zat besi dari sumber makanan non-daging seperti kacang dan tahu.

Secara keseluruhan, teh hijau akan sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin hamil karena sangat membantu meningkatkan kesuburan. Waktu terbaik untuk mengkonsumsi teh hijau adalah diantara waktu makan.

Ingatlah untuk selalu mengkonsumsi teh hijau dalam jumlah sedang (menengah) untuk bisa mendapatkan manfaat sepenuhnya tanpa khawatir akan efek sampingnya.

Anda harus menyadari fakta bahwa minum teh hijau terlalu banyak juga bisa membawa efek samping yang tidak Anda inginkan.

Kalau Anda dan pasangan Anda membutuhkan panduan lengkap strategi cepat hamil dan cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.