Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

10 Makanan Untuk Bayi Usia 10 Bulan

Aneka menu makanan untuk bayi berusia 10 bulan -

Bayi Anda mungkin sudah mulai bosan makan hanya dengan bubur dan buah-buahan. Usia 10 bulan adalah waktu terbaik bagi bayi Anda untuk mencoba makanan baru.

Makanan yang baik untuk bayi berusia 10 bulan

Anda bisa memilih bahan-bahan yang sehat dan organik, kemudian berkesperimen dengan bahan-bahan tersebut untuk membuat resep makanan yang lezat untuk bayi Anda.

Pastikan bayi Anda tidak alergi terhadap makanan, terutama bila Anda berniat memberikannya makanan berbahan kacang, kedelai dan gandum.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah buku Panduan Lengkap Bayi 1 Tahun Pertama oleh dr. Eiyta Ardinasari.

Makanan Untuk Bayi Usia 10 Bulan

10 Jenis makanan dan minuman yang baik untuk bayi berusia 10 bulan

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang kami rekomendasikan untuk bayi berusia 10 bulan:

1. Milkshake

Anda bisa menggunakan pisang, strawberry atau blueberry untuk campuran milkshake.
Jangan tambahkan gula sama sekali, sehingga bayi Anda dapat merasakan rasa manis alami dari buah-buahan.
Jangan juga berikan madu. Bakteri tertentu yang ditemukan dalam madu dapat menyebabkan masalah pada gusi dan gigi pada bayi.


2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan penuh dengan protein dan vitamin yang membantu bayi untuk tumbuh lebih kuat.

Kebanyakan anak-anak belum memiliki gigi yang sempurna pada usia 10 bulan sehingga mereka tidak bisa mengunyah sesuatu yang keras seperti kacang.
Jadi, gilinglah kacang-kacangan menjadi lebih halus dan campurkan sesendok ke dalam yoghurt.


3. Ubi (singkong)

Ubi memiliki tekstur yang sangat lembut saat dihaluskan. Plus, ubi sangatlah lezat, terutama ketika dipasangkan dengan wortel.

Anda bisa memotong ubi dan wortel menjadi potongan-potongan kecil, kemudian kukus sampai lembut. Blenderlah bersama-sama sebelum disajikan.


4. Kacang polong dengan keju

Meskipun kacang polong mengandung gizi yang tinggi, tetapi bisa jadi membosankan bagi bayi Anda kalau tidak ditambahkan rasa.

Tambahkan keju lunak pada bubur kacang polong. Potong keju menjadi potongan-potongan kecil dan campurkan dalam mangkuk bubur kacang polong. Aduk rata dan sajikan.
Biarkan bayi Anda mencoba meraihnya dan memasukkannya ke dalam mulutnya. Jangan dilarang.
Dengan begitu, Anda membantunya untuk mengembangkan keterampilan motoriknya.


5. Tahu dengan Buah

Tahu dibuat dari susu kedelai dan memiliki kandungan kalsium dan zat besi. Tahu juga merupakan sumber protein, sehingga tahu menjadi pilihan yang ideal untuk vegetarian.
Menggabungkan tahu dengan buah-buahan mungkin terdengar baru bagi banyak orang, tapi Anda bisa coba itu untuk bayi Anda.
Ambil tahu dan blenderlah bersama beberapa iris mangga matang. Anda juga dapat menggunakan pisang.


6. Sup Tomat

Rebus beberapa tomat matang yang berwarna merah dan haluskan dengan blender. Saring hasilnya dengan menggunakan sedikit air untuk memisahkan partikel benih dan kulitnya.

Rebus ekstrak tomat ini dengan sedikit garam dan merica. Tambahkan beberapa lembar daun kemangi dan didihkan selama beberapa menit. Sajikan selagi hangat.

Anda bisa menambahkan sesendok krim atau mentega.


7. Puding beras

Nasi biasanya diberikan sebagai makanan pertama bagi bayi, karena beras rasanya manis dan mudah dicerna.

Anda juga bisa membuat puding lezat dari nasi. Masaklah satu cangkir beras bersama 2,5 cangkir susu. Saat nasi sudah bertekstur lembut, tumbuk sedikit dengan punggung sendok. Jangan tumbuk langsung semuanya.

Kalau mau, Anda bisa menambahkan lagi sedikit susu. Tambahkan gula secukupnya dan sejumput bubuk kapulaga. Sajikan untuk bayi Anda selagi hangat atau dingin.

Anda bisa hiasi puding beras ini dengan potongan-potongan kecil strawberry dan kacang-kacangan yang ditumbuk halus.


8. Pasta

Pasta gandum bisa mencukupi hampir semua kebutuhan gizi bayi Anda. Makaroni adalah pilihan pasta yang baik untuk bayi Anda.

Anda bisa membuat saus pasta sederhana dengan menumis sesendok bawang cincang dengan minyak zaitun dan tambahkan potongan-potongan kecil ayam rebus.

Tambahkan secangkir kaldu ayam dan masak hingga mendidih. Tambahkan oregano, garam dan merica secukupnya dan biarkan saus sampai agak kental.

Tambahkan beberapa potong keju dan aduk sampai kejunya meleleh. Tuang saus lezat ini pada pasta dan sajikan untuk bayi Anda.


9. Pancake

Siapa yang tidak suka pancake? Hampir semua orang suka pancake.

Bayi Anda pun akan menyukai pancake karena teksturnya yang lembut. Pasangkan dengan bubur buah-buahan favorit bayi Anda, ia pasti menyukainya.

Buatlah pancake menggunakan tepung gandum.
Hindari penggunaan madu atau sirup.
Bubur strawberry atau bubur mangga sangat cocok sebagai pasangan pancake. Potong pancake menjadi potongan-potongan kecil dan tuangkan bubur buah di atasnya.

Biarkan bayi Anda memakannya menggunakan tangannya.


10. Sup Apel & Ubi Jalar

Apel adalah makanan ideal untuk bayi berusia 10 bulan.

Anda bisa mencampur apel dan ubi jalar bersama-sama untuk membuat sup yang lezat.

Ambil 3-4 buah apel, didihkan dalam panci, kemudian tiriskan.

Lelehkan mentega tawar dalam panci terpisah dan campurkan tepung terigu, aduk dan masak sampai warnanya berubah menjadi coklat.

Tuangkan kaldu perlahan sambil terus diaduk, kemudian tuangkan saus apel, ubi jalar, kayu manis dan jahe. Didihkan dan masak selama 5 menit.

Bayi Anda tidak meminta makanan mewah. Anda juga tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk menyajikan makanan yang lezat dan bergizi untuk mereka.

Yang Anda butuhkan adalah sedikit imajinasi. Selamat mencoba!

Kalau Anda punya bayi berusia 1 hingga 12 bulan dan Anda membutuhkan sebuah panduan lengkap untuk merawat buah hati Anda, simak ulasan kami mengenai buku best-seller Panduan Lengkap Perawatan Bayi 1 Tahun Pertama karya dr. Eiyta Ardinasari.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.