Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Makanan Terbaik Untuk Ibu Menyusui

Makanan Terbaik Untuk Ibu Menyusui - 

Ada makanan tertentu yang sangat membantu bagi ibu menyusui untuk menjaga kesehatan dirinya dan bayinya. Berikut ini adalah beberapa makanan terbaik untuk ibu menyusui:


Makanan Terbaik Untuk Ibu Menyusui


1. Sayuran Berdaun Hijau
Sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli dll adalah gudang vitamin A, vitamin C dan zat besi.
Nutrisi tersebut adalah menu terbaik untuk ibu menyusui karena sangat penting bagi pertumbuhan bayi.

Selain rendah kalori, sayuran berdaun hijau juga merupakan sumber kalsium yang sangat baik dan mengandung antioksidan yang banyak, penting bagi Anda dan bayi Anda.


2. Buah-buahan Musiman
Buah merupakan sumber yang kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral. Vitamin C membantu dalam penyembuhan luka dan dengan demikian penting bagi ibu baru.

Oleh karena itu, disarankan untuk meningkatkan asupan buah seperti jeruk, tomat dan lain-lain dalam menu ibu menyusui.

Buah-buahan seperti apel dan pisang juga membantu untuk menjaga tingkat energi dalam tubuh dan membantu Anda tetap prima.


3. Telur
Telur adalah sumber makanan yang sempurna untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh Anda. Telur juga merupakan sumber vitamin D yang penting.

Vitamin D dan protein bersama-sama berperan dalam pengembangan, pertumbuhan dan penguatan tulang dan otot bayi Anda.


4. Cairan
Untuk memastikan produksi ASI yang cukup dan mempertahankan tingkat energi dalam tubuh Anda, Anda perlu untuk tetap terhidrasi dengan baik.

Dehidrasi adalah salah satu masalah utama yang dihadapi oleh ibu menyusui yang dapat mengurangi produksi ASI, menyebabkan kelelahan dan penurunan stamina.

Anda, sebagai ibu baru, harus minum jus, air, sup, susu, dll dengan cukup. Namun minuman berkafein seperti kopi dan teh harus dihindari.


5. Biji-bijian
Sereal gandum seperti oatmeal (havermut), beras merah dll, kaya akan sumber nutrisi penting seperti protein, vitamin, zat besi dan mineral lainnya.

Makanan-makanan tersebut menyediakan energi dan stamina untuk ibu menyusui, membantu Anda untuk meringankan gejala post partum (jika ada), selain juga membantu dalam pertumbuhan secara keseluruhan dan perkembangan bayi Anda.


6. Produk Susu Rendah Lemak
Menu Anda selama menyusui harus mencakup banyak produk susu rendah lemak seperti susu low fat, yogurt, dll. Selain sebagai sumber yang kaya vitamin B dan D, produk susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik.

Kalsium diperlukan untuk pengembangan struktur tulang bayi Anda. Jika Anda alergi laktosa, konsumsilah susu kedelai.


7. Daging tanpa lemak
Daging tanpa lemak yang bersumber dari ikan dan ayam, kaya akan nutrisi penting.

Makanan tersebut membantu men-supply DHA dan asam lemak esensial untuk Anda dan membantu dalam mengembangkan sistem saraf bayi Anda serta meningkatkan pertumbuhan secara keseluruhan.


8. Bawang putih
Bawang putih telah digunakan selama berabad-abad oleh ibu menyusui untuk meningkatkan produksi susu dalam tubuh mereka. Menambahkan bawang putih ke dalam menu makanan Anda tidak hanya membuat masakan lebih lezat, tapi juga memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan meningkatkan laktasi.

Sifat anti mikroba dan kandungan anti oksidannya membantu untuk melawan infeksi dan meningkatkan pasokan susu dalam tubuh Anda.


9. Wortel
Wortel diperkaya dengan karbohidrat dan kalium, yang keduanya membantu meningkatkan energi dan stamina pada ibu menyusui.

Wortel adalah sumber beta karoten penting yang dibutuhkan oleh Anda selama periode menyusui.


10. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan sumber yang kaya akan protein dan zat besi, terutama untuk vegetarian. Buncis, kacang polong, lentil, kacang tanah, kacang merah dan kacang hitam adalah contoh kacang-kacangan yang baik.

Kalau Anda senang membaca buku bagus mengenai perawatan anak, simak ulasan kami tentang buku Panduan Lengkap Perawatan Bayi.

Demikianlah makanan terbaik untuk ibu menyusui. Yang mana favorit Anda?



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.