Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

10 Makanan Terbaik Pengganti ASI Untuk Bayi Yang Disapih

Ibu sudah mulai menyapih bayi Ibu? Makanan apa yang tepat untuk menggantikan ASI? -

Hai Ibu, bagaimana kabar Anda? Semoga Anda dan si kecil baik-baik saja...

Bayi Ibu tumbuh dengan cepat. Mungkin sekarang sudah waktunya bagi Ibu untuk memikirkan berbagai makanan terbaik yang bisa menggantikan ASI.

Artikel ini akan membantu Ibu mempersiapkan makanan penyapihan terbaik yang bisa dibuat dengan mudah dan cepat untuk adek bayi.

Kapan saat yang tepat untuk menyapih bayi?

Ini mungkin pertanyaan terbesar dalam benak Anda.

Secara umum, disarankan untuk mulai menyapih bayi ketika si kecil berusia 2 tahun.

Namun, apabila Ibu tidak bisa melakukannya karena satu dan lain hal, disarankan untuk tidak menyapih bayi sampai ia minimal berusia 6 bulan, terutama bayi yang lahir prematur.

Berikut adalah beberapa tanda-tanda khusus yang menandakan bahwa bayi Ibu sudah siap untuk makan makanan padat:
  • Bayi sudah bisa duduk lurus dan menegakkan kepalanya.
  • Bayi ibu mengembangkan koordinasi tangan, mata dan mulut. Ia bisa mengambil mainan dan mencoba untuk memakannya.
  • Bayi sudah bisa menelan makanan.

 

Resiko menyapih bayi lebih cepat

Jika Ibu mau menyapihnya lebih cepat dari 6 bulan, apapun alasannya, ingatlah bahwa hal itu mungkin dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan bagi bayi Ibu nantinya.

Berikut adalah beberapa tips dan trik penting yang perlu Anda ketahui:

Jangan pernah mencoba untuk memberi makanan padat (seperti bubur nasi) dengan menggunakan botol susu bayi Anda!

Jika bayi Ibu lahir prematur dan Ibu mencoba untuk menyapihnya lebih awal, ia beresiko menderita alergi tertentu, infeksi dan komplikasi lainnya, terutama eksim dan asma.

Periksa apakah ada riwayat alergi di keluarga Ibu sebelum Ibu memperkenalkan produk-produk susu, telur dan ikan.

Jangan pernah mencoba untuk menyapih bayi Ibu sebelum usianya memasuki 17 minggu.


Makanan Terbaik Pengganti ASI Untuk Bayi Yang Disapih

10 Makanan Terbaik Untuk Bayi Yang Mulai Disapih

1. Buah-buahan
  • Buah-buahan adalah makanan yang sangat baik untuk mulai memperkenalkan makanan padat bagi bayi Ibu. Terlebih lagi, buah-buahan rasanya manis karena gula alami yang dikandungnya sehingga kemungkinan besar bayi Ibu akan menyukainya.
  • Apel adalah salah satu makanan terbaik untuk bayi. Kupas, tumbuk dan berikan pada bayi Ibu dengan menggunakan sendok. Jika bayi Ibu menyukainya, perkenalkan ia pada buah lainnya seperti pir, mangga dan lain-lain.

2. Jus
  • Hindari menggunakan jus buah kemasan karena mengandung penyedap buatan dan bahan kimia tambahan serta pengawet yang bisa berbahaya bagi si kecil. Buatlah jus buah sendiri.
  • Mulailah pagi hari dengan jus buah segar.

3. Sayuran
  • Dari kentang tumbuk sampai wortel rebus - semuanya mutlak harus ada ketika sudah waktunya menyapih si kecil. 
  • Pastikan Ibu mencuci sayuran secara menyeluruh. Pilihlah sayuran organik yang bebas dari bahan kimia beracun dan pestisida.

4. Sup
  • Sup sayuran bening adalah makanan yang sehat untuk bayi. Sup mengandung banyak air, yang berarti bayi Ibu akan terhidrasi dengan baik.

5. Kacang-kacangan
  • Kacang-kacangan mengandung protein tinggi, sehingga menjadikannya makanan pilihan yang baik untuk bayi yang mulai disapih. Berikan seporsi kecil kacang-kacangan tumbuh yang dierbus dan sedikit dibumbui pada bayi Ibu.

6. Air
  • Saatnya memperkenalkan air putih untuk memastikan bayi Ibu terhidrasi dengan baik sepanjang hari. Air juga membantu detoksifikasi tubuh bayi Ibu dan menjaga sistem pencernaannya tetap sehat.

7. Daun hijau
  • Sayuran berdaun hijau mengandung besi dan mineral lain yang dibutuhkan bayi agar seluruh fungsi tubuhnya bekerja denga optimal. Anda bisa memasak sayuran berdaun hijau seperti bayam, daun kacang dan lain-lain, tumbuk dan aduk menjadi bentuk pasta, bumbui sedikit dan sajikan untuk bayi Ibu sekali dalam beberapa hari.

8. Makanan yang dimasak
  • Jika bayi Ibu bisa melewati masa penyapihan tanpa ASI dengan baik, Ibu juga bisa mulai memperkenalkannya pada makanan yang dimasak seperti nasi, kentang dll. Konsultasikan dengan dokter anak.

9. Telur
  • Singkirkan dulu semua resiko alergi sebelum memperkenalkan telur kepada bayi Ibu. 
  • Telur mengandung protein dan vitamin penting untuk membantu kesehatan tulang bayi Ibu. Yang hebat dari telur adalah, makanan ini serbaguna dan bisa dijadikan apa saja.

10. Protein hewani
  • Protein hewani baik untuk bayi Ibu. Tapi selalu konsultasikan dengan dokter anak mengenai pemberian daging hewan apapun untuk bayi. Protein hewani terbaik adalah yang segar, bukan yang olahan.
Kalau Anda senang membaca buku bagus mengenai perawatan anak, simak ulasan kami tentang buku Panduan Lengkap Perawatan Bayi.



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.