Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Kapan Sebaiknya Memberikan Susu Formula Untuk Bayi?

Kapan dan bagaimanakah cara memberikan dan memperkenalkan susu formula untuk bayi Anda? -

Hai Ibu, bagaimana kabar si kecil?

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi Anda.

Namun, ketika bayi Anda tumbuh semakin besar, kebutuhannya meningkat dan tuntutan gizinya pun bertambah. Memberikan susu formula untuk bayi dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Tetapi dalam proses memperkenalkan susu formula tersebut, Anda butuh strategi tertentu.

Harap diingat bahwa sangat sulit bagi bayi di bawah usia 1 tahun untuk bisa mencerna susu formula, karena tingginya tingkat kalium, natrium dan klorida. Bahkan kandungan tersebut dapat membawa efek negatif terhadap ginjal bayi Anda.

Kandungan mineral dan vitamin serta komposisi nutrisi pada susu formula kurang memadai untuk bayi berusia di bawah 12 bulan.

Bagaimanapun, ASI lah yang terbaik. Harap ingat itu!


Kapan Sebaiknya Memberikan Susu Formula Untuk Bayi?

Susu formula untuk bayi 6 bulan

Bagi bayi yang tidak memiliki riwayat keluarga yang alergi terhadap laktosa, susu formula cukup aman untuk diberikan. Pada usia 6 bulan, susu formula tidak boleh diberikan sebagai satu-satunya sumber nutrisi bagi bayi, melainkan harus diberikan perlahan-lahan sebagai pendamping ASI.

Susu formula untuk bayi 1 tahun

Idealnya, waktu yang tepat untuk memperkenalkankan bayi Anda kepada susu formula adalah setelah ia berusia minimal 1 tahun.

Pada usia ini, bayi Anda mungkin sudah mulai bisa makan makanan padat, sehingga memperkenalkan susu formula pun jadi lebih mudah.
  • Jika Anda memberikan susu formula kepada bayi Anda terlalu dini, ia beresiko kekurangan zat besi, jadi tunggulah sampai bayi Anda berusia minimal satu tahun dan kemudian perlahan-lahan perkenalkan ia pada susu formula.

  • Sangat disarankan agar Anda memperkenalkan susu formula hanya ketika bayi Anda sudah mulai bisa makan makanan padat.

  • Periksa label susu formula dan berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk menentukan merk susu terbaik bagi kebutuhan bayi Anda. Masing-masing bayi memiliki kebutuhan yang berbeda-beda sesuai kondisinya masing-masing.

Cara untuk memperkenalkan susu formula pada bayi Anda

Ada beberapa bayi yang langsung suka minum susu formula sehingga prosesnya menjadi lebih cepat dan mudah bagi Anda dan bagi dirinya sendiri.

Tapi ada beberapa bayi yang tidak suka minum susu formula pada  awalnya, karena adanya perbedaan rasa, suhu dan warna dibanding ASI. Jadi, cobalah mencampur susu formula dengan ASI pada awalnya.

Anda dapat mulai dengan rasio satu bagian susu formula, dicampur dengan tiga bagian ASI, dan secara bertahap mengubah rasio tersebut sampai anak Anda benar-benar bisa menikmati susu formula.

Ini adalah cara terbaik untuk membantu transisi bayi Anda dari ASI ke susu formula. Metode ini adalah metode yang efektif untuk mulai memperkenalkan susu formula pada bayi Anda.

Susu merupakan sumber nutrisi penting bagi bayi. Anda bisa memberikan bayi Anda 2 sampai 3 cangkir per-hari (untuk umur 1 sampai 2 tahun) untuk memastikan pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat.

Susu adalah makanan yang lengkap dengan protein, vitamin dan karbohidrat.

Kalau Anda senang membaca buku bagus mengenai perawatan anak, baca ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Bayi 1 Tahun Pertama.



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.