Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Gejala Kehamilan Yang Berbahaya

Gejala dan tanda-tanda kehamilan yang berbahaya dan tidak boleh Anda abaikan -

Bahkan walaupun Anda sudah banyak membaca mengenai segala sesuatu tentang kehamilan dan berbicara dengan para ibu lainnya tentang gejala kehamilan, tentunya masih akan ada saat-saat ketika Anda bertanya-tanya apakah apa yang Anda rasakan adalah normal atau tidak.

Gejala-gejala kehamilan berikut ini harusnya membuat Anda lebih waspada. Jika Anda mengalaminya, Anda harus segera menghubungi bidan atau dokter.

Gejala Kehamilan Yang Berbahaya

Rasa nyeri di bagian tengah perut

Sakit yang parah atau tajam di perut bagian tengah atau bagian atas, dengan atau tanpa mual atau muntah, bisa berarti salah satu dari beberapa hal. Anda bisa menderita gangguan pencernaan yang parah, nyeri ulu hati, sakit perut atau bisa keracunan makanan.

Jika Anda berada di paruh kedua usia kehamilan, rasa sakit ini bisa menunjukkan gejala preeklampsia, suatu kondisi serius yang membutuhkan penanganan segera.


Rasa nyeri di bagian bawah perut

Sakit yang parah pada salah satu atau pada kedua sisi perut bagian bawah, membutuhkan pemeriksaan segera untuk memastikan Anda tidak menderita sesuatu yang parah. Bisa saja itu hanya sekedar otot ligamen yang tertarik (yang mana umum pada setiap kehamilan), atau bisa jadi merupkan gejala:
  • Kehamilan ektopik.

  • Keguguran.

  • Persalinan prematur.

  • Fibroid pecah dan terjadi perdarahan.

  • Solusio plasenta, kondisi ketika sebagian atau seluruh plasenta terpisah dari dinding rahim Anda.

Demam

Jika Anda mengalami demam dan suhu tubuh Anda di atas 37,5 C, tapi tanpa flu atau gejala flu lainnya, hubungi dokter Anda hari ini juga.

Jika suhu Anda lebih dari 39 C, hubungi dokter Anda sekarang. Anda mungkin menderita infeksi. Dokter Anda mungkin akan meresepkan antibiotik dan meminta Anda istirahat. Jika suhu Anda naik lebih tinggi dari 39 derajat C untuk waktu yang lama, itu dapat membahayakan bayi Anda.


Penglihatan kabur dan berkunang-kunang

Apabila pada paruh kedua kehamilan, Anda merasakan hal berikut ini, segera hubungi dokter atau bidan:
  • Penglihatan ganda.

  • Penglihatan kabur.

  • Penglihatan meredup.

  • Berkunang-kunang.

  • Silau yang berlangsung selama lebih dari dua jam.
Gangguan penglihatan ini dapat menjadi tanda preeklampsia.


Tangan dan kaki bengkak

Bengkak (edema) pada tangan, wajah dan mata Anda, umum terjadi pada akhir usia kehamilan. Dalam kebanyakan kasus, itu bukanlah masalah serius. Tetapi jika pembengkakan menjadi parah atau datang secara tiba-tiba, disertai sakit kepala atau masalah penglihatan, Anda mungkin menderita preeklampsia.


Sakit kepala parah yang terus-menerus

Jika sakit kepala berat berlangsung selama lebih dari dua atau tiga jam, disertai gangguan penglihatan dan pembengkakan parah pada tubuh Anda, Anda mungkin menderita preeklampsia. Tapi ini hanya jika Anda berada di paruh kedua usia kehamilan Anda.


Pendarahan pada vagina

Flek atau perdarahan ringan tanpa rasa sakit, umum terjadi di awal kehamilan. Itu mungkin perdarahan akibat hormon menstruasi Anda masih "memaksa" untuk melakukan tugasnya sehingga menyebabkan perdarahan ringan.

Meski begitu, hubungi dokter atau bidan jika Anda terus-menerus berdarah pada setiap tahap usia kehamilan Anda. Hal tersebut mungkin menunjukkan komplikasi serius jika:
  • Pendarahannya berbeda dengan seperti ketika menstruasi, berwarna lebih gelap dari biasanya. Jika Anda melihat pendarahan seperti itu, disertai nyeri yang parah pada salah satu sisi perut Anda,  itu mungkin menjadi tanda kehamilan ektopik.

  • Pendarahan berat, yang disertai dengan nyeri punggung atau nyeri perut. Ini mungkin merupakan tanda keguguran.

  • Pendarahan yang tiba-tiba dan tanpa rasa sakit.

  • Perdarahan yang berwarna gelap dengan gumpalan bisa berarti Anda menderita solusio plasenta, kondisi dimana ketika plasenta terpisah dari dinding rahim Anda.

  • Perdarahan berat mungkin berarti Anda akan melahirkan prematur, jika usia kehamilan Anda kurang dari 37 minggu.
Percayalah, pada tahap akhir kehamilan, perdarahan berat jarang terjadi kecuali bila ada sesuatu yang salah.

Vagina "bocor"

Jika vagina Anda seperti bocor dan mengeluarkan cairan sebelum usia kehamilan menginjak minggu ke-37, mungkin berarti bahwa air ketuban Anda pecah lebih awal. Anda perlu untuk segera ke rumah sakit sehingga dokter bisa memeriksa kesehatan bayi Anda dan memberikan pengobatan untuk mencegah infeksi.

Ketika air ketuban pecah, perlindungan terhadap infeksi berkurang. Ada resiko bahwa Anda mungkin perlu mempersiapkan diri untuk kelahiran prematur.

Namun apabila kehamilan Anda sudah memasuki usia minggu ke-37 dan air ketuban Anda pecah, ini adalah tanda persalinan. Jika bayi belum juga lahir secara normal dalam waktu 24 jam setelah air ketuban pecah, diskusikan segera dengan dokter untuk mengambil langkah terbaik.


Kehausan

Jika Anda tiba-tiba merasa haus dan pipis Anda berwarna kuning gelap, itu bisa menjadi tanda dehidrasi. Dan jika Anda sangat haus dan pipis lebih sering dari biasanya, itu bisa menjadi sinyal diabetes gestasional. Kedua hal ini meningkatkan risiko komplikasi bagi Anda dan bayi Anda, sehingga Anda perlu segera memberitahu dokter atau bidan.


Rasanya panas seperti terbakar ketika buang air kecil

Anda mungkin menderita infeksi saluran kemih (ISK) jika Anda:
Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, temui dokter Anda, karena ia bisa memberikan antibiotik untuk mengobati ISK.


Muntah-muntah

Muntah lebih dari beberapa kali sehari bisa membuat Anda dehidrasi dan melemahkan tubuh Anda, meskipun mungkin tidak mempengaruhi bayi Anda. Anda perlu berkonsultasi dengan bidan atau dokter mengenai kondisi muntah berat dan terus menerus yang Anda alami, karena mungkin Anda butuh perawatan rumah sakit.

Jika Anda muntah selama paruh kedua kehamilan Anda, Anda mungkin memiliki sakit parah tepat di bawah tulang rusuk.

Waspadai pembengkakan parah yang terjadi tiba-tiba pad wajah Anda, tangan atau kaki Anda. Gejala-gejala ini mungkin merupakan tanda dari preeklampsia.

Muntah disertai diare bisa menjadi tanda keracunan makanan atau bakteri pada perut. Jika Anda muntah disertai rasa sakit dan kenaikan suhu tubuh, itu bisa berarti Anda menderita infeksi ginjal. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, Anda harus menghubungi dokter Anda.


Lemas dan pusing

Lemas atau merasa pusing mungkin merupakan tanda bahwa Anda tidak cukup makan hari itu. Tetapi juga bisa berarti bahwa Anda menderita tekanan darah rendah, yang umum terjadi pada awal kehamilan. Itu karena hormon progesteron kehamilan melemaskan dinding pembuluh darah Anda.

Banyak wanita merasa pusing pada saat hamil. Tetapi jika Anda sampai pingsan, hubungi dokter Anda setelah itu untuk memastikan semuanya baik-baik.


Pergerakan bayi melemah

Jika pergerakan bayi Anda berhenti atau melemah selama lebih dari 24 jam setelah usia kehamilan menginjak minggu ke-21, itu mungkin berarti bayi sedang dalam masalah. Hubungi bidan atau rumah sakit.


Gatal di seluruh tubuh

Jika Anda mengalami gatal parah di seluruh tubuh, terutama pada malam hari, Anda mungkin menderita Obstetric Cholestatis (OC). OC adalah masalah medis pada hati, tanda-tandanya pipis menjadi gelap dan kotoran Anda berwarna pucat. Anda juga mungkin menderita penyakit kuning.

Jika Anda menderita gatal-gatal yang ringan, tidak perlu terlalu khawatir. Gatal ringan adalah normal karena kulit Anda merentang untuk mengakomodasi pertumbuhan bayi Anda. Namun, sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter Anda, utamanya jika gatal terjadi pada malam hari.


Jatuh atau perut terbentur

Jatuh atau perut terbentur tidak selalu berbahaya, tetapi tetap sebaiknya hubungi dokter atau bidan pada hari itu juga dan beritahukan apa yang terjadi. Jika Anda tergelincir di tangga dan tulang ekor Anda sedikit memar, Anda mungkin tidak perlu khawatir. Bayi Anda berada di tempat yang empuk dalam rahim dan cairan ketuban.

Bagaimanapun juga, pada kasus yang jarang, ada peluang terjadi komplikasi. Jika Anda merasakan kontraksi, air ketuban pecah atau pendarahan, hubungi dokter segera, atau pergi ke UGD terdekat.

Perasaan tidak nyaman

Jika Anda tidak yakin bahwa Anda sedang mengalami gejala tertentu, tidak merasa menjadi diri sendiri, atau merasa tidak nyaman, hubungi dokter atau bidan. Jika ada masalah, Anda akan mendapatkan penanganan segera. Jika tidak ada masalah, Anda akan pulang dengan lega.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.