Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Cara Program Hamil Anak Bayi Kembar Secara Alami

Faktor penyebab kehamilan kembar yang perlu Anda tahu dan 13 cara efektif meningkatkan peluang mendapatkan anak bayi kembar -

Punya anak bayi kembar kelihatannya menyenangkan, bukan begitu Bu? Dengan sekali ngeden, brojol dua. Setelah itu bisa istirahat hamil selama beberapa tahun.

Kalau Anda mau punya anak kembar, mungkin ada beberapa hal yang bisa diusahakan. Tapi Anda harus ingat bahwa cara-cara berikut bukanlah jaminan 100% bahwa Anda akan hamil anak kembar.

Kehamilan kembar terjadi pada sekitar 1 dari setiap 89 kelahiran. Dalam keadaan normal, peluang Anda untuk hamil kembar sangat tipis.
Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG.


Bagaimana kehamilan kembar terjadi?

Kebanyakan hamil kembar yang terjadi adalah kembar fraternal. Kembar fraternal berkembang dari dua telur yang terpisah, yang masing-masing dibuahi oleh sperma.

Kembar identik sangat langka dan terjadi karena hanya satu telur yang dibuahi oleh satu sperma, kemudian telur ini membelah menjadi dua (atau lebih) sejak awal kehamilan.

Kembar fraternal terjadi ketika dua telur dilepaskan oleh ovum selama ovulasi, dan keduanya dibuahi oleh dua sperma yang berbeda.


Cara Program Hamil Anak Kembar Secara Alami


6 Faktor yang Mempengaruhi Kehamilan Kembar

1. Sejarah Keluarga Istri

Yang dimaksud adalah sejarah keluarga dari pihak pasangan wanita. Jika suami memiliki sejarah ada anak kembar di keluarganya, itu tidak banyak pengaruhnya.

Ini disebabkan wanita lah yang memproduksi sel telur, jadi jika Anda atau ibu Anda kembar, maka Anda akan lebih berpeluang untuk hamil kembar.


2. Gaya hidup Anda

Wanita yang melakukan diet rendah lemak, terutama para vegan dan vegetarian, cenderung lebih sulit untuk hamil bayi kembar dibanding wanita yang doyan minum produk susu dan makan steak.

Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang berbeda-beda tergantung apa yang Anda makan, sebab seseorang yang diet tinggi tinggi memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi pula.


3. Jumlah Anak yang Anda miliki

Ini hanya persoalan peluang, semakin banyak anak yang Anda miliki, semakin besar peluang Anda akan hamil kembar.
Semakin banyak anak yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan pada tahap tertentu Anda akan hamil kembar.
Kemungkinan lainnya adalah, bahwa jika Anda dapat dengan mudah hamil, maka Anda adalah ovulator yang baik, sehingga lebih memperbesar peluang Anda untuk hamil kembar.


4. Usia Ibu

Sebagian besar bayi kembar dikandung oleh ibu yang berusia 30-an hingga 40-an tahun.

Ini terkait dengan cara ovarium Anda bekerja dan berfungsi seiring dengan pertambahan usia, sehingga Anda dapat melepaskan lebih dari satu telur setiap bulan.


5. Dari Mana Anda Berasal

Di Eropa Barat terjadi 1 kehamilan kembar setiap 60 kasus kehamilan. Sementara di Asia Tenggara lebih sedikit.

Sementara itu di Nigeria, terjadi 1 kehamilan setiap 20 atau 30 kehamilan.

Ini mungkin ada hubungannya dengan menu makanan dan iklim setempat.


6. Perawatan Kesuburan

Salah satu hal yang dapat meningkatkan peluang Anda hamil kembar adalah jika Anda menjalani perawatan kesuburan, seperti IVF.

Ketika IVF mulai banyak dilakukan pada tahun 1970 dan 1980, kehamilan kembar terjadi berlipat ganda. Sebab perawatan IVF juga memberikan obat-obatan ke dalam tubuh Anda untuk merangsang untuk ovulasi dan menghasilkan telur.


Cara meningkatkan peluang hamil anak kembar

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda hamil anak kembar, walaupun beberapa faktor lainnya berada di luar kendali Anda.

Salah satu hal yang bisa meningkatkan peluang Anda hamil anak kembar adalah, apabila ada riwayat keluarga Anda yang pernah hamil kembar juga.
Tapi riwayat kembar ini harus berasal dari sisi pasangan wanita.
Jika suami Anda punya riwayat keluarga yang punya anak kembar, itu tidak banyak berpengaruh.

Faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi peluang Anda memiliki anak kembar adalah etnis dan usia Anda.

Wanita Afrika-Amerika lebih besar kemungkinannya untuk hamil anak kembar dibanding wanita Kaukasia.

Dan wanita Asia peluangnya lebih rendah lagi untuk hamil anak kembar.

Kehamilan kembar juga lebih sering terjadi pada wanita yang usianya lebih tua pada saat hamil (30 tahun keatas).


Hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk memprogram hamil anak kembar

Berikut ini lima hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda hamil anak bayi kembar:

1. Konsumsi suplemen asam folat
 Ada beberapa penelitian tentang hubungan antara asam folat dan hamil kembar. Satu penelitian di Australia menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi asam folat selama menjalani program hamil, lebih besar peluangnya untuk bisa hamil anak kembar.
Bahkan, menurut penelitian ini, Anda memiliki peluang hingga 40% atau lebih untuk bisa hamil anak kembar jika Anda rutin mengkonsumsi asam folat selama program hamil Anda.
Baca lebih jauh mengenai Pentingnya Asam Folat Dalam Program Hamil.

Asam folat juga membantu mencegah cacat tabung saraf sehingga sangat baik untuk mengkonsumsi suplemen asam folat (atau multi vitamin yang mengandung asam folat) bahkan walaupun Anda tidak merencanakan untuk hamil anak kembar.


2. Menambah berat badan
Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang kelebihan berat badan memiliki peluang lebih besar untuk hamil anak kembar.

Wanita yang berpostur tinggi juga memiliki peluang lebih besar untuk hamil anak kembar.


4. Konsumsi produk susu
Menurut sebuah studi terbaru, wanita yang mengkonsumsi susu, berpeluang lima kali lebih besar untuk hamil anak kembar dibanding wanita yang jarang mengkonsumsi susu.

Penelitian ini membandingkan wanita yang makan menu biasa, dengan wanita vegan dan vegetarian yang mengkonsumsi produk susu.

Tampaknya hormon pertumbuhan sapi yang terkandung di dalam produk susu bisa meningkatkan peluang Anda untuk hamil anak kembar.


5. Lanjutkan menyusui
Jika Anda sedang menyusui anak pertama dan ingin hamil kembar untuk kehamilan berikutnya, jangan buru-buru menyapih si kecil. Lanjutkanlah menyusui.
Menurut sebuah penelitian, wanita yang menyusui ketika mereka hamil lagi, berpeluang sembilan kali lebih besar untuk hamil anak kembar dibanding wanita yang tidak sedang menyusui.

13 faktor yang memperbesar peluang hamil anak kembar

1. Konsumsi folat - Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi folat memiliki peningkatan peluang hingga 40% untuk bisa hamil anak bayi kembar.
    .
2. Konsumsi Singkong - Makanan ini bisa menyebabkan hyperovulation dan meningkatkan peluang hamil anak bayi kembar.
    .
3. Produk Susu - Wanita yang mengkonsumsi banyak susu lebih berpeluang untuk hamil anak bayi kembar. Hal ini diyakini karena adanya faktor penumbuh serupa insulin pada sapi dan mungkin juga hormon yang terdapat pada sapi pada saat diternakkan.
    .
4. Umur - Wanita yang lebih tua memproduksi FSH (follicle stimulating hormone) lebih banyak sehingga meningkatkan peluang mereka memproduksi beberapa telur.

Namun, tingkat kesuburan juga turun seiring pertambahan usia wanita, sehingga Anda jangan mengambil resiko menunggu terlalu lama untuk hamil.
    .
5. Hyperovulation - Hyperovulation berarti ketika dua atau lebih telur diproduksi selama ovulasi. Hal ini dapat terjadi karena faktor genetik, menopause, usia dan berbagai alasan hormonal lainnya.
    .
6. Faktor Keluarga - Jika keluarga dari pihak wanita ada sejarah anak kembar, peluang untuk hamil anak bayi kembar lebih tinggi.
    .
7. Berat Badan - Wanita yang tinggi dengan berat badan sedang atau lebih berat, mempunyai peluang lebih tinggi untuk bisa hamil anak bayi kembar.
    .
8. Menyusui - Jika Anda sedang menyusui ketika Anda hamil, peluang kembar lebih besar.
    .
9. Banyak Anak - Semakin banyak anak yang Anda miliki, semakin besar peluang Anda bisa hamil anak bayi kembar.
    .
10. Magnesium / Kalsium - Ada bukti penelitian bahwa mengkonsumsi magnesium dan kalsium dapat meningkatkan peluang kembar.

Magnesium dan kalsium juga dapat meningkatkan kesempatan memiliki anak perempuan.
    .
11. Berhenti KB - Jika Anda sudah menjalani KB hormonal selama enam bulan atau lebih dan berhenti, biarkan dulu berlalu beberapa siklus agar tubuh Anda menyesuaikan diri dengan perubahan yang Anda lakukan.

Hal ini dapat meningkatkan kadar hormon dan peluang tubuh Anda memproduksi lebih dari satu sel telur dalam satu siklus..
    .    .
12. Metode Medis - Mengkonsumsi obat kesuburan seperti Clomid (dengan pengawasan medis) serta implantasi telur melalui IVF, seringkali bisa meningkatkan peluang hamil anak bayi kembar.
    .
13. Keguguran - Meskipun keguguran adalah peristiwa yang menyedihkan, namun seringkali setelah keguguran peluang hamil anak kembar justru semakin besar.



Posisi Bercinta Untuk Memperbesar Peluang Hamil Anak Bayi Kembar

Sebenarnya tidak ada satupun posisi bercinta yang 100% pasti akan menghasilkan bayi kembar. Namun secara ilmiah, ada beberapa yang bisa memperbesar peluang Anda untuk hamil bayi kembar.

Berikut beberapa diantaranya:

# 1 - Posisi suami di belakang, dikenal juga sebagai doggy style. Istri memposisikan dirinya dengan bertumpu pada lutut, sementara suami melakukan penetrasi dari belakang.

Posisi bercinta ini akan membantu pasangan untuk bisa hamil bayi kembar karena dengan posisi seperti ini, posisi leher rahim istri lebih dekat dengan penis suami.

# 2 - Posisi berdiri, Sama halnya dengan posisi doggy style, dengan posisi seperti ini suami mampu melakukan lebih dalam sehingga memudahkan bagi sperma untuk mencapai sel telur.

# 3 - Posisi misionaris juga membantu sperma untuk dengan mudah mencapai sel telur.


Kesimpulan

Pasangan yang sudah menikah lalu memiliki anak bayi kembar, sangatlah beruntung. Tapi, sangat sulit sebenarnya jika tidak ada gen kembar dalam keluarga.

Walaupun Anda sangat ingin memiliki bayi kembar, selalu ingat bahwa apapun yang Tuhan berikan kepada Anda adalah berkah yang indah untuk Anda, Anda harus bersyukur untuk itu.

Setiap bayi adalah anugrah, baik itu kembar atau tidak.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi peluang hamil anak bayi kembar adalah masalah ovulasi, stres, masalah dengan lendir serviks, infertilitas dan penyumbatan pada saluran tuba.

Simak ulasan kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG jika Anda atau pasangan Anda membutuhkan panduan yang lengkap dan terarah seputar cara cepat hamil dan tips memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.