Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Cara Mengatasi Nyeri Punggung Pada Saat Hamil

Penyebab nyeri punggung dan pinggang saat hamil dan cara mengatasinya -

Selama hamil, tubuh Anda akan memproduksi beberapa hormon, termasuk hormon 'relaxin', yang membantu mempersiapkan tubuh untuk tujuan persalinan.

Salah satu efek dari 'relaxin' adalah mengendurnya ligamen di seluruh tubuh, membuat tubuh ibu hamil kurang stabil dan lebih rentan terhadap cedera; dan karena perut bertambah besar, otot-otot menegang karena menopang berat tambahan, terutama di wilayah punggung sehingga menyebabkan sakit punggung.

Kehamilan adalah faktor predisposisi yang menyebabkan suatu kondisi tertentu yang mengakibatkan ketidaknyamanan dan nyeri pinggang pada saat hamil muda.

Penelitian menunjukkan bahwa setengah hingga tiga perempat ibu hamil menderita sakit punggung pada beberapa waktu tertentu selama masa kehamilan mereka.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.


Penyebab nyeri punggung pada saat hamil

Nyeri punggung pada saat hamil biasanya terasa di daerah pertemuan antara tulang panggul dan tulang belakang.

Penyebab paling umum terjadinya sakit punggung selama awal kehamilan antara lain:

1. Berat badan

Selama hamil, berat badan wanita cenderung bertambah dan itu menjadi tugas tulang belakang untuk menopangnya.

Berat dari bayi ditambah berat rahim yang membesar akan menekan pembuluh darah dan saraf pada panggul dan punggung sehingga menyebabkan nyeri punggung pada saat hamil muda.


2. Perubahan postur

Kehamilan membuat pusat gravitasi ibu berubah.

Akibatnya, Anda akan mengalami sakit punggung karena otot perut meregang, sehingga sulit bagi Anda mempertahankan postur tubuh yang ideal.


3. Pemisahan otot

Ketika rahim mengembang, terjadi pemisahan dua otot paralel yang membentang dari tulang rusuk ke tulang kemaluan. Pemisahan otot ini memperparah nyeri punggung.


4. Stress

Stress emosional dapat menyebabkan ketegangan otot di punggung.


5. Kegemukan

Anda lebih beresiko untuk mengalami sakit punggung saat Anda hamil jika Anda kelebihan berat badan atau jika ini bukanlah kehamilan pertama Anda.

Kerja terlalu berat juga bisa mengakibatkan nyeri punggung.

Meskipun sakit punggung ini identik dengan kehamilan, tapi ini dapat disembuhkan. Memahami penyebab nyeri punggung dan mengetahui solusinya, akan membantu Anda mengatasinya sesegera mungkin.


11 tips cara mengatasi nyeri punggung pada saat hamil

Berikut beberapa tips praktis tentang cara mengatasi nyeri punggung selama kehamilan:

1. Ketahui batas kemampuan fisik Anda

Cobalah untuk tidak mengangkat benda berat. Seandainya Anda harus mengangkat sesuatu yang berat dari lantai, angkatlah dengan benar.
Jangan membungkuk dengan menekuk pinggang.
Cara yang benar adalah dengan menekuk lutut Anda atau jongkok, kemudian angkat. Jangan membuat punggung Anda menegang.


2. Perbaiki postur tubuh Anda

  • Hindari duduk atau berdiri dalam waktu yang lama. Gunakan bangku atau kursi pendek untuk mengistirahatkan kaki Anda pada saat duduk dan hindari berdiri dengan satu kaki.
  • Duduk di kursi yang memiliki sandaran yang dapat menopang punggung Anda dan cobalah untuk duduk dengan menegakkan tulang belakang Anda.
  • Berdiri tegak dengan bahu Anda tetap santai dan rileks.
  • Di tempat kerja dan saat berkendara, gunakan bantalan khusus untuk kursi Anda. Cobalah untuk tidak menyilangkan kaki dan atur posisi layar komputer Anda. Cobalah untuk menjauh dari meja Anda dan menghirup udara segar sesekali.
  • Hindari pekerjaan rumah tangga yang berat.


3. Tidur dengan benar

  • Tidur miring dan jangan kunci lutut Anda. Tempatkan bantal guling di antara lutut dan di bawah perut Anda.
  • Gunakan kasur yang tidak terlalu empuk untuk tidur.
  • Pada saat bangun, bergulinglah ke satu sisi dan berusaha untuk duduk terlebih dahulu beberapa saat, lalu perlahan-lahan berdiri.
  • Tanyakan dokter kandungan Anda mengenai olahraga atau senam yang cocok untuk Anda.
  • Lakukan pijat kehamilan jika dokter Anda mengizinkan.
  • Jangan mengkonsumsi obat apapun tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.


4. Berpakaian dengan benar dan sesuai

  • Kenakan bra khusus bersalin dengan ukuran yang tepat. Pastikan tali pengikatknya cukup panjang dan cup-nya cukup besar untuk menghindari tekanan pada bahu dan tulang rusuk.
  • Hindari memakai pakaian ketat selama kehamilan karena dapat menyebabkan aliran darah terhambat dan dapat mengurangi pasokan oksigen ke otot-otot.
  • Hindari memakai sepatu hak tinggi pada saat hamil.
  • Kenakan sabuk penyangga untuk mendukung perut Anda. Anda bisa mendapatkannya gratis sebagai bonus jika Anda membeli buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Sabuk penyangga ibu hamil


5. Akupunktur

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan Cina yang menggunakan jarum tipis untuk merangsang titik-titik tertentu pada tubuh Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa akupunktur dapat secara efektif mengurangi nyeri punggung pada saat hamil.


6. Aromaterapi

Bersantai dengan mandi air hangat dengan dua atau tiga tetes minyak essential lavender.

Namun, minyak lavender harus digunakan hanya sesekali pada saat hamil muda karena dapat merangsang kontraksi.


7. Latihan kardiovaskular

Melakukan latihan yang dapat meningkatkan denyut jantung untuk jangka waktu tertentu bisa dianggap sebagai latihan kardiovaskular.

Olahraga seperti berjalan, bersepeda dan berenang, semua dianggap aman untuk ibu hamil dan dapat dilakukan selama 20 sampai 45 menit, 3 sampai 5 hari seminggu.
Ingat bahwa latihan olahraga walaupun ringan, adalah lebih baik daripada tidak sama sekali. Bahkan walaupun hanya dengan 10 menit berjalan kaki.


8.Obat herbal

Ada beberapa obat herbal yang bisa Anda gunakan yang mungkin sudah Anda dengar sebelumnya dari teman-teman Anda. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai penggunaan obat-obat ini.


9. Kompres hangat atau dingin

Kompres panas atau kompres es bisa membantu sementara mengurangi nyeri punggung. Pijat juga bisa sedikit membantu ibu yang mengalami nyeri pinggang.


10. Berpikir positif

Kendalikan pikiran Anda dan berusahalah untuk selalu tenang. Perbaiki kualitas ibadah Anda.


11. Makan makanan bergizi

Jaga berat badan Anda selama hamil. Berat badan Anda memang sudah seharusnya bertambah, tapi jagalah pada batas normal dan tidak berlebihan.

Menu makanan bergizi yang seimbang merupakan aspek penting untuk kehamilan yang sehat. Seimbangkan antara asupan karbohidrat, lemak dan protein. Makanlah berbagai sayuran dan buah-buahan yang baik untuk ibu hamil.

Hindari kafein sepenuhnya selama hamil.


Hal yang harus Anda hindari

Berikut adalah daftar pendek mengenai apa yang harus Anda hindari untuk mencegah terjadinya sakit punggung pada saat hamil:
  • Berjalan terlalu cepat.
  • Berjalan terlalu lama.
  • Menyilangkan kaki.
  • Berbaring terlentang.
Kehamilan dianggap sebagai saat yang paling rapuh dari kehidupan seorang wanita. Untuk alasan tersebut, gejala apapun yang berhubungan dengan nyeri punggung pada saat hamil tidak boleh diabaikan.
Jika tidak diatasi, gejala-gejala ini dapat berlanjut selama masa kehamilan dan mempengaruhi kenyamanan dan kesehatan pasca persalinan.
Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami penyebab mendasar dari terjadinya nyeri punggung, termasuk pencegahan dan cara mengatasinya.

Kalau Anda membutuhkan panduan lengkap perawatan ibu hamil dan kesehatan janin di dalam kandungan, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.