Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Cara Mencuci Rambut Bayi Dengan Benar

Artikel ini membahas mengenai cara mencuci rambut bayi dengan benar -

Rambut bayi biasanya mulai tumbuh sejak masih dalam rahim. Pada saat lahir, beberapa bayi mungkin memiliki kepala yang benar-benar botak, sementara bayi yang lain dilahirkan dengan rambut yang sehat dan tebal.

Dalam kedua kasus tersebut, orang tua tidak perlu terlalu khawatir karena bayinya botak atau terlalu gembira karena bayinya gondrong.

Ketebalan, tekstur dan warna rambut bayi Anda akan berubah saat ia memasuki usia balita.

Rambut bayi mulai rontok antara usia tiga sampai enam bulan dan rambut baru mulai tumbuh. Bagaimanapun tekstur rambut bayi Anda, secara alami rambut bayi lebih lembut dan lebih rapuh dibanding rambut orang dewasa. Jadi, Anda perlu menanganinya dengan benar.


Cara Mencuci Rambut Bayi Dengan Benar

Produk yang digunakan pada rambut bayi

Langkah pertama adalah memilih minyak, sampo dan kondisioner secara hati-hati.

Beberapa ibu menggunakan minyak rambut untuk bayi, sedangkan ibu yang lain mungkin merasa tidak perlu. Itu adalah pilihan pribadi Anda.
  • Selalu membeli produk perawatan rambut khusus bayi. Produk tersebut tidak mengandung banyak bahan kimia, sehingga tidak terjadi iritasi pada mata atau kulit bayi.

  • Pilihlah merek terpercaya.

  • Pastikan sampo yang Anda pilih tidak memiliki ph-balance yang tinggi.

  • Gunakan sampo yang wanginya lembut seperti lavender atau jojoba.


Cara mengatasi rambut bayi yang kusut

Jenis rambut bayi berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, dan semuanya bisa saja kusut. Kita akan membahas dua jenis rambut bayi pada artikel ini, yaitu tebal dan tipis (jarang):

1. Rambut tebal yang kusut

Untuk rambut tebal yang kusut, perhatikan hal berikut ini:
  • Jangan terlalu banyak menggunakan sampo, melainkan perbanyak kondisioner. Anda dapat mencuci rambutnya dengan air dan lanjutkan dengan kondisioner.

  • Jika Anda menggunakan kondisioner semprot, maka hanya semprot ujung-ujungnya saja, atau di tempat-tempat di mana rambut itu kusut.

  • Bayi rambut yang tebal dan kusut perlu lebih sering dicuci (dengan air dan kondisioner) agar tidak teranyam.

2.  Rambut tipis yang kusut

Jangan khawatir jika anak Anda rambutnya tipis. Banyak bayi yang lahir dengan rambut tipis, namun kemudian berganti menjadi rambut yang tebal dan indah. Untuk bayi dengan rambut tipis, minimalkan pencucian.
  • Cuci rambut bayi cukup seminggu sekali atau tidak lebih dari dua kali seminggu.

  • Kulit kepala harus tetap bersih dan sehat untuk memastikan pertumbuhan rambut yang sehat pula nantinya.

Beginilah tips cara mencuci rambut bayi Anda dengan benar

Anda harus ekstra hati-hati saat mencuci rambut bayi Anda. Berikut ini adalah tips mencuci rambut bayi Anda agar ia nyaman dan kulit kepalanya tetap sehat:
  1. Buatlah lingkungan yang nyaman dan hangat sebagai tempat mencuci rambutnya. Tempatkan beberapa aksesoris dan mainan yang ia sukai, seperti bebek mainan dll.

  2. Terapkan sampo ke seluruh kulit kepala untuk membersihkan kepalanya. Alihkan dulu perhatiannya sebelum Anda membersihkan kepalanya, sebab sebagian besar bayi tidak suka bila kepalanya terganggu. Anda bisa melakukannya dengan mengajaknya berbicara atau bernyanyi kecil.

  3. Saat mencuci rambut, disarankan untuk menahan bayi Anda dalam posisi yang sedikit berbaring untuk memastikan sabun tidak mengenai mata dan tidak ada banyak air mengenai wajahnya. Pegang kepala dan bahunya dengan kuat namun lembut, sehingga bayi Anda tidak merasa takut.

  4. Gunakan spons lembut untuk mencuci kepala dan rambut. Pertama, basahi rambut bayi Anda dengan spons dan kemudian lanjutkan dengan menerapkan sedikit sampo. Pijatlah dengan lembut dan ringan.

  5. Pastikan Anda tidak menekan dengan keras kulit kepala Anda.

  6. Segera keringkan setelah selesai. Gunakan pengering rambut (atur agar tidak terlalu panas) pada kepala dan tubuh bayi Anda.
Ikutilah tips perawatan rambut bayi diatas untuk membuat kegiatan mencuci rambut menjadi lebih menyenangkan. Jangan lupa untuk membilas semua sisa-sisa sabun dan sampo dengan bersih karena bisa menyebabkan kekeringan atau infeksi.

Kalau Anda senang membaca buku bagus, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Perawatan Bayi.



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.