Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Cara Memperbanyak Sperma Dengan Makanan Yang Tepat

13 jenis makanan yang bisa memperbanyak sperma pria -

Ingin memperbesar peluang kehamilan? Perbanyak jumlah sperma pasangan pria!

Jumlah sperma adalah kuantitas (atau konsentrasi) banyaknya sperma yang ada dan bisa dihitung dalam satuan sampel yang diberikan. Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan, patokan jumlah sperma yang "normal" adalah 20 juta sperma per-milimeter, dalam sampel semen (air mani) sebanyak 2 ml.

Berarti di dalam semen (air mani) sebanyak 2 ml, harus terdapat total 40 juta sel sperma untuk bisa dikatakan normal atau sehat.

Mengapa jumlah sperma sangat penting dalam peristiwa kehamilan?

Dengan banyaknya jumlah sperma yang diproduksi oleh organ reproduksi pria, kita bisa menarik kesimpulan bahwa memang membutuhkan sejumlah besar sperma agar bisa mencapai kehamilan. Hal itu disebabkan karena hanya relatif sedikit saja dari total 40 juta sperma tersebut yang mampu melakukan perjalanan panjang dan sulit dari leher rahim menuju tuba falopi untuk membuahi sel telur.

Dan karena normalnya hanya akan ada satu sel telur yang dilepaskan pada saat ovulasi, maka sekitar 50% dari seluruh sperma tersebut menunggu di "pintu" tuba falopi yang salah (tuba falopi punya 2 pintu tempat keluarnya sel telur).

Ditambah lagi, sperma hanya mampu bertahan hidup selama beberapahari saja, sehingga timingnya harus benar-benar tepat.

Kehamilan adalah permainan peluang, sehingga jumlah sperma adalah hal yang sangat penting.

Namun pada saat yang sama, jumlah sperma yang lebih rendah dari 20 jt per-milimeter tidak serta merta menyebabkan Anda masuk ke dalam golongan "mandul". Bahkan, rendahnya jumlah sperma tidak berarti seorang pria tidak bisa membuahi.

Rendahnya jumlah sperma pasangan pria berarti:
  1. Anda butuh waktu lebih lama untuk bisa hamil.
  2. Pasangan pria Anda membutuhkan perubahan pola hidup, penyesuaian pola makanan dan perawatan kesuburan.
  3. Anda dan pasangan Anda harus benar-benar merencanakan hubungan intim sesuai masa subur Anda.
Ada banyak langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperbanyak sperma Anda dan menu makanan adalah salah satu hal paling penting yang dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Berikut ini adalah daftar beberapa makanan yang dapat memperbanyak jumlah sperma pria:

1. Dark chocolate

Coklat hitam adalah afrodisiak yang kuat. Dark chocolate mengandung L-Arginine yang merupakan asam amino ampuh untuk meningkatkan volume sperma serta meningkatkan intensitas orgasme pria.

Hanya saja, jangan mengkonsuminya secara berlebihan atau Anda akan menderita kelebihan berat badan yang akan menurunkan kadar testosteron dan jumlah sperma dalam tubuh Anda.

Coklat bisa memperbanyak sperma pria


2. Tiram

Zinc merupakan mineral yang berperan penting dalam meningkatkan kadar testosteron serta produksi sperma. Tiram merupakan sumber makanan yang kaya akan zinc.

Peningkatan kadar testosteron juga membantu meningkatkan hasrat seksual dan energi Anda, yang berarti bahwa pasangan Anda memiliki peluang lebih besar untuk hamil karena Anda akan lebih banyak bercinta.

Tiram bisa memperbanyak sperma pria


3. Telur

Karena tingginya kandungan protein dan vitamin E, telur sangat membantu dalam produksi sperma yang sehat dan kuat. Telur juga dipercaya dapat mencegah efek berbahaya yang dapat terjadi pada sel-sel sperma akibat radikal bebas yang dapat membunuh sperma.

Telur bisa memperbanyak sperma pria


4. Pisang

Pisang mengandung enzim bromelain yang dapat meningkatkan libido pria.

Pisang juga merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin B yang dapat membantu peningkatan stamina sehingga memastikan bahwa Anda memiliki lebih banyak energi untuk berhubungan intim.

Pisang bisa memperbanyak sperma pria


5. Sayur bayam

Sayuran berdaun hijau seperti bayam merupakan sumber yang kaya akan asam folat. Rendahnya kadar folat dalam tubuh Anda dapat mengabikatkan rusaknya sperma.

Sperma juga beresiko menderita kelainan kromosom apabila kekurangan folat. Ini berarti bahwa sperma pria akan sulit untuk mencapai sel telur dan bahkan jika berhasil mencapai sel telur, tidak akan mampu membuahi sel telur tersebut.

Bahkan jika sperma ini mampu membuahi sel telur, risiko cacat lahir cukup tinggi akibat rusaknya sperma tersebut.

Baca lebih lengkap mengenai Pentingnya Asam Folat Dalam Program Hamil.

Sayur bayam bisa memperbanyak sperma pria


6. Asparagus

Sayuran berwarna hijau ini kaya akan kandungan vitamin C.

Asparagus juga merupakan makanan yang baik untuk meningkatkan volume sperma. Vitamin C melindungi sel sperma dari kerusakan akibat radikal bebas dan dengan demikian memastikan bahwa sperma yang dihasilkan selalu berkualitas tinggi.

Asparagus bisa memperbanyak sperma pria


7. Bawang putih

Bawang putih adalah bumbu makanan yang sangat efektif yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit fisik termasuk masalah jantung dan infeksi saluran pernapasan.

Apa yang kebanyakan orang tidak tahu adalah, bahwa bawang putih juga merupakan afrodisiak ampuh dan sangat efektif dalam memperbanyak jumlah sperma. Bawang putih berisi senyawa yang disebut allicin yang berfungsi meningkatkan aliran darah ke organ seksual pria, memperbanyak produksi dan volume sperma.

Bawang putih bisa memperbanyak sperma pria


8. Wortel

Vitamin A adalah nutrisi penting yang berguna untuk meningkatkan produksi sperma serta meningkatkan motilitasnya.

Wortel kaya akan kandungan vitamin A. Anda juga dapat mengasup vitamin A dengan mengkonsumsi makanan seperti oatmeal (havermut), paprika merah dan aprikot kering.

Wortel bisa memperbanyak sperma pria


9. Kenari

Nutrisi penting lainnya untuk memperbanyak jumlah sperma pria adalah asam lemak omega-3. Asam lemak esensial ini dapat meningkatkan jumlah sperma serta meningkatkan aliran darah ke penis. Biji kenari banyak mengandung nutrisi ini.



10. Goji berry

Buah ini dikenal dapat meningkatkan stamina secara keseluruhan. Tapi bukan hanya itu, Goji berry juga menjaga suhu di skrotum (kantung testis) tetap optimal dan kondusif untuk memproduksi sperma.

Skrotum berisi testis yang bertugas memproduksi sperma. Suhu panas cenderung menghambat produksi sperma dan mengurangi volume sperma.

Buah ini jarang ditemukan di Indonesia.

Goji berry bisa memperbanyak sperma pria


11. Biji labu

Biji labu mengandung pitosterol yang berkhasiat untuk meningkatkan produksi testosteron dan mengurangi produksinya apabila berlebihan. Kedua faktor ini membantu dalam memperbanyak jumlah sperma. Biji labu juga mengandung asam lemak esensial yang berperan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi pria.

Biji labu bisa memperbanyak sperma pria


12. Ginseng

Ginseng dikenal karena memiliki efek yang ajib terhadap kejantanan pria. Ginseng meningkatkan gairah seks dan juga meningkatkan kinerja seksual Anda.

Ginseng cukup efektif mengobati pria yang mengalami disfungsi ereksi, serta berguna untuk meningkatkan volume dan produksi jumlah sperma.

Ginseng bisa memperbanyak sperma pria


13. Maca

Maca adalah herbal yang dikenal dapat memperbanyak jumlah sperma.

Telah ditemukan bahwa pria yang mengkonsumsi herbal ini dalam bentuk suplemen, memiliki jumlah sperma yang lebih banyak per-mililiter air mani, volume air mani yang lebih tinggi  per-ejakulasi dan motilitas sperma juga lebih baik.

Maca juga dikenal memiliki efek positif pada gairah seks pria dan wanita.

Maca bisa memperbanyak sperma pria

Kalau Anda dan pasangan Anda membutuhkan panduan lengkap strategi cepat hamil dan cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.