Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Pedas?

Amankah ibu menyusui makan makanan pedas? -

Selamat! Anda sekarang adalah seorang ibu. Pastinya Anda sekarang sedang dalam momen paling berbahagia dalam hidup Anda.

Bayi Anda membutuhkan perhatian dan perawatan selama tahun-tahun pertama hidupnya dan pastinya Anda ingin melakukan segala sesuatu yang terbaik untuknya.

Menyusui adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk bayi Anda, mengapa?

Sebab, manfaat ASI jauh melampaui manfaat susu formula kemasan.

ASI memberikan bayi Anda banyak nutrisi penting sebagai penguat sistem kekebalan tubuhnya.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari apakah makanan pedas mempengaruhi bayi Anda melalui proses menyusui ASI.


Bolehkah Ibu Menyusui Makan Pedas

Amankah makanan pedas bagi ibu menyusui?

Sebagai ibu baru, wajar jika Anda khawatir tentang berbagai faktor yang terkait dengan menyusui, dan Anda mungkin pernah mendengar beberapa mitos tentang menyusui yang membingungkan.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa Anda harus menghindari makanan pedas pada saat Anda sedang menyusui bayi.

Namun, para ahli percaya bahwa makan makanan pedas saat menyusui hanya berpengaruh sedikit sekali, atau malah tidak berpengaruh sama sekali pada bayi Anda.

Benar bahwa makanan yang Anda konsumsi selama masa kehamilan dan menyusui akan berpengaruh besar pada kesehatan bayi Anda dan konsumsi beberapa makanan tertentu benar-benar dapat mengubah rasa ASI.

Namun, hal ini tidak selalu berbahaya bagi bayi Anda.


Kapan sebaiknya ibu menyusui tidak makan makanan pedas?

Tubuh manusia adalah sistem yang kompleks dan setiap orang berbeda dengan orang lainnya.

Yang terbaik adalah untuk mendeteksi makanan apa yang membuat bayi Anda lebih nyaman.

Sama seperti ketika hamil, mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, vitamin dan mineral juga sangat penting selama menyusui.

Tambahkan lebih banyak buah dan sayuran pada menu Anda. Hindari makanan olahan dan makanan kemasan yang mengandung bahan kimia tambahan.

Jika Anda baru saja memakan makanan pedas dan Anda ingin mengetahui reaksi bayi Anda terhadap makanan tersebut, periksalah beberapa hal berikut:
  • Bayi Anda akan rewel dan tampak kesal selama menyusui.

  • Bayi Anda menangis setelah minum ASI.

  • Bayi Anda seperti hendak melemparkan diri dari pelukan atau pangkuan Anda, menolak untuk minum ASI.
Jika bayi Anda menampilkan gejala-gejala tersebut terutama selama menyusui, kemungkinan ia merasa tidak nyaman dengan makanan pedas yang Anda konsumsi.

Penelitian tentang bawang putih

Anda mungkin mengetahui bahwa bawang putih sangat baik sebagai pembasmi kolsterol, tapi ternyata khasiat bawang putih lebih banyak daripada sekedar sebagai obat kolesterol.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada ibu menyusui mengungkapkan fakta bahwa ibu yang mengkonsumsi bawang putih selama menyusui bisa membantu meningkatkan nafsu makan anak-anak mereka.

Para peneliti menemukan bahwa ketika ASI memiliki rasa dan aroma bawang putih, bayi cenderung untuk minum lebih banyak dan lebih lama.

Intinya:

Jika Anda merokok atau minum alkohol, hentikanlah sekarang juga!

Nikotin dan alkohol dapat membawa efek buruk pada kesehatan bayi Anda dan dapat menempatkan bayi Anda pada banyak sekali resiko komplikasi.

Di banyak negara seperti Indonesia, Thailand, Meksiko, India dan China, rempah-rempah dan paprika adalah bagian dari bumbu masakan sehari-hari dan para ibu menyusui di negara-negara tersebut tidak perlu melakukan perubahan pola makan.

Tetapi jika Anda melihat bayi Anda menjadi rewel dan tampak kesal setelah menyusui, mungkin ia terpengaruh dengan apa yang Anda konsumsi. Ingatlah hal itu dan cobalah untuk menghentikan sementara makanan yang selama ini Anda konsumsi, lalu lihat hasilnya.

Kalau Anda senang membaca buku bagus, simak ulasan kami mengenai buku yang mungkin cocok untuk Anda, Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.