Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Memakai Sepatu Hak Tinggi?

5 resiko memakai sepatu hak tinggi untuk ibu hamil -

Bolehkah ibu hamil memakai sepatu hak tinggi atau high heel?

Jika Anda adalah seorang wanita yang sehari-hari terbiasa memakai sepatu hak tinggi, Anda mungkin merasa berat untuk meninggalkan kebiasaan ini ketika Anda hamil.

Banyak wanita hamil yang tetap memakai sepatu hak tinggi selama sembilan bulan masa kehamilannya, tetapi dokter pada umumnya menyarankan para ibu hamil untuk menghindari memakai sepatu hak tinggi.

Ada banyak alasan mengapa Anda harus menghindari sepatu hak tinggi selama kehamilan, karena akan membawa resiko kesehatan tertentu.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Bolehkah Ibu Hamil Memakai Sepatu Hak Tinggi?

Efek memakai sepatu hak tinggi terhadap ibu hamil

Apa saja efek samping memakai sepatu hak tinggi pada saat hamil. Mari kita lihat:

1. Keram betis

Bila Anda memakai sepatu hak tinggi untuk waktu yang lama, otot betis Anda selalu berada dalam posisi terkontraksi. Hal ini menyebabkan kram pada otot betis, dan akan bertambah parah selama kehamilan.


2. Nyeri punggung

Sepatu hak tinggi akan mengubah postur normal manusia. Otot-otot panggul Anda akan membungkuk ke depan, sehingga punggung Anda akan sedikit membungkuk juga.
  • Selama kehamilan, berat badan Anda bertambah di bagian depan. Perubahan postur akibat pemakaian sepatu hak tinggi akan menyebabkan rasa sakit pada punggung.
  • Ligamen di punggung bagian bawah dan di kaki menjadi lebih longgar selama kehamilan. Memakai sepatu hak tinggi memberikan tekanan berlebih pada panggul dan sendi punggung, karena titik berat yang tidak tepat. Hal ini menyebabkan nyeri di sekitar sendi dan ligamen punggung bawah dan juga pada daerah panggul.

3. Kurang keseimbangan

Kekuatan pergelangan kaki Anda cenderung berkurang karena pertambahan berat badan dan perubahan hormon dalam tubuh.
  • Inilah alasan utama yang menyebabkan berkurangnya keseimbangan tubuh Anda.
  • Ketika Anda mengenakan sepatu hak tinggi, akan ada kemungkinan lebih besar Anda akan kehilangan keseimbangan dan tersandung, menyebabkan cedera pada Anda dan janin Anda.


4. Otot tertarik

Sama seperti punggung dan perut, ligamen di pergelangan kaki dan betis juga normalnya menjadi lebih longgar akibat hormon kehamilan.
  • Memakai sepatu hak tinggi akan membuat otot tertarik.
  • Sepatu hak tinggi yang biasanya nyaman Anda kenakan sebelum hamil, sekarang akan menjadi kurang nyaman dan menyakitkan

5. Kaki bengkak

Sebuah kondisi medis yang dikenal sebagai edema atau bengkak pada kaki dan pergelangan kaki selama kehamilan.
  • Memakai sepatu ketat dan sepatu hak tinggi akan semakin memperburuk masalah ini.
  • Akan banyak cairan yang terakumulasi di bagian bawah tubuh Anda dan karena membengkak kaki, Anda juga mungkin akan mengalami rasa sakit.


Tips memakai sepatu hak tinggi selama masa kehamilan

Memakai sepatu hak selama kehamilan sama sekali tidak dianjurkan, karena membawa resiko serius untuk Anda dan bayi Anda. Namun, jika Anda benar-benar harus memakai sepatu hak tinggi, perhatikanlah tips berikut ini:
  • Tidak apa-apa untuk memakai sepatu berhak yang tidak terlalu tinggi pada trimester pertama kehamilan Anda.
  • Coba kenakan sepatu yang haknya lebih rendah dan lebih kokoh.
  • Belilah sepatu yang nyaman dan tidak ketat pada kaki Anda.
  • Hindari sepatu yang haknya tipis. Semakin tipis hak sepatu Anda, maka kemampuannya menopang tubuh Anda semakin rendah sehingga membuatnya lebih sulit untuk menjaga keseimbangan.
  • Jika Anda seorang wanita karier yang harus memakai sepatu hak tinggi sepanjang hari, cobalah untuk mengistirahatkan kaki Anda beberapa kali sehari.
  • Jika Anda menghadiri acara, hindari berjalan atau berdiri untuk jangka waktu lama dengan sepatu hak tinggi.
  • Kenakan sepatu hak datar untuk kegiatan sehari-hari yang tidak formal.
  • Jika Anda mengalami kelelahan tumit dan ketidaknyamanan, cobalah latihan peregangan untuk otot betis dan pijatlah kaki Anda dengan lembut.
Anda sudah tahu resiko akibat memakai sepatu hak tinggi saat hamil.

Lebih baik Anda menghindari memakai sepatu hak tinggi selama 9 bulan masa kehamilan Anda. Jagalah kesehatan diri dan bayi Anda.

Kalau Anda membutuhkan panduan lengkap perawatan ibu hamil dan kesehatan janin di dalam kandungan, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.