Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Kambing?

Manfaat dan resiko makan daging kambing terhadap ibu hamil -

Apakah Anda hobi makan daging kambing?

Daging kambing sudah menjadi menu makanan favorit di berbagai belahan dunia selama berabad-abad lamanya.

Namun bagaimanapun juga, selama masa kehamilan Anda tetap harus ekstra waspada terhadap apapun yang Anda makan dan sebaiknya konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Kambing?

Manfaat makan daging kambing untuk ibu hamil

Selain rasanya yang gurih dan lezat, daging kambing juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi daging kambing:
  • Sumber protein yang sangat baik. Daging kambing memberikan asupan protein yang Anda butuhkan selama kehamilan. Protein pastinya akan sangat membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan janin Anda.
  • Daging kambing sangat kaya akan zat besi yang akan meningkatkan tingkat hemoglobin Anda. Ini membantu dalam pembentukan sel darah merah. Zat besi yang terkandung dalam daging kambing akan diserap oleh tubuh Anda dengan mudah.
  • Tingginya kandungan zinc pada daging kambing membantu mengembangkan sistem kekebalan tubuh pada janin Anda dan memastikan keseluruhan pertumbuhan bayi Anda sehat.
  • Daging kambing adalah sumber yang kaya akan vitamin B12 yang membantu untuk membentuk sistem saraf yang sehat, pembentukan sel darah merah dan mengatasi anemia.
  • Daging kambing juga mengandung tembaga yang akan membantu pertumbuhan bayi Anda dengan maksimal.


Resiko makan daging kambing pada saat hamil

Tidak diragukan lagi, domba adalah sumber yang kaya akan semua nutrisi penting yang Anda butuhkan selama kehamilan.

Namun, ada beberapa faktor resiko yang tidak bisa dikesampingkan sepenuhnya.

Berikut ini adalah beberapa faktor risiko apabila mengkonsumsi daging kambing terlalu banyak pada saat hamil:
  • Daging kambing mengandung sejumlah tinggi kolesterol dan lemak jenuh yang bisa mengakibatkan peningkatan kadar lipid dalam darah Anda secara signifikan. Anda tentunya tidak menginginkan ini terjadi saat kehamilan Anda.
  • Daging kambing kaya akan kandungan natrium dan terlalu banyak mengkonsumsi daging kambing dapat meningkatkan tekanan darah Anda.
  • Histamines yang terkandung pada daging kambing dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang. Eksim adalah salah satu bentuk infeksi yang paling umum. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin juga bisa menderita asma, batuk dan pilek.
  • Namun, jika dokter Anda mengizinkan, silakan membuat hidangan daging kambing yang lezat.


Tindakan pencegahan:

Karena daging kambing mengandung kalori yang tinggi, Anda perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi daging kambing pada saat hamil untuk menghindari penyakit, seperti contohnya gangguan pencernaan.

Berikut adalah beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan:
  • Jika Anda makan daging kambing, pastikan Anda minum banyak air.
  • Menyertakan banyak sayuran dan buah-buahan yang kaya akan kalsium dalam hidangan daging kambing Anda untuk meningkatkan gizi bagi bayi Anda.
  • Masaklah daging kambing dengan sempurna untuk menghindari kuman dan bakteri.
Menu makanan sehat untuk ibu hamil adalah keseimbangan yang tepat dari vitamin, serat, mineral, protein dan lemak. Kuncinya adalah kewaspadaan.

Tidak perlu khawatir jika misalnya hari ini Anda terlanjur mengkonsumsi daging kambing lebih dari jumlah yang seharusnya. Hindarilah besok.

Jangan menjadikan daging kambing sebagai menu setiap hari, terutama pada saat hamil.

Kalau Anda membutuhkan panduan lengkap perawatan ibu hamil dan kesehatan janin di dalam kandungan, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.