Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bahaya Aspartame Terhadap Program Hamil Anda

5 bahaya pemanis buatan aspartame terhadap kesuburan dan dampak buruknya bagi program hamil Anda -

Anda pasti menganggap bahwa segala jenis makanan yang dapat menurunkan berat badan pasti bagus, bukan?

Tidak demikian halnya dengan aspartame.

Aspartame merupakan pemanis buatan yang digunakan sebagai pengganti gula untuk makanan dan minuman, contohnya pada diet soda. Aspartame tidak baik bagi tubuh manusia dan harus dihindari, terutama ketika Anda sedang dalam program hamil.

Aspartame berhubungan dengan kemandulan dan cacat lahir akibat kerusakan DNA serta gangguan endokrin, yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon.
Konsumsi aspartame juga telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan utama lainnya seperti penyakit autoimun, ADD, ADHD, hipotiroidisme dan masih banyak lagi.

Aspartame terdiri dari tiga unsur: fenilalanin, asam aspartat dan metanol.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Bahaya Aspartame Terhadap Program Hamil Anda

Apakah Anda mengkonsumi Aspartame setiap hari?

Sangat penting untuk melindungi kesehatan Anda sendiri, sehingga ketika Anda hamil, kesehatan bayi Anda pun juga terjaga.

Pikirkan tentang apa yang Anda makan setiap hari. Jika salah satu makanan yang Anda makan menggunakan bahan aspartame, hindarilah membeli atau mengkonsumsinya.
Sebagian besar makanan yang "bebas gula" mengandung aspartame.
Diet soda, permen karet, jelly bebas gula, selai, beberapa snack keripik, beberapa saus memasak, yogurt, beberapa sereal dan seterusnya. Jadilah pembaca label sebelum membeli makanan di supermarket.


5 dampak buruk aspartame terhadap kesuburan dan kesehatan

Mengapa aspartame harus dihindari?

Berikut adalah 5 alasan yang sangat penting mengapa Anda harus mengindari Aspartame ketika sedang dalam program hamil.

1. Membentuk Radikal Bebas

Aspartame terdiri dari dua asam amino yang biasa ditemukan dalam makanan yang kita biasanya makan sehari-hari, yaitu fenilalanin dan asam aspartat. Kedua asam amino ini dianggap alami dan tidak berbahaya apabila dikonsumsi bersama-sama dengan asam amino lainnya.

Namun keduanya tidak baik apabila dikonsumsi terpisah dengan asam amino lainnya.
Ketika dikonsumsi terpisah, maka asam amino ini akan memasuki sistem saraf pusat Anda dengan konsentrasi yang lebih tinggi dari seharusnya. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan neuron matinya sel tubuh.
Apabila dikonsumsi terpisah tanpa asam amino lainnya, fenilalanin dan asam aspartat dianggap excitotoxins, yang merangsang generasi radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak struktur sel.
Kelebihan radikal bebas akan mempercepat proses penuaan.
Hindari aspartame sebagai salah satu bahan kimia beracun untuk melindungi kesehatan sel tubuh Anda. Hal ini penting karena ovum (sel telur) dan sperma adalah sel tunggal. Bahkan, seluruh tubuh manusia terdiri dari sekitar 100 triliun sel tunggal.

Dalam rangka untuk mempertahankan kesehatan sel, hindarilah segala sesuatu yang dapat menciptakan pembentukan radikal bebas dalam tubuh.



2. Risiko Kerusakan DNA

DNA adalah kode genetik dalam setiap sel. Baik ovarium dan sperma menurunkan kode genetik ini ke keturunannya. Penelitian telah menunjukkan potensi aspartame dapat merusak DNA dalam sel.

Aspartame sensitif terhadap suhu. Bila terkena suhu di atas 86 derajat fahrenheit atau disimpan terlalu lama, fenilalanin diubah menjadi diketopiperazine (DKP), yang merupakan karsinogen.

Selain itu, 10% dari kandungan aspartame diserap ke dalam darah sebagai metanol. Hanya 7,8 miligram metanol yang dianggap batas aman untuk konsumsi sehari-hari.
Faktanya, diet soda satu liter biasanya mengandung sekitar 56 miligram metanol. Berarti 8 kali lipat dari batas aman.
Ketika disimpan pada suhu dingin, metanol akan dikonversi ke formaldehida. Pembentukan formaldehida akibat konsumsi aspartame akan terakumulasi dalam sel, kemudian akan mengganggu DNA.



3. Efek Samping Terhadap Bayi

Aspartame dapat dengan mudah diteruskan ke janin dan bayi yang sedang tumbuh melalui plasenta dan ASI.
Sebelum lahir, plasenta mengkonsentrasikan asam amino yang akan diteruskan ke janin. Ini berarti bahwa kadar fenilalanin dan asam aspartat pada janin akan 4-6 kali lebih banyak dibanding pada ibu. Ini beresiko besar terhadap cacat lahir.
Penelitian lain telah menunjukkan bahwa bayi empat kali lebih sensitif terhadap eksitoksin, dan aspartame adalah suatu eksitoksin.


4. Aspartame Mempengaruhi Tingkat Insulin

Jadi, apakah aspartame benar-benar dapat membantu Anda menurunkan berat badan?

Nah, kita sudah tahu bahwa aspartame tidak membantu seseorang untuk menjadi lebih sehat, jadi apa pengaruhnya terhadap kadar gula darah tubuh?

Beberapa penelitian menunjukkan fenilalanin dan asam aspartat sebenarnya merangsang pelepasan insulin. Lonjakan insulin ini akan menghilangkan glukosa dari aliran darah dan memberi sinyal ke tubuh Anda untuk menyimpannya sebagai lemak.

Hasilnya adalah hipoglikemia.
Hal ini justru dapat menyebabkan kenaikan berat badan karena tubuh Anda akan terus menerus menginginkan asupan gula.


5. Aspartame BUKAN Makanan

Salah satu hal paling penting untuk dipertimbangkan dalam program hamil Anda adalah apa yang Anda konsumsi. Setiap makanan yang Anda masukkan ke dalam mulut Anda tidak hanya membentuk tubuh Anda, tetapi akan membantu perkembangan anak Anda.

Bahkan sebelum anak Anda lahir, sel telur dan sperma juga terpengaruh oleh apa yang Anda makan, sedangkan Anda tahu bahwa janin terbentuk dari pembuahan sperma dan telur, bukan?
Apa yang Anda setiap hari akan berdampak pada kesehatan telur dan sperma. Mengkonsumsi berbagai bahan kimia buatan dapat merusak kesehatan tubuh Anda dan anak-anak Anda.
Kami tidak menyarankan Anda untuk mengkonsumsi banyak gula, atau memilih pemanis buatan lain selain aspartame. Kami hanya mengatakan bahwa mengkonsumsi secangkir gula, walaupun juga kurang baik, itu mungkin masih lebih baik daripada mengkonsumsi soda yang mengandung aspartame.

Langkah terbaik adalah mengkonsumsi makanan dengan bahan-bahan alami.

Kalau Anda dan pasangan Anda membutuhkan panduan lengkap strategi cepat hamil dan cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.