Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Bagaimana Mengatasi Nyeri Payudara Pada Saat Hamil?

Beberapa tips cara mengatasi nyeri payudara pada saat hamil -

Hai Ibu, apa kabar? Semoga Anda dan bayi Anda sehat-sehat selalu...

Mengapa nyeri payudara kerap terjadi selama masa kehamilan? Nyeri payudara sebenarnya adalah salah satu gejala kehamilan paling awal dan ini normal. Nyeri ini biasanya terjadi selama siklus menstruasi pada beberapa wanita dan juga terjadi pada tiga bulan pertama masa kehamilan.

Selama fase ini, payudara Anda terasa seperti bengkak dan sakit. Nyeri ini biasanya dimulai dari minggu kelima atau keenam kehamilan, tetapi kebanyakan wanita merasa nyeri payudara mereka berkurang atau hampir hilang sama sekali pada paruh kedua kehamilan mereka.

Tentu saja tipe tubuh wanita berbeda satu sama lainnya. Beberapa diantaranya mengalami nyeri payudara terus menerus selama kehamilan, sementara beberapa wanita yang lain hampir tidak mengalami rasa sakit sama sekali.

Pada artikel ini, kami akan memaparkan beberapa penyebab paling umum mengapa ibu hamil merasakan nyeri payudara.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Bagaimana Mengatasi Nyeri Payudara Pada Saat Hamil


Penyebab umum nyeri payudara pada ibu hamil

1. Perubahan pada payudara yang bersifat fibrokistik

Ini adalah penyebab paling umum nyeri payudara selama kehamilan. Kista kecil terbentuk di jaringan fibrosa payudara, berisi cairan dan membengkak, sehingga menyebabkan rasa sakit.


2. Ketidakseimbangan hormonal

Selama kehamilan, secara alami tubuh mempersiapkan diri untuk menjalani berbagai tahap perkembangan bayi. Hal ini menyebabkan perubahan kadar beberapa hormon. Ketidakseimbangan dalam kadar estrogen dan beberapa hormon lain mengakibatkan nyeri payudara.


3. Payudara "bocor"

Salah satu keluhan yang paling umum pada ibu hamil adalah, bahwa payudara mereka bocor dan ini terasa terutama di trimester kedua atau ketiga kehamilan.
"Kebocoran" payudara biasanya terjadi karena payudara Anda mulai memproduksi kolostrum.
Kolostrum adalah cairan yang diminum bayi Anda di beberapa hari pertama kelahirannya, sebelum payudara Anda benar-benar mulai memproduksi susu.

Cairan ini bisa keluar dari payudara karena dipijat atau bahkan ketika Anda terangsang secara seksual dan merupakan salah satu penyebab utama terjadinya nyeri payudara, terutama pada tahap akhir kehamilan.


4. Perubahan payudara

Fungsi paling penting dari payudara Anda adalah untuk memberi makan bayi Anda setelah ia lahir. Untuk alasan ini, payudara Anda secara bertahap disiapkan oleh tubuh Anda selama masa kehamilan. Selama kehamilan, sel-sel yang menghasilkan susu terbentuk. Hal ini menyebabkan membesarnya payudara Anda.

Payudara Anda terus melanjutkan proses ini setelah Anda melahirkan. Inilah yang menyebabkan nyeri pada payudara Anda.



Bagaimana cara mengurangi nyeri payudara pada ibu hamil?

Setelah Anda mengetahui berbagai penyebab terjadinya nyeri payudara selama kehamilan, adakah tips untuk mengurangi rasa nyeri tersebut? Mari kita lihat:
  1. Selama hamil, pastikan Anda hati-hati dalam memilih pakaian dalam, terutama bra. Hal ini untuk memastikan payudara Anda tidak mengalami tekanan berlebih dan mendapatkan dukungan yang baik. Ketahuilah setiap perubahan yang terjadi pada ukuran payudara Anda karena Anda mungkin perlu membeli bra dengan ukuran beberapa kali lebih besar dari biasanya. Beberapa orang bahkan memakai lebih dari satu bra, jika mereka berpikir bahwa satu saja tidak cukup. Jika Anda menghindari mengenakan bra, rasa nyeri malah akan semakin parah dan itu akan mempengaruhi bentuk payudara Anda.
  2. Jika payudara Anda terasa terlalu "berat", cobalah mengenakan bra olahraga atau bra yang empuk. Bra seperti ini umumnya paling cocok dan nyaman untuk dikenakan oleh wanita dengan payudara yang berat pada saat hamil.
  3. Percaya atau tidak, mengurangi asupan garam sangat membantu dalam mengurangi rasa sakit di payudara Anda. Hal ini karena garam menyimpan air, karenanya payudara Anda terasa menjadi lebih berat sehingga menyebabkan rasa nyeri.
  4. Minumlah banyak air selama masa kehamilan. Air tidak hanya membantu membuang racun, tetapi juga membuat Anda merasa lebih ringan dan segar.
  5. Wanita umumnya cenderung untuk banyak istirahat selama dan setelah kehamilan. Tetapi sangat penting untuk menjaga diri tetap aktif secara fisik. Berjalan-jalanlah selama sekitar setengah jam setiap hari, lakukan beberapa pekerjaan rumah tangga ringan dll.
  6. Kadang-kadang rasa nyeri terasa terlalu intens dan tidak ada tindakan pencegahan di atas yang dapat menyelesaikan masalah. Dalam hal ini, segera konsultasi dengan dokter kandungan Anda. Sangat tidak disarankan mengobati diri sendiri.
  7. Kenakan bantalan payudara atau breast pad.
  8. Sholat dengan gerakan yang benar. Banyak bukti menunjukkan gerakan sholat apabila dilakukan dengan cara yang benar, akan sangat membantu mengurangi rasa nyeri pada ibu hamil (bukan hanya nyeri payudara) dan juga akan membantu  menjaga pikiran dan tubuh tetap tenang dan rileks. Hal ini pada akhirnya akan membantu Anda dalam mentoleransi nyeri payudara selama kehamilan.
Meskipun nyeri payudara selama kehamilan terasa tidak nyaman dan menyakitkan, Anda harus menyadari bahwa hal itu normal dan tidak perlu khawatir.
Konsultasilah ke dokter kandungan Anda untuk memastikan bahwa tidak ada komplikasi lain yang berhubungan dengan nyeri payudara Anda.

Kalau Anda membutuhkan panduan lengkap perawatan ibu hamil dan kesehatan janin di dalam kandungan, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.