Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

8 Vitamin Penting Agar Cepat Hamil

Daftar vitamin paling penting untuk meningkatkan kesuburan dan keberhasilan program hamil Anda -

Apakah Anda ingin cepat hamil? Tahukah Anda vitamin apa saja yang bisa membantu Anda mewujudkan impian Anda itu? Apakah Anda tahu bahwa Anda bisa membantu bayi Anda nantinya tumbuh  menjadi anak yang sehat dan kuat bahkan sebelum Anda mengandungnya?

Artikel ini akan membantu Anda memahami pentingnya vitamin bagi kehamilan dan vitamin apa saja yang paling utama untuk dikonsumsi mereka yang ingin hamil.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Vitamin Penting Agar Cepat Hamil

Apa Itu Vitamin?

Vitamin adalah amalgam organik yang dibutuhkan oleh semua organisme hidup untuk mencapai dan  mempertahankan kondisi sehat.

Meskipun makanan yang kita makan setiap hari juga banyak mengandung vitamin, pada waktu-waktu tertentu kuantitas tidak mencukupi atau Anda mungkin perlu suplemen vitamin karena adanya beberapa masalah kesehatan.


Daftar vitamin untuk membantu Anda cepat hamil

Salah satu strategi terbaik dalam menjalani program hamil adalah dengan perencanaan vitamin.

Namun, jangan mengkonsumsi suplemen apapun tanpa terlebih dahulu konsultasi dengan dokter kandungan. Berikut ini adalah daftar vitamin terpenting bagi Anda yang sedang merencanakan program hamil:


1. Asam Folat

Asam folat, yang merupakan vitamin penting setelah Anda hamil nantinya, juga bisa meningkatkan kesuburan Anda yang belum hamil.
Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi asam folat memiliki peluang lebih besar untuk hamil dibanding wanita yang tidak mengkonsumsi asam folat.
Selama kehamilan, asam folat juga membantu dalam mencegah cacat lahir.

Asam folat membantu mencegah cacat tabung saraf, yaitu cacat lahir serius yang terjadi pada sumsum tulang belakang (seperti spina bifia) atau otak (seperti anencephaly). Tabung saraf adalah bagian embrio yang akan berkembang menjadi tulang belakang dan otak bayi.

Cacat tabung saraf pada bayi terjadi pada 25 sampai 29 hari setelah pembuahan. Pada saat itu, kebanyakan wanita belum menyadai bahwa dirinya hamil.

Karena cacat ini terjadi sangat dini, Anda harus mulai mengkonsumsi vitamin yang mengandung asam folat sebelum hamil. Mulai lah mengkonsumsi asam folat segera setelah Anda berhenti menggunakan KB.

Wanita membutuhkan lebih banyak asupan asam folat selama kehamilan dan menyusui dibanding sebelumnya. Jadi Anda harus terus mengkonsumsi asam folat pada saat hamil dan menyusui nantinya.

Dosis asupan harian asam folat yang direkomendasikan untuk semua wanita usia subur adalah setidaknya 400 mikrogram (mcg), atau 0,4 miligram (mg). Konsumsilah asam folat setidaknya satu bulan sebelum konsepsi untuk mengurangi risiko cacat tabung saraf.

Risiko cacat tabung saraf yang bisa dikurangi dengan mengkonsumsi asam folat minimal 1 bulan sebelum hamil mencapai 70%.

Kemudian pada saat hamil, dosis yang dianjurkan meningkat menjadi 600-800 mcg, atau 0,6-0,8 mg. Tentu saja, kebutuhan Anda mungkin berbeda. Jika Anda memiliki riwayat keluarga yang menderita cacat tabung saraf, Anda mungkin harus mengkonsumsi sekitar 4.000 mcg (4 mg) asam folat per hari. Konsultasikan dengan dokter Anda.

Beberapa sumber makanan yang mengandung banyak asam folat:  bayam, hati, kacang merah, lentil dan asparagus. Pastikan untuk menyertakan asam folat dalam menu harian Anda.

Baca artikel kami mengenai Pentingnya Asam Folat Dalam Program Hamil.


2. Vitamin C

Vitamin C penting bagi pria maupun wanita karena akan meningkatkan kesuburan pria dan meningkatkan kadar hormon pada wanita.

Jika Anda sedang berusaha untuk hamil, ketahuilah bahwa vitamin C dapat meningkatkan peluang kesuksesan pembuahan. Suplemen vitamin C bisa membuat Anda lebih subur.

Vitamin C telah terbukti meningkatkan kualitas sperma dan melindungi sperma dari kerusakan DNA, membantu mengurangi risiko keguguran dan cacat kromosom. Vitamin C melindungi sperma dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.

Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin C menyebabkan buruknya motilitas dan morfologi. Vitamin C juga berperan meningkatkan jumlah sperma pada pria.

Asam askorbat (sebuah bentuk dari vitamin C) ditemukan berada pada kadar paling tinggi dalam cairan mani, apabila dibandingkan dengan cairan lainnya di dalam tubuh manusia. Penurunan kadar vitamin C dapat merugikan kesehatan sperma pria.

Apabila asupan vitamin C dikurangi dari 250mg menjadi hanya 5mg per-hari, kadar asam askorbat dalam cairan mani pria juga berkurang hingga 50% dan jumlah sperma yang menderita kerusakan DNA meningkat 91%. Hasil ini menunjukkan pentingnya asupan vitamin C dalam mencegah kemandulan pada pria.

Pada wanita, asam askorbat memainkan peran penting dalam regulasi siklus menstruasi dan fungsi ovarium. Ekskresi asam askorbat meningkat dan menurun sebelum ovulasi, dan kemudian dengan cepat naik lagi pada saat suhu tubuh meningkat pasca-ovulasi.

Para ahli berspekulasi bahwa fenomena tersebut mencerminkan terjadinya penyerapan asam askorbat dalam ovarium sebelum ovulasi, yang kemudian memfasilitasi terjadinya ovulasi dengan sehat.

Tingginya kadar asam askorbat yang terdapat di dalam ovarium bertanggung jawab terhadap sintesis kolagen, yang diperlukan untuk menunjang pertumbuhan folikel dan korpus luteum, serta perbaikan ovarium pasca-ovulasi.

Jika fungsi tersebut terganggu, maka bisa menyebabkan kista ovarium.

Anda dapat menemukan vitamin C dalam banyaksumber makanan dari tanaman dan buah-buahan seperti buah jeruk, brokoli, kubis, cranberry, kentang, tomat, dan paprika merah.


3. Vitamin E

Vitamin E merupakan nutrisi penting yang bermanfaat bagi pria dan wanita.

Bagi pria, vitamin E membantu dalam melindungi sperma dan DNA dari kerusakan sebab vitamin E adalah antioksidan alami.

Pria yang bermasalah dengan kesuburannya seringkali adalah mereka yang rendah kadar vitamin E dalam tubuhnya. Vitamin E membantu meningkatkan mobilitas dan kualitas sperma sehingga memudahkan sperma untuk membuahi sel telur.

Vitamin E juga terbukti mengurangi cacat sperma pada pria yang mana bisa menyebabkan cacat lahir atau keguguran. Pria yang mengkonsumsi suplemen vitamin E bahkan hanya dalam waktu beberapa bulan saja, mengalami peningkatan kesuburan hingga 10%.

Bagi wanita, vitamin E membantu dalam mengatur siklus ovulasi. Jika siklus Anda teratur, Anda bisa merencanakan waktu terbaik untuk berhubungan intim.

Vitamin E juga menyimpan banyak manfaat kesehatan bagi wanita. Vitamin E membantu meningkatkan produksi lendir serviks pada wanita, yang mana sangat penting untuk membantu sperma bertahan hidup selama beberapa hari di dalam tubuh wanita.

Vitamin E juga dapat membantu mencegah cacat pada sel telur dan meningkatkan kesehatan telur secara keseluruhan sehingga mengurangi risiko cacat lahir dan keguguran. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin E dapat memperpanjang fase luteal.

Masih banyak lagi penelitian yang harus dilakukan untuk lebih mengetahui manfaat Vitamin E untuk kesuburan wanita, sebab sebagian besar penelitian yang dilakukan sejauh ini adalah untuk pria.

Sumber makanan yang kaya akan vitamin E adalah biji bunga matahari, bayam, almond, pepaya, buah zaitun, dan sayuran berdaun hijau gelap.


4. Zinc (seng)

Zinc adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh pria dan wanita untuk meningkatkan peluang pembuahan. Zinc juga sangat dibutuhkan dalam proses pembelahan sel.

Zinc merupakan komponen penting dari materi genetik manusia. Itulah sebabnya, kekurangan zinc bisa memperbesar risiko keguguran dan memperlama waktu yang Anda butuhkan untuk hamil.

Zinc merupakan mineral yang sangat penring. Setiap sel di dalam tubuh kita mengandung zinc. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, zinc juga berperan dalam produksi DNA, produksi hormon hingga menyeimbangkan kadar gula darah Anda.

Kekurangan zinc memang tidak serta merta membuat Anda mandul, namun bisa mengacaukan banyak proses yang terjadi di dalam tubuh Anda sehingga menyulitkan Anda untuk hamil.

Jika Anda kekurangan seng, kadar hormon estrogen dan progesteron Anda dapat berkurang secara drastis sehingga mempengaruhi fungsi sistem reproduksi Anda. Dan apabila asupan zinc tidak tercukupi selama hari-hari awal kehamilan dapat mengakibatkan keguguran.

Pada pria, tercukupinya zinc akan membantu meningkatkan jumlah sperma dan hormon testosteron.
Zinc sangat penting apabila kita berbicara mengenai kesuburan pria. Kekurangan zinc dapat menyebabkan rendahnya jumlah sperma. Hal ini karena zinc ditemukan terdapat dalam konsentrasi tinggi pada sperma.

Zinc digunakan dalam produksi ekor dan lapisan luar sperma. Tanpa zinc, sperma tidak akan bisa matang sehingga tidak mampu membuahi sel telur.

Jika seorang pria kekurangan zinc, kualitas dan kuantitas spermanya akan menurun. Kekurangan zinc pada pria dapat menyebabkan cacat kromosom, sehingga meskipun terjadi pembuahan, namun risiko keguguran tetap meningkat.

Pada wanita, kekurangan zinc menyebabkan ketidakseimbangan hormon, gangguan pada ovarium dan menstruasi yang tidak teratur. Kekurangan zinc juga dapat menghambat metabolisme protein, sehingga menurunkan kualitas telur.

Zinc sangat penting dalam proses pematangan sel telur sehingga siap dibuahi. Zinc juga membantu untuk memastikan bahwa ada cukup cairan tertentu di dalam folikel, yang mana tanpa cairan tersebut, telur tidak akan dapat melakukan perjalanan dengan baik.

Selain itu, apabila Anda menderita fibroid rahim yang menyebabkan Anda sulit hamil hamil, zinc bisa membantu menghilangkan fibroid rahim tersebut.

Sumber makanan yang kaya akan kandungan zinc adalah - yoghurt, kacang hijau, tiram, daging rusa, kalkun, udang, biji wijen, daging sapi dan biji labu.


5. Vitamin B6

Vitamin B6 membantu dalam mengatur siklus ovulasi pada wanita.

Vitamin B6 membantu dalam menurunkan jumlah prolaktin dalam tubuh kita, yaitu zat yang bisa menghalangi atau mengganggu ovulasi dan membuat siklus ovulasi menjadi tidak teratur.

Dosis harian vitamin B6 adalah sekitar 100 mg.

Vitamin B6 juga disebut sebagai regulator hormon yang membantu dalam mengatur kadar gula Anda, sehingga bermanfaat dalam mengurangi morning sickness dan meredakan PMS.

Makanan yang kaya akan kandungan vitamin B6 adalah bayam, lobak hijau, paprika, bawang putih, sawi, asparagus. Juga, beberapa sumber lain brokoli, sawi, lobak, tuna, cod, hati dan seledri.


6. Selenium

Selenium adalah mineral yang memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu tubuh mencegah kerusakan sel akibat serangan radikal bebas. Selenium juga membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang kuat, mengatur fungsi tiroid dan dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Selenium berperan melindungi bayi dari cacat lahir dan keguguran. Selenium juga penting dalam produksi sel telur. Kekurangan selenium berakibat kemandulan pria dan peningkatan asupan selenium pada pria terbukti telah meningkatkan angka suksesnya kehamilan
Selenium dikenal sebagai antioksidan yang berperan meningkatkan kuantitas dan kualitas sperma pria.
Selenium membantu dalam melindungi sel telur dan sperma dari serangan radikal bebas. Radikal bebas ini bisa menyebabkan kelainan kromosom dan juga dapat menyebabkan cacat lahir dan keguguran. Penelitian telah menunjukkan bahwa laki-laki yang rendah kandungan seleniumnya, juga akan rendah jumlah spermanya.

Sumber makanan yang kaya selenium adalah udang, jamur, hati, ikan cod, tuna, salmon, kakap, dan kalkun.


7. Zat Besi

Zat besi adalah nutrisi penting yang membantu mencegah anemia. Anemina bisa mempengaruhi siklus ovulasi Anda dan membuatnya tidak teratur. Siklus menstruasi yang tidak teratur menyebabkan kesehatan sel telur terganggu dan peluang Anda untuk hamil menurun.

Kekurangan zat besi adalah kekurangan no.1 yang terjadi pada hampir seluruh wanita di dunia. Sayangnya, tidak banyak yang menyadari bahwa kekurangan zat besi sangat berpengaruh pada kesuburan dan komplikasi kehamilan.

Penelitian menunjukkan bahwa hanya satu dari lima wanita usia subur, memulai kehamilan mereka dengan kadar zat besi yang memadai. Padahal, kebutuhan akan asupan zat besi meningkat pada saat hamil dan tanpa asupan zat besi yang cukup, cadangan zat besi dalam tubuh wanita akan terus berkurang.

Itulah sebabnya, hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mulai mengkonsumsi zat besi sejak sebelum hamil.

Zat besi diperlukan untuk mengoptimalkan kesuburan, perkembangan plasenta pada saat pembuahan, suplai  oksigen untuk bayi, perkembangan otak pada bayi dan pembentukan cadangan zat besi untuk bayi selama enam bulan pertama kehidupannya.

Kekurangan zat besi berhubungan erat dengan kemandulan, keguguran, bayi lahir dengan berat badan rendah, persalinan prematur, depresi postpartum dan kekurangan zat besi pada bayi.

Namun, sebelum mengkonsumsi suplemen zat besi, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan. Perlu diketahui juga bahwa suplemen zat besi dapat menyebabkan sembelit, maka pastikan untuk meminum cukup air saat Anda mengkonsumsi suplemen zat besi.

Sumber makanan yang kaya zat besi yaitu tahu, bayam, kacang merah, biji labu dan lentil.


8. Asam Lemak Esensial

Asam lemak omega-3 juga bertindak sebagai regulator hormon dan berperan penting dalam meningkatkan kesuburan dengan cara mendukung proses ovulasi.

Asam lemak omega-3 juga meningkatkan kesehatan rahim karena dapat meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi.

Sumber makanan yang kaya asam lemak esensial ini adalah kenari, udang, sarden, biji rami dan kakap.

Menu makanan yang sehat dengan latihan olahraga yang tepat akan berperan besar dalam menjaga Anda tetap sehat dan menghindari komplikasi selama masa kehamilan nantinya.

Tapi pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memulai konsumsi suplemen apapun dan patuhilah dosis yang dianjurkan.

Kalau Anda dan pasangan Anda membutuhkan panduan lengkap strategi cepat hamil dan cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.