Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

6 Tips Cara Meningkatkan Kecerdasan Bayi Anda

Tips penting cara membuat bayi Anda lebih pintar dan cerdas -

Kami punya beberapa ide menyenangkan dan tips praktis yang Anda bisa lakukan untuk membantu bayi Anda tumbuh menjadi lebih cerdas, pintar dan kreatif.

Kecerdasan pada bayi

Otak bayi Anda berkembang melalui berbagai pengalaman dan latihan. Indra sentuhan, penciuman, penglihatan, suara dan rasa juga akan mempengaruhi proses pertumbuhan ini.

Anda mulai bisa memberikan pengalaman sensorik kepada bayi Anda sejak usia dini, untuk membantunya mengidentifikasi dan membedakan hal-hal.

Pengetahuan mengenai perkembangan keterampilan kognitif dan motorik pada bayi akan membantu Anda mengetahui bagaimana cara membesarkan bayi yang cerdas, pintar dan kreatif.


Tips Cara Meningkatkan Kecerdasan Bayi Anda

Tips meningkatkan kecerdasan bayi

1. Tips #1 cara meningkatkan kecerdasan bayi: Hindari Televisi

Para ahli menekankan bahwa orang tua sebaiknya tidak membiarkan bayi dan balita mereka menonton TV. Menonton TV secara konstan tidak akan memberikan rangsangan apapun untuk otak bayi Anda.

Menonton televisi mengganggu keterampilan pengembangan kecerdasan anak.

Jadi, alih-alih membiarkan anak Anda menonton TV, gunakan waktu tersebut untuk melibatkan bayi Anda dalam beberapa kegiatan fisik yang membuatnya bergerak dan berpikir.

Bernyanyi atau bermain sepakbola akan meningkatkan keterampilan koordinasi bayi Anda sambil bersenang-senang.


2. Tips #2 cara meningkatkan kecerdasan bayi: Lebih banyak berinteraksi

Menurut para ilmuwan, interaksi dengan bayi Anda bisa sangat meningkatkan perkembangan otaknya. Berpelukan, bermain dan mengekspresikan cinta Anda kepada bayi akan merangsang otaknya.

Ketika Anda berinteraksi lebih banyak dengan bayi Anda dan menjalin ikatan emosional, itu akan membantunya dalam pengembangan keterampilan dan daya berpikir bayi Anda.

Hal ini juga akan membuat bayi Anda merasa lebih aman dan percaya diri.


3. Tips #3 cara meningkatkan kecerdasan bayi: Beri ASI sampai dua tahun

Studi menunjukkan bahwa bayi yang mendapat ASI akan memiliki minimal lima persen tingkat IQ lebih tinggi dibanding mereka yang tidak memperoleh ASI.

Pastikan Anda hanya memberikan ASI pada bayi Anda sejak saat kelahiran sampai ia berusia minimal enam bulan.

Setelah bayi lebih besar dan bisa makan, kami menyarankan Anda untuk terus menyusui anak Anda sambil diberikan makanan sehat dan bergizi lainnya sampai usia dua.


4. Tips #4 cara meningkatkan kecerdasan bayi: Musik

Studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan perhatian bayi Anda dan juga meningkatkan daya ingatnya.

Memperkenalkan alat musik kepada bayi Anda akan membantu mengembangkan kemampuan berpikir bayi.

Belajar musik akan memelihara penalaran spasial dan temporal, dan juga akan mengembangkan bakat numeriknya di kemudian hari. Perkenalkan piano atau gitar bayi sebagai awalnya.


5. Tips #5 cara meningkatkan kecerdasan bayi: Buku

Tidak pernah terlalu dini untuk memperkenalkan bayi Anda kepada buku. Sejak bayi Anda berusia beberapa bulan, Anda dapat membaca dengan suara keras dari buku atau majalah yang Anda baca.

Ucapkan setiap kata dengan jelas agar bayi Anda dapat mendengar dengan baik, tekankan pada pengucapannya. Anda dapat memperkenalkan buku bayi dengan gambar-gambar yang menarik untuk anak Anda saat ia tumbuh lebih lebih besar.

Bacakan cerita dan puisi juga baik. Ini adalah cara yang baik untuk meningkatkan kosakata bayi Anda dan memperkenalkannya pada hal-hal yang ada di rumah maupun dunia luar.


6. Tips #6 cara meningkatkan kecerdasan bayi: Permainan menantang

Selalu lakukan permainan yang menantang dan menarik untuk bayi Anda sesuai dengan usianya. Gunakan mainan seperti balok, bola dan bentuk lainnya untuk melakukan aktivitas menyenangkan di rumah.

Anda dapat mengajar bayi Anda untuk mengenal angka, bentuk dan warna melalui permainan sederhana. Bawa ia ke luar rumah untuk mengajarinya tentang burung, tanaman dan hewan lainnya.

Memberi contoh adalah salah satu cara terbaik untuk mengajar bayi Anda. Lakukan hal-hal yang Anda ingin agar bayi Anda melakukannya.

Membaca, menulis, memainkan alat musik, berjalan-jalan, menghabiskan waktu di alam alam dan berolahraga. Jagalah bayi Anda di dekat saat Anda melakukan semua hal tersebut. Libatkan si kecil dalam kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan bangun ikatan emosional dengannya.

Kalau Anda senang membaca buku bagus mengenai perawatan anak, simak ulasan kami tentang buku Panduan Lengkap Perawatan Bayi.



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.