Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

5 Penyebab Mengapa Bayi Sakit Perut

Kenapa bayi rewel tak henti-hentinya? Mungkin sakit perut adalah penyebabnya -

Apakah Anda seorang ibu yang khawatir karena bayi Anda menangis tak henti-hentinya? Apakah anak Anda sering menolak makanan atau bahkan ASI? Mungkin bayi Anda sedang sakit perut!

Bayi yang rewel menyebabkan Anda tidak bisa tidur di malam hari. Salah satu penyebab bayi rewel adalah sakit perut. Apakah Anda tahu apa-apa tentang penyebab dan obat untuk mengatasi sakit perut pada bayi?


Penyebab Mengapa Bayi Sakit Perut

Penyebab Bayi Sakit Perut

Ada banyak alasan yang dapat menyebabkan sakit perut pada bayi, beberapa diantaranya adalah:

1. Penyebab ke-1 sakit perut: Kolik

Kolik adalah istilah umum untuk sakit perut dan kegelisahan pada bayi.

Kolik adalah istilah yang menggambarkan bayi menangis tak terkendali.

Hal ini biasanya terjadi pada bayi yang berusia kurang dari lima bulan. Mereka menangis berlebihan dan berulang-ulang untuk jangka waktu yang lama.

Cara mengatasi: Sayangnya, penelitian medis belum memastikan obat untuk kolik.


2. Penyebab ke-2 sakit perut: Gas

Ketidaknyamanan akibat perut kembung adalah umum pada bayi yang berusia kurang dari tiga bulan karena usus mereka masih dalam tahap perkembangan.

Cara mengatasi: Jika Anda  menyusui, cobalah mengurangi asupan makanan berminyak dan pedas. Jika bayi Anda sudah bisa makan, hindari memberinya makanan yang bisa menyebabkan pembentukan gas.


3. Penyebab ke-3 sakit perut: Sembelit

Sembelit adalah salah satu penyebab yang membuat bayi sakit perut. Sembelit kadang terjadi pada bayi yang baru mulai belajar makan. Jika buang air besar bayi kurang sering dari biasanya, maka bayi Anda mungkin sembelit.

Kotoran yang keras dan kering juga menunjukkan bahwa ia sembelit.

Cara mengatasi: Anda dapat memperbaiki pergerakan usus bayi Anda dengan menambahkan makanan kaya serat seperti oatmeal, buah pir dan kacang polong dalam menu makannya.

Meningkatkan asupan cairan untuk bayi Anda juga dapat membantu meringankan sembelitnya.


4. Penyebab ke-4 sakit perut: Reflux

Sebagian besar bayi yang baru lahir akan muntah sedikit setelah menyusui. Jika hal itu terjadi terlalu sering, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter karena mungkin ia menderita gastroesophageal reflux.

Ini biasanya terjadi ketika sfinger antara kerongkongan dan perutnya tidak berfungsi dengan baik.

Cara mengatasi: Konsultasikan dengan dokter Anda. Ada beberapa metode yang berbeda dalam menangani reflux. Biarkan dokter memeriksa bayi Anda untuk memberikan saran terbaik untuk menangani gastroesophageal reflux.


5. Penyebab ke-5 sakit perut: Flu perut

Jika bayi Anda muntah atau diare, ia mungkin menderita flu perut. Gastroenteritis atau flu perut bisa menyebabkan dehidrasi.

Cara mengatasi: Pastikan bayi Anda mengasup banyak cairan.

Infeksi lainnya:
Meskipun kebanyakan orangtua merasa heran, tetapi ternyata pilek dan flu juga bisa membuat bayi merasa sakit perut. Beberapa bayi muntah karena kelebihan lendir.

Infeksi pada saluran kemih juga menyebabkan masalah perut.

Masalah kesehatan lain yang dapat menyebabkan bayi sakit perut, antara lain:

  • Alergi makanan.

  • Penyumbatan pada usus.

  • Mabuk perjalanan.
Cara mengatasi: tergantung pada penyebab pastinya. Dokter mungkin akan meresepkan antibiotik jika bayi terdiagnosis menderita infeksi bakteri.

Dokter juga mungkin akan menyarankan obat lain, tergantung penyebabnya.

Bagaimana cara mengetahui apakah bayi sedang sakit perut?

Bayi tidak bisa dengan mudah berkomunikasi mengenai apa yang ia rasakan mereka. Orangtualah yang harus meluangkan waktu untuk melihat tanda-tandanya untuk bisa mengidentifikasi apa yang sedang terjadi pada bayinya.

Jika bayi rewel tidak seperti biasanya, itu mungkin terjadi karena ia sedang sakit perut.

Perhatikan tanda-tanda saat bayi sedang gelisah atau rewel, terutama setelah menyusui. Bayi mengkomunikasikan masalahnya dengan cara menangis.

Gejala lain yang menyertai sakit perut pada bayi, antara lain:

  • Demam.

  • Muntah.

  • Diare.
Perhatikan semua tanda-tanda tersebut sehingga Anda dapat menjelaskan kepada dokter tentang masalah yang dialami bayi Anda.

Cobalah memberi bayi Anda lebih banyak makanan cair ketika ia sakit perut. Jika rewel terus berlanjut selama lebih dari lima jam, segera temui dokter anak.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan anak, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Bayi 1 Tahun Pertama.



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.