Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

5 Manfaat Teh Hijau Untuk Ibu Hamil

Manfaat teh hijau untuk ibu hamil -

Kebanyakan wanita saat ini sangat aktif. Bekerja, berolahraga dan makan makanan sehat adalah rutinitas sehari-hari wanita modern.

Jika Anda adalah salah satu dari sekian banyak wanita aktif yang sedang hamil, mungkin Anda ingin tahu khasiat teh hijau bagi kehamilan Anda.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Manfaat Teh Hijau Untuk Ibu Hamil

Apakah Teh Hijau Itu?

Teh hijau adalah minuman dengan banyak manfaat kesehatan yang luar biasa.

Teh ini dibuat dari daun "Camellia Sinesis", yaitu tanaman yang mengalami oksidasi minimal selama pemrosesannya. Proses tersebut mencegah terjadinya fermentasi dan memastikan daun tidak kehilangan zat antioksidannya.
Teh hijau memberikan manfaat terbaik saat dikonsumsi sebagai minuman panas.
Teh hijau telah terbukti mengandung senyawa ampuh seperti polifenol, suatu antioksidan alami yang memiliki dampak yang baik bagi kesehatan Anda.


Manfaat Teh Hijau Untuk Ibu Hamil

Memang benar bahwa Anda perlu berhati-hati tentang menu makanan selama kehamilan Anda, karena makanan yang baik-baik saja dalam keadaan normal, mungkin efeknya akan berbeda ketika dalam keadaan hamil.


Apakah teh hijau aman dikonsumsi selama kehamilan?

Tidak perlu khawatir - berikut ini 5 manfaat dan khasiat teh hijau untuk wanita hamil:

1. Manfaat Teh Hijau Bagi Tekanan Darah Ibu Hamil

Anda mungkin mengalami masalah dengan tekanan darah selama kehamilan.

Teh hijau ini mengandung senyawa antioksidan yang sangat baik, yang disebut polifenol, yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

Oleh karena itu, Konsumsi teh hijau membantu mengurangi tekanan darah.


2. Manfaat Teh Hijau Untuk Mengatasi Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

Jika Anda menderita sakit gigi, teh hijau membantu menjaga kesehatan gusi dan gigi dengan adanya senyawa antioksidan yang dikenal sebagai "catechin". Senyawa ini membantu menghancurkan bakteri dan virus yang menyebabkan masalah gigi.


3. Manfaat Teh Hijau Untuk Mengatasi Depresi Pada Ibu Hamil

Kadar hormonal cukup tinggi selama fase kehamilan dan ini kadang-kadang dapat menyebabkan depresi.
Teh hijau dapat membantu mengatasi depresi pada saat hamil karena mengandung senyawa "Theanine".  Theanine adalah asam amino yang memberi efek santai, sehingga membantu untuk mengatasi depresi.

4. Manfaat Teh Hijau Sebagai Perawatan Kulit Ibu Hamil

Selama hamil, Anda mungkin menghadapi masalah jerawat dan keluhan kulit lainnya karena perubahan hormonal di dalam tubuh Anda.
Teh hijau mengandung antioksidan dan sifat anti inflamasi. Dengan minum teh hijau, Anda dapat terhindar dari masalah kulit selama kehamilan.

5. Manfaat Teh Hijau Dalam Memerangi Diabetes Gestational Pada Ibu Hamil

Kehamilan adalah saat dimana banyak wanita mengidam-idamkan makanan yang manis-manis, karenanya mereka sangat beresiko menderita diabetes gestasional.
Teh hijau membantu mengatur kadar glukosa dengan memperlambat meningkatnya kadar gula dalam darah.


Untuk Diingat Mengenai Teh Hijau

Teh hijau sebaiknya tidak dikonsumsi di antara waktu makan, karena akan membuat tubuh Anda sulit untuk menyerap zat besi dari sayuran dan buah-buahan.
  1. Pastikan Anda membeli teh hijau yang dikemas dengan baik dan belilah dari penjual/merek yang terpercaya.
  2. Gunakan air yang disaring untuk menyeduh teh hijau.
  3. Teh hijau, seperti minuman lainnya, mengandung kafein. Ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kafein diatas 150 mg setiap hari.
  4. Jangan minum lebih dari 2 sampai 3 cangkir teh hijau per-hari selama kehamilan. Terlalu banyak kafein yang akan diserap oleh plasenta dan akhirnya berpengaruh buruk terhadap bayi Anda.
Dengan demikian, minum teh hijau selama kehamilan tidaklah berbahaya. Kuncinya adalah mengkonsumsi teh hijau dalam batas wajar. Selamat menikmati manfaat dari teh hijau!

Kalau Anda membutuhkan panduan lengkap perawatan ibu hamil dan kesehatan janin di dalam kandungan, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.