Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

5 Faktor Penyebab Kenapa Pasangan Sulit Hamil

Beberapa faktor penyebab wanita sulit hamil disertai tips cara penanganannya -

Ada banyak faktor yang mempengaruhi peluang Anda untuk berhasil dalam program hamil.

Yang paling penting untuk diingat adalah, faktor-faktor tersebut mungkin berbeda bagi masing-masing individu. Pada umumnya, Anda bisa hamil dalam jangka waktu setahun jika Anda berhubungan intim secara teratur.

Sekitar 85 dari 100 pasangan bisa hamil dalam waktu satu tahun, dan sekitar 92 dari 100 pasangan bisa hamil dalam 2 tahun.

Pastikan Anda tidak terlalu terobsesi. Anda juga tidak perlu galau ketika Anda gagal hamil tiap bulan. Anda harus ingat bahwa sebenarnya cukup normal jika program hamil Anda gagal di bulan-bulan pertama.

Faktor Kenapa Pasangan Sulit Hamil

Dalam artikel ini, kita akan membahas faktor apa saja yang mempengaruhi peluang kehamilan Anda dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk hamil.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG.


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Peluang Kehamilan

Faktanya memang banyak faktor yang mempengaruhi peluang Anda untuk bisa hamil.

Disini kita akan melihat beberapa penyebab umum yang menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk hamil:


1. Usia
Usia merupakan faktor paling utama penyebab seorang wanita sulit hamil. Kesuburan Anda mulai menurun sejak memasuki usia 35.

Kebanyakan wanita bisa hamil secara alami dan melahirkan bayi yang sehat di usia 35 tahun atau kurang. Setelah lewat usia 35 tahun, populasi wanita yang mengalami kemandulan, keguguran atau masalah lain dengan bayi mereka semakin meningkat.

Memasuki usia 40 tahun, hanya dua dari lima wanita yang bisa hamil.

Seiring pertambahan usia, semakin kecil peluang kehamilan dan semakin lama waktu yang dibutuhkan oleh seorang wanita untuk bisa hamil, kalaupun akhirnya ia berhasil hamil. Selain itu, risiko keguguran dan komplikasi kehamilan lainnya juga semakin meningkat.
  • Dimulai pada usia 32 tahun, peluang seorang wanita untuk bisa hamil menurun secara bertahap.
  • Memasuki usia 35 tahun, tingkat kesuburan wanita menurun semakin cepat.
  • Pada usia 40 tahun, tingkat kesuburan seorang wanita hanya tinggal setengahnya.
  • Kalau pada usia 30 tahun peluang hamil setiap bulan sekitar 20%, maka memasuki usia 40 tahun peluang tersebut hanya tinggal sekitar 5% saja.
Mengapa kesuburan wanita menurun drastis dengan cepat di pertengahan usia 30 tahunan?

Harus dipahami bahwa dua penyebab kemandulan wanita yang adalah adanya masalah dengan ovulasi dan tersumbantnya tuba falopi.

Masalah dengan ovulasi seiring pertambahan usia karena:
  1. Sel telur Anda yang berkualitas baik tinggal sedikit, sehingga Anda menjadi lebih sulit hamil. Cadangan sel telur Anda di dalam ovarium juga sudah berkurang.
  2. Beberapa wanita (sekitar 1%) mengalami menopause lebih awal dari normalnya dan berhenti berovulasi sebelum mereka mencapai usia 40.
  3. Menstruasi Anda menjadi tidak teratur seiring pertambahan usia. Saat Anda mendekati menopause, siklus menstruasi Anda menjadi lebih jarang, dengan demikian ovulasi Anda juga semakin tidak menentu.
Penyumbatan pada saluran tuba falopi bisa jadi disebabkan oleh infeksi atau masalah lain. Jadi, berapapun usia Anda, jika Anda ingin hamil Anda harus mempersiapkan diri Anda dengan baik.

Anda harus menjaga kesehatan organ reproduksi Anda dan tubuh Anda secara umum.


2. Tingkat Keintiman
Seberapa sering Anda berhubungan intim?

Semakin sering seorang wanita berhubungan intim, maka sistem kekebalan tubuhnya juga semakin sering mendapat sinyal bahwa sudah waktunya untuk reproduksi, sehingga dengan demikian akan memperbesar peluang Anda untuk bisa hamil.

Sistem kekebalan tubuh merupakan faktor penting dalam rangka memperoleh kehamilan yang sehat. Sistem kekebalan tubuh Andalah yang menentukan apakah sperma yang memasuki tubuh Anda tidak dianggap sebagai "benda asing" yang harus dibasmi.

Apabila Anda jarang berhubungan intim dengan pasangan Anda, maka sistem kekebalan tubuh Anda tidak "terlatih" untuk membantu sperma membuahi sel telur.

Berhubungan intim secara teratur akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda terus-menerus fokus untuk membantu mempermudah terjadinya pembuahan.

Selain itu, beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah:
  • Kenali tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Anda sedang berovulasi. Waktu terbaik untuk berhubungan intim adalah menjelang masa ovulasi.
  • Ketika Anda melakukan hubungan intim secara teratur, lebih besar kemungkinan sperma akan mencapai tempat yang tepat ketika Anda tahu kapan Anda berovulasi.

3. Kesehatan Anda
Kesehatan tubuh Anda juga menentukan berapa lama waktu yang diperlukan untuk hamil.

Peluang seorang wanita sehat yang aktif berhubungan intim untuk bisa hamil adalah hanya sekitar 20% hingga 40% setiap bulannya. Dengan demikian, Anda bisa melihat bahwa peluang wanita yang kesehatannya terganggu untuk bisa hamil berarti jauh lebih rendah lagi.

Ada banyak gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan hormon Anda tidak berfungsi normal.

Penyakit yang berhubungan dengan kelenjar tiroid dan adrenal misalnya, bisa menyebabkan kemandulan karena penyakit tersebut membuat tubuh Anda memproduksi terlalu banyak estrogen, testosteron dan bahkan hormon stres kortisol, sehingga mengganggu ovulasi.

Penyakit lainnya yang bisa mengganggu kesuburan Anda adalah endometriosis, yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika jaringan rahim tumbuh di luar rongga rahim. Hal tersebut menciptakan jaringan parut yang mengganggu tuba falopi.

Selain itu, endometriosis juga menyebabkan radang panggul. Kondisi ini membuat rongga rahim menjadi tempat yang "tidak ramah" terhadap sel telur.

Beberapa penyakit lain yang bisa menyebabkan Anda sulit hamil, antara lain:
  • Riwayat Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS), masalah kesehatan pada alat reproduksi dan operasi yang pernah dilakukan pada organ reproduksi dapat menyulitkan Anda untuk hamil.
  • Riwayat diabetes dan asma juga bisa mempengaruhi peluang Anda untuk hamil.
  • Jika Anda kekurangan berat badan atau kegemukan, kadar hormon Anda mungkin akan terpengaruh. Hal ini akan menekan ovulasi.

4. Gaya Hidup dan Pola Makan
Menu sehat dan olahraga teratur akan meningkatkan peluang Anda untuk hamil. Anda tidak dapat mengabaikan pentingnya gaya hidup sehat pada Anda menjalani program hamil.

Pilihan gaya hidup sehat bisa sangat membantu untuk meningkatkan kesuburan Anda. Berikut adalah gaya hidup yang kami sarankan:
  • Jaga berat badan ideal. Kelebihan berat atau kekurangan berat badan secara signifikan akan mempengaruhi produksi hormon dan menghambat ovulasi. Menjaga berat badan yang sehat bisa meningkatkan frekuensi ovulasi dan memperbesar peluang suksesnya pembuahan.
  • Mencegah infeksi penyakit menular seksual (PMS). Infeksi menular seksual (seperti klamidia dan gonorea) adalah penyebab utama kemandulan pada wanita. Untuk melindungi diri dari PMS, pastikan Anda hanya berhubungan intim dengan pasangan resmi Anda saja
  • Makan makanan yang sehat. Makan banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, lemak sehat dan berbagai sumber protein akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan Anda secara umum, sehingga dengan demikian tubuh Anda akan selalu siap menerima dan menampung kehamilan.
  • Jadwalkan pemeriksaan kesehatan rutin. Kunjungan rutin ke dokter dapat membantu Anda mendeteksi dan mengobati kondisi kesehatan yang mungkin mengancam kesuburan Anda.
  • Hindari bekerja di malam hari. Bekerja shift malam secara rutin akan menempatkan diri Anda pada risiko kemandulan sebab kurang istirahat di malam hari akan mempengaruhi produksi hormon.
  • Berhenti merokok dan minum alkohol. Pasangan Anda juga harus mengikuti aturan yang sama.
  • Pastikan Anda mengasup nutrisi seperti selenium dan zinc dalam jumlah yang memadai dalam menu Anda sehari-hari. Diet nutrisi seimbang akan sangan membantu meningkatkan kesuburan pria dan wanita.
Selain semua hal di atas, olahraga juga akan membawa dampak positif bagi kesuburan Anda. Namun jangan berlebihan dalam berolahraga.

Olahraga yang kami sarankan adalah 30 menit latihan intensitas sedang sebanyak 3 kali seminggu. Tekanan fisik yang berlebihan akan membawa efek yang merugikan bagi kesuburan Anda.

5. Masalah Kesuburan
Ada beberapa hal yang mendasari masalah yang berhubungan dengan kesuburan wanita, seperti alergi sperma, gangguan pada tuba falopi dan problem kesuburan lainnya. Semuanya dapat menyebabkan kemandulan.

Jika Anda berada di bawah usia 35 dan telah menjalani program hamil lebih dari satu tahun, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai masalah kesuburan ini.

Jika Anda tidak memiliki masalah dengan salah satu faktor yang dibahas di atas, peluang Anda untuk hamil dalam siklus ovulasi meningkat sebesar 25% sampai 30%.

Jika siklus menstruasi Anda tidak teratur, mungkin memerlukan waktu lebih lama bagi Anda untuk bisa cepat hamil. Ini terjadi karena sulit bagi Anda untuk memperhitungkan masa ovulasi Anda.

Jika Anda telah menjalani program hamil selama setahun tapi masih gagal, konsultasikan dengan dokter kandungan.


Berapa Banyak Pasangan Yang Membutuhkan Penanganan Medis Agar Bisa Cepat Hamil?

Kabar baiknya adalah, sekitar 90% pasangan bisa hamil secara alami.
  • Sekitar 10% terdiagnosis tidak subur. Studi yang dilakukan telah mengkonfirmasi bahwa sekitar 90% pasangan bisa hamil secara alami jika mereka melakukan program hamil dengan tepat.
  • Wanita berusia diatas 35 tahun disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesuburan.
  • Kalau Anda didiagnosis tidak subur, Anda masih bisa hamil dengan mengikuti program hamil yang tepat. Sejumlah yang salah satu (atau keduanya) terdiagnosis tidak subur, ternyata masih bisa hamil dengan sukses setelah menjalani program tertentu.
  • Jika Anda berusia lebih dari 40 tahun, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda tentang kendala yang mungkin Anda hadapi dalam proses pembuahan.

Faktor Apa yang Bisa Meningkatkan Peluang Anda Untuk Bisa Hamil?

  • Waktu terbaik untuk melakukan hubungan intim adalah di sekitar periode ovulasi Anda. Anda tidak harus menggunakan teknik yang rumit untuk mendeteksi ovulasi dan menghitung masa subur. Ingat, semakin keras Anda mencoba, semakin tipis peluang Anda berhasil. Cara yang paling alami untuk bisa segera hamil adalah dengan melakukan hubungan intim setiap dua atau tiga hari sekali.
  • Kadang-kadang melakukan hubungan intim dengan sering agak sulit karena kesibukan masing-masing pihak. Sebaiknya Anda tahu kapan masa subur Anda. Setelah Anda tahu kapan Anda subur, Anda bisa berhubungan intim di sekitar waktu tersebut.
  • Kesehatan organ reproduksi Anda adalah hal penting ketika Anda menjalani program hamil. Jadwalkan pemeriksaan prakonsepsi dengan bidan atau dokter kandungan.
Ahli kandungan umumnya menyarankan pasangan manapun untuk tetap santai ketika sedang menjalani program hamil. Itu sebenarnya adalah cara terbaik untuk memperbesar peluang Anda bisa segera hamil.

Ingat, Anda tidak sendirian dan Anda hanya perlu untuk menjalani program hamil yang sehat dan tepat.

Kalau Anda dan pasangan Anda membutuhkan panduan lengkap strategi cepat hamil dan cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.