Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

4 Tips Cara Agar Lebih Cepat Hamil

4 tips praktis cara agar lebih cepat hamil -

Hai Ibu, apa kabar? Semoga baik-baik saja...

Apakah Anda sedang mencari cara untuk bisa cepat hamil sesegera mungkin? Atau Anda sekedar ingin agar kelahiran bayi Anda terjadi pada waktu tertentu yang Anda inginkan?

Apapun itu, artikel ini akan membantu Anda melihat dan mempelajari 4 tips untuk memperbesar peluang suksesnya program hamil Anda tanpa perlu terlalu lama mencoba.

Catatan: Anda akan mengurangi risiko cacat lahir tertentu pada bayi Anda jika Anda mulai mengkonsumsi asam folat setidaknya satu bulan sebelum Anda memulai program hamil Anda.

Baca lebih lengkap mengenai Pentingnya Asam Folat Dalam Program Hamil.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Tips Cara Agar Lebih Cepat Hamil

Tips agar hamil lebih cepat

Berikut ini adalah 4 tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memperbesar peluang Anda hamil lebih cepat:

1. Temui dokter untuk menjalani tes genetis

Anda punya peluang lebih besar untuk cepat hamil jika tubuh Anda siap untuk hamil.
Untuk mengetahui apakah tubuh Anda berada dalam kondisi siap menerima kehamilan (dan mengetahui apa yang perlu diperbaiki), jadwalkanlah pra-pemeriksaan dengan dokter atau bidan. Mengambil langkah ini sesegera mungkin akan membantu Anda menentukan langkah yang tepat untuk mempersiapkan tubuh Anda nantinya.

Tergantung latar belakang riwayat kesehatan keluarga Anda, dokter atau bidan biasanya bisa melakukan pemeriksaan genetis untuk melihat apakah Anda atau pasangan Anda merupakan pembawa penyakit warisan serius yang bisa mempengaruhi kesuburan dan menghambat kehamilan, seperti contohnya cystic fibrosis, yaitu pertumbuhan sel yang kurang sempurna.


2. Mengetahui siklus ovulasi Anda

Rahasia terbesar untuk sukses dalam program hamil adalah mengetahui kapan anda mengalami ovulasi (klik disini untuk mengetahui pengertian ovulasi).

Bayangkanlah sel telur Anda sebagai papan sasaran dan sperma pasangan Anda sebagai anak panah. Salah satu anak panah harus mengenai sasaran dengan tepat agar kehamilan bisa terjadi. Cukup satu saja, tidak perlu semuanya.
Dan pasangan pria Anda memiliki sekitar 300 juta anak panah dalam sekali tembak.
Karena Anda berovulasi hanya satu kali setiap satu siklus menstruasi, maka hanya ada beberapa hari saja yang merupakan masa subur Anda dari setiap siklus.

Yang perlu Anda lakukan adalah berhubungan intim pada beberapa hari tersebut.

Mempelajari dan mengetahui kapan anda mengalami ovulasi berarti bahwa Anda dan pasangan Anda dapat mengidentifikasi kapan papan sasaran tersebut siap "ditembak". Jadi Anda dan pasangan Anda melakukannya dengan efektif, efisien dan terukur, bukan hanya sekedar menembakkan ratusan juta anak panah dan berharap target "kebetulan" berada disana.

Anda dapat mengetahui kapan Anda berovulasi menggunakan beberapa metode yang berbeda. Kami punya artikel yang bisa membantu Anda menghitung masa ovulasi dan masa subur Anda.

Jika jadwal menstruasi Anda tidak teratur, agak lebih sulit menentukan dan menghitung masa subur dan masa ovulasi.

Baca artikel kami untuk mengetahui mengapa haid tidak teratur dan bagaimana cara mengatasinya.

Dan yang ini Strategi Cepat Hamil Apabila Haid Tidak Teratur.


3. Berhubungan intim di saat yang tepat

Setelah Anda tahu kapan sel telur Anda dilepaskan dari ovarium, Anda dapat merencanakan untuk melakukan hubungan intim selama hari-hari tersubur Anda, yaitu: tiga hari sebelum ovulasi dan pas hari ovulasinya.

Memulai sedikit lebih cepat juga tidak masalah. Beberapa wanita berhasil hamil dari hubungan intim yang terjadi enam hari sebelum mereka berovulasi.
Anda memiliki rentang waktu beberapa hari untuk berhubungan intim karena sperma dapat bertahan hidup selama tiga sampai enam hari dalam tubuh Anda, sedangkan sel telur hanya bisa bertahan sekitar satu hari saja.
Ini berarti, jika Anda berhubungan intim pada hari Senin, sperma bisa bertahan hidup pada tuba falopi dan menunggu sel telur Anda siap sampai sekitar hari Kamis, atau mungkin bahkan sampai hari Minggu.

Jika Anda tidak yakin kapan masa subur Anda, ikutilah aturan sederhana ini: berhubungan intimlah setiap dua hari sekali. Ini berarti Anda akan selalu punya stok sperma sehat yang menunggu di tuba fallopi Anda setiap hari siap untuk beraksi, kapanpun sel telur Anda dilepaskan.
Tips lainnya: Jika Anda dan pasangan Anda ingin menunggu untuk berhubungan intim sampai hari tersubur Anda, pastikan pasangan pria Anda memiliki sperma yang sehat pada saat itu.
Jadi, pasangan pria harus sudah pernah ejakulasi setidaknya satu kali sebelum memasuki hari tersubur Anda. Jika tidak, sperma pria tidak segar pada hari H dan mungkin ada penumpukan sperma mati dalam air maninya ketika tiba waktunya untuk berhubungan intim di hari tersubur Anda.
Sperma mati tidak bisa membuat Anda hamil.


4. Menciptakan sperma super

Peluang terbaik sperma untuk bisa sukses membuahi sel telur adalah ketika sperma sehat, kuat dan banyak.
Beberapa hal di bawah ini bisa membantu pasangan pria Anda mempersiapkan sperma yang sehat untuk mengemban tugas penting membuahi sel telur:
  • Kurangi atau hentikan sama sekali konsumsi alkohol. Penelitian menunjukkan bahwa minum alkohol setiap hari dapat menurunkan kadar testosteron, mengurangi jumlah sperma sehat dan meningkatkan jumlah sperma yang abnormal.
  • Jauhi tembakau dan narkoba karena dapat menyebabkan buruknya fungsi sperma.
  • Konsumsi nutrisi tertentu dalam jumlah yang cukup, seperti seng, asam folat, kalsium, vitamin C dan vitamin D, yang kesemuanya membantu menciptakan sperma yang berlimpah, kuat dan lincah.
  • Hindari kolam air panas, sauna, dan mandi air panas, karena panas berlebih dapat membunuh sperma. Ttestis berfungsi terbaik pada suhu 94-96 derajat Fahrenheit, beberapa derajat lebih dingin dari suhu tubuh normal.
Semakin cepat pasangan pria Anda dapat melakukan hal-hal diatas, akan semakin baik sebab sperma memerlukan waktu untuk berkembang, sehingga apa yang dilakukan hari ini, hasilnya baru akan nampak sekitar 3 bulan dari sekarang.


Hal-hal yang harus Anda lakukan untuk bisa segera hamil

Kalau Anda ingin cepat hamil, lakukan hal penting berikut ini:
  • Berhubungan intim secara teratur. Jika Anda secara konsisten berhubungan intim dua atau tiga kali seminggu, Anda hampir pasti akan melakukannya di sekitar atau tepat pada masa subur Anda. Untuk pasangan yang sehat yang ingin cepat hamil, tidak ada istilah "terlalu banyak seks".
  • Berhubungan intim setiap hari di sekitar waktu ovulasi. Berhubungan intim setiap hari selama hari-hari menjelang ovulasi dapat meningkatkan peluang pembuahan. Meskipun konsentrasi sperma pria cenderung berkurang sedikit setiap kali Anda melakukan hubungan intim dalam waktu dekat, tapi biasanya ini tidak masalah jika pasangan pria Anda sehat dan subur.
  • Jalankan gaya hidup sehat. Menjaga berat badan yang ideal, banyak melakukan aktivitas fisik sehari-hari, makan makanan sehat, membatasi kafein dan mengelola stres adalah sebagian dari gaya hidup sehat yang dibutuhkan untuk memperbesar peluang kehamilan.
  • Rencanakan program hamil Anda. Dokter dapat menilai tingkat kesehatan Anda secara keseluruhan dan membantu Anda menentukan perubahan gaya hidup apa yang dapat meningkatkan peluang Anda untuk bisa cepat hamil. Program hamil yang tepat sangat membantu jika Anda atau pasangan Anda memiliki masalah kesehatan.
  • Konsumsi vitamin. Asam folat memainkan peran penting terhadap perkembangan bayi. Mengkonsumsi vitamin prenatal atau suplemen asam folat setiap hari, yang dimulai beberapa bulan sebelum pembuahan, secara signifikan dapat mengurangi risiko spina bifida dan cacat tabung saraf lainnya.


Hal-hal yang harus Anda hindari untuk meningkatkan kesuburan

Untuk meningkatkan agar lebih cepat hamil, ingatlah beberapa pantangan berikut ini:
  • Jangan merokok. Merokok membuat ovarium Anda cepat tua dan menghabiskan cadangan sel telur Anda sebelum waktunya. Jika Anda merokok, mintalah dokter Anda untuk membantu Anda berhenti merokok sebelum konsepsi.
  • Jangan minum alkohol. Penelitian menunjukkan bahwa minum alkohol bisa menurunkan kesuburan dan dapat membahayakan perkembangan bayi.
  • Jangan minum obat tanpa persetujuan dokter. Obat-obatan tertentu dapat menyulitkan usaha Anda untuk bisa cepat hamil.
  • Jangan gunakan sembarang pelumas vagina. Berbagai jenis pelumas vagina yang dijual di pasaran dapat menurunkan kesuburan. Air liur juga demikian.
  • Jangan olahraga berlebihan. Meskipun aktivitas fisik menengah dapat membantu meningkatkan kesuburan, tapi olahraga berlebihan akan berdampak sebaliknya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lima jam atau lebih aktivitas aerobik yang berat dalam seminggu, dapat mengganggu kesuburan seorang wanita.


Posisi bercinta terbaik untuk bisa cepat hamil

Anda mungkin pernah mendengar bahwa beberapa posisi tertentu, seperti pria di atas (posisi misionaris), berpeluang lebih besar untuk terjadinya kehamilan.

Faktanya, belum ada bukti untuk mendukung teori ini. Belum ada ahli yang sudah melakukan penelitian lengkap mengenai ini.

Apa yang telah dilakukan oleh para ahli adalah menggunakan alat scanning untuk mempelajari apa yang sebenarnya terjadi di dalam tubuh wanita ketika sedang terjadi pembuahan. Beberapa pasangan mengajukan diri untuk discan menggunakan magnetic resonance imaging (MRI) saat berhubungan seks.

Para peneliti ini mengamati dua posisi: posisi misionaris dan doggy style.

Secara logika mengatakan bahwa posisi ini memungkinkan penetrasi yang dalam dan akan menempatkan sperma tepat di leher rahim Anda.

Scan MRI mengkonfirmasi bahwa ujung penis mencapai celah antara serviks dan dinding vagina di kedua posisi seksual ini. Posisi misionaris membuat penis mencapai celah ini dari depan leher rahim.

Posisi doggy style membuat penis mencapai celah ini dari belakang leher rahim.

Jadi, nikmati sajalah variasi bercinta Anda dengan suami Anda serta tetaplah rileks selama Anda dalam program hamil.


Apakah harus orgasme untuk bisa hamil?

Ya, suami Anda harus mencapai orgasme jika Anda mau hamil.
Meskipun demikian, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa pasangan wanita harus orgasme juga untuk bisa hamil.

Orgasme wanita adalah tentang kenikmatan dan kepuasan. Tidak benar-benar membantu untuk mendorong sperma ke tuba fallopi dan menuju telur. Kontraksi di dalam rahim Anda dapat membantu sperma, tetapi ini terjadi tanpa Anda harus mengalami orgasme.

Jadi, untuk bisa hamil, seorang wanita tidak perlu mencapai orgasme.

Baca disini mengenai Bisakah Wanita Hamil Tanpa Orgasme?


Tetap berbaring setelah berhubungan intim

Tidak ada salahnya Anda tetap berbaring setelah berhubungan intim, jangan langsung meninggalkan tempat tidur Anda.
Sperma lebih berpeluang untuk tetap tinggal di vagina dan di leher rahim kalau Anda tetap berbaring, dibanding jika Anda langsung bangun.
Anda juga bisa mencoba berbaring telentang dengan pinggul Anda sedikit ditinggikan di atas sebuah bantal untuk membantu mendorong sperma melewati serviks, uterus dan masuk ke tuba falopi Anda.

Beberapa wanita lain melakukan trik dengan berbaring telentang dan melakukan gerakan "mengayuh sepeda" di udara selama beberapa menit setelah berhubungan intim. Jika cara ini gagal, minimal bisa membantu Anda dan pasangan Anda bercanda dan tertawa.
Bersenang-senang di tempat tidur adalah situasi dan kondisi yang Anda dan pasangan Anda butuhkan.
Hal utama yang perlu diingat ketika berusaha untuk hamil, adalah bahwa berhubungan intim secara teratur dapat benar-benar meningkatkan peluang keberhasilan program hamil Anda.

Berhubungan intim setiap dua sampai tiga hari seminggu meningkatkan peluang Anda untuk hamil dalam satu tahun dibandingkan dengan berhubungan intim hanya sekali seminggu.


Berapa lama harus terus mencoba sebelum mencari alternatif bantuan lain?

Jika Anda mencoba untuk hamil secara alami, hal itu sangat mungkin terjadi dalam tiga bulan pertama Anda mencoba tips ini. Sekitar 6 dari 10 pasangan berhasil hamil dalam jangka waktu itu.

Setelah itu, jika Anda masih gagal, berapa lama lagi Anda harus terus mencoba sebelum Anda mencari alternatif bantuan dari seorang profesional? Sebagian besarnya tergantung dari usia Anda saat ini.

Kesuburan menurun seiring bertambahnya usia, jadi jika Anda berusia lebih dari 40 tahun, segera hubungi dokter.

Jika Anda berusia 35 sampai 40, temui dan berkonsultasilah dengan dokter spesialis kandungan/kesuburan setelah Anda mencoba selama enam bulan tanpa hasil.

Dan jika Anda masih berusia di bawah 35 tahun, lebih baik untuk terus mencoba selama satu tahun lagi sebelum memutuskan mencari bantuan lain.

Tentu saja, jika Anda khawatir mengenai kesuburan pada diri Anda atau pasangan Anda, tidak ada alasan untuk menunggu lebih lama lagi untuk bersama-sama memeriksakan diri ke dokter.

Kalau Anda dan pasangan Anda membutuhkan panduan lengkap strategi cepat hamil dan cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.