Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

18 Manfaat Tauge Untuk Kesuburan dan Kesehatan

Manfaat tauge atau kecambah untuk meningkatkan kesuburan dan menjaga kesehatan Anda -

Tauge murah harganya dan lucu bentuknya. Tapi seringkali, yang murah-murah justru khasiatnya lebih besar.

Kita di Indonesia sebenarnya beruntung, karena kita punya banyak sekali bahan makanan tradisional yang murah dan sangat menyehatkan. Tempe dan tahu terkenal akan khasiatnya.

Dan sekarang kita akan belajar tentang tauge atau kecambah.

Sayangnya, kita seringkali lebih memilih mengkonsumsi junk food dan makanan olahan lainnya dibanding makanan murah dan sehat tersebut..
Tauge adalah gudangnya nutrisi. Banyak nutrisi yang terkandung di dalam tauge sangat penting bagi pasangan yang ingin cepat hamil atau sedang menjalani program hamil.

Tauge mengandung vitamin B, C, B1, B6, K dan A yang sangat penting untuk meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita.

Selain itu, tauge juga merupakan sumber zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, mangan, serta asam lemak omega-3 yang berlimpah.
Tauge mengandung banyak oksigen, sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, membunuh bakteri, meningkatkan mekanisme pertahanan, serta manfaat yang lain.
Kita baru mulai, tapi rasa-rasanya sudah pengen buru-buru belanja tauge nih, hehehe...

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Manfaat Tauge Untuk Kesuburan dan Kesehatan

Manfaat Tauge

Tauge adalah bahan makanan yang sangat rendah kalori namun mengandung banyak nutrisi, termasuk protein, vitamin C dan kalsium. Tauge juga merupakan sumber protein dan kalsium yang sangat baik.

Dalam kaitannya dengan kesuburan, tauge berlimpah akan kandungan asam folat, yaitu suatu vitamin yang penting untuk kesehatan darah dan sangat diperlukan untuk mempromosikan kehamilan yang sehat.

Baca juga: Pentingnya Asam Folat Dalam Program Hamil


Inilah beberapa khasiat tauge untuk meningkatkan kesuburan dan kesehatan


1. Tauge mencegah kanker

Antioksidan yang terkandung di dalam tauge dapat membantu memperlambat proses penuaan dan menghentikan pembelahan sel-sel kanker.


2. Tauge mencegah serangan jantung dan stroke

Orang-orang yang beresiko terserang stroke dan serangan jantung karena naiknya kadar lemak dalam darah, dianjurkan untuk mengkonsumsi tauge banyak-banyak. Tauge akan melawan kolesterol jahat tanpa mengganggu lemak baik (HDL).


3. Manfaat tauge untuk mencegah osteoporosis

Kandungan estrogen alami dalam tauge akan bekerja seperti estrogen buatan. Namun kelebihan estrogen alami tidak memiliki efek negatif. Jadi estrogen dalam tauge dapat dengan mudah meningkatkan ketebalan tulang, struktur tulang dan menghentikan kebusukan tulang.

Oya Bu, pengeroposan tulang adalah penyakit yang cukup banyak menyerang wanita, sebab setiap bulannya wanita mengalami menstruasi. Hal itu akan menguras cadangan kalsium dalam tubuh wanita.

Untuk mencegah osteoporosis atau kerusakan tulang lainnya, konsumsilah tauge.


4. Tauge meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan saponin pada tauge akan memperbaiki sistem pertahanan tubuh, terutama dengan cara meningkatkan aktivitas sel-sel pembuluh darah alami, khususnya limfosit T-sel serta interferon.

Tauge berlimpah akan kandungan anti-oksidan yang berguna memerangi radikal bebas.


5. Manfaat tauge untuk pencernaan

Karena bersifat basa, tauge sangat baik untuk menjaga tingkat keasaman lambung serta membantu pencernaan. Selain itu, kandungan seratnya dapat dengan mudah meningkatkan kontraksi saluran pencernaan, serta memperlancar buang air besar.

Anda bermasalah dengan buang air besar? Beli tauge sekarang.


6. Manfaat tauge untuk meningkatkan kesuburan

Anda sulit hamil walaupun sudah lama berusaha? Poin ini mungkin untuk Anda.

Tauge memiliki khasiat untuk meningkatkan kesuburan. Jika dikonsumsi secara teratur, tauge akan meningkatkan kualitas sperma.
Kandungan vitamin E yang terdapat dalam tauge, khususnya vitamin E-alpha, sangat membantu dalam meningkatkan kesuburan bagi laki-laki.
Vitamin E adalah anti-oksidan yang dapat melindungi sel-sel dari serangan radikal bebas. Dengan mengkonsumsi tauge, vitamin E akan menjaga sel-sel telur atau sperma dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca tentang 10 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma


7. Manfaat tauge untuk kecantikan kulit

Cantik tidak harus mahal.

Tauge juga dapat menjadi makanan yang berperan besar untuk kecantikan dan sangat membantu menyegarkan serta melembutkan kulit Anda. Ini karena tauge mengandung vitamin E dalam jumlah besar. Vitamin E adalah anti-oksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas.


8. Manfaat tauge untuk menurunkan berat badan

Tauge juga tidak mengandung banyak lemak.

Satu mangkuk tauge hijau, hanya mengandung 0,11 gram lemak, oleh karenanya tauge merupakan sumber makanan yang baik untuk menurunkan berat badan.
Diet rendah lemak dengan menu tauge, sangat ideal untuk menurunkan berat badan.
Selain diet rendah lemak, tauge juga dapat mengurangi kemungkinan diabetes tipe 2 (yang mana sering terjadi akibat pola makan buruk dan gaya hidup tidak sehat).

Baca disini tentang Tips Cepat Hamil Untuk Wanita Gemuk


9. Manfaat tauge untuk mencegah gangguan menstruasi dan menopause

Kemampuan de-oksidasi yang dimiliki tauge dapat dengan meningkatkan sirkulasi aliran darah untuk menghindari serta menetralkan faktor yang dapat mengganggu menstruasi.

Jika Anda sering mengkonsumsi tauge sebelum menstruasi, maka Anda akan terhindar dari seluruh masalah yang mungkin terjadi selama menstruasi.


10. Manfaat tauge untuk wanita

Tauge juga mengandung estrogen alami yang berfungsi seperti estrogen buatan.

Estrogen dalam tauge tentu dapat meningkatkan kepadatan serta struktur tulang, dan juga menghentikan pengeroposan tulang (osteoporosis).
Wanita yang mengkonsumsi tauge secara teratur juga terhindar dari risiko kanker payudara, masalah haid dan gejala pra-menopause, serta masalah lain yang menyertai menopause.

11. Manfaat tauge untuk awet muda

Ini penting, terutama bagi Anda yang mau tetap terlihat muda.

Tauge padat akan kandungan anti-oksidan kuat yang baik untuk menghindarkan tubuh dari bahaya radikal bebas sehingga mencegah penuaan dini.


12. Tauge menghilangkan racun

Manfaat lain tauge adalah membantu menghilangkan kotoran dalam usus besar karena tauge mengandung banyak serat dan air.

Kandungan serat dan air ini akan membantu tubuh untuk menghindari penumpukan bahan kimia beracun yang dapat menyuburkan sel-sel kanker.


13. Manfaat tauge untuk mengatasi anemia

Tauge kaya akan kandungan zat besi yang penting untuk pembentukan hemoglobin dalam tubuh. Hemoglobin sebenarnya adalah protein yang terkandung dalam sel-sel darah merah.
Oleh karena itu, mengkonsumsi tauge bisa menurunkan resiko anemia.
Tauge juga mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi pada usus, sehingga dapat menghentikan anemia yang sering terjadi akibat kekurangan zat besi.

Kalau Anda duduk atau jongkok dalam jangka waktu yang lama, trus kemudian berdiri dan langsung puyeng atau berkunang-kunang, berarti Anda kekurangan zat besi.

Anda kandidat kuat untuk menjadi pemborong tauge di abang tukang sayur.

Baca lebih jauh mengenai Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil.


14. Manfaat tauge untuk mengatasi sembelit

Karena tauge mengandung banyak serat, maka tauge mampu meningkatkan pergerakan usus sehingga mencegah susah buang air besar.


15. Manfaat tauge untuk kesehatan rambut dan kuku

Kerusakan rambut dan kuku biasanya disebabkan karena kekurangan gizi tertentu, terutama seng, vitamin serta protein. Tauge sarat akan kandungan nutrisi yang diperlukan untuk memperbaiki kesehatan rambut dan kuku.

Mungkin Jennifer Lopez doyan makan tauge.


16. Manfaat tauge untuk kesehatan hati

Tauge sangat bermanfaat untuk kesehatan hati. Liver maksudnya, bukan menyehatkan hati yang galau dan risau.

Tauge mengandung banyak lesitin yang membantu untuk menjaga kadar kolesterol darah dan juga mengurangi lemak hati, yang pada gilirannya membantu mencegah penumpukan lemak dalam hati yang bisa menyebabkan gangguan hati.


17. Manfaat tauge untuk mengatasi stress dan kelelahan

Mungkin Anda lelah?

Tauge membantu dalam menghilangkan atau melawan indikasi tekanan mental maupun fisik dan kelelahan.


18. tauge menurunkan resiko beberapa cacat lahir

Sebanyak dua dari setiap 1.000 bayi yang lahir di Amerika Serikat setiap tahun, lahir dengan masalah cacat tabung saraf (sumsum tulang belakang) karena ibu mereka kekurangan nutrisi tertentu saat hamil.

Mengkonsumsi suplemen asam folat sebelum hamil dan selama hamil dapat mencegah masalah tersebut.
Tauge mengandung asam folat dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil.
Baca disini mengenai Manfaat Asam Folat Bagi Ibu Hamil.


Cara Memasak Tauge

Beberapa ahli berpendapat bahwa tauge lebih baik dikonsumsi dalam keadaan mentah, pada saat nutrisinya masih belum banyak yang rusak.

Jika pun harus dimasak, idealnya tauge ditumis atau dikukus sebentar saja, jangan lama-lama.

Beberapa ahli yang lain berpendapat bahwa tauge harus dimasak sebelum dikonsumsi, yang tujuannya untuk tidak mengambil resiko terhadap kemungkinan adanya bakteri E-coli yang mungkin mengkontaminasi tauge.
Meskipun demikian, disarankan agar tauge tidak dimasak terlalu lama dan harus langsung dikonsumsi segera setelah dimasak untuk mencegah menurunnya kadar nutrisi.
Jika tauge harus direbus, misalnya untuk membuat sup, jangan masukkan tauge ke dalam panci sejak awal. Masukkan tauge paling akhir ke dalam panci beberapa saat sebelum api kompor dipadamkan.

Dengan begitu, vitamin C serta enzim yang rusak diperkirakan hanya sekitar 20%. Jika direbus dalam jangka waktu lama, kerusakan nutrisi bisa mencapai minimal 60%.


Lebih lanjut tentang tauge

Cara memilih dan membuat tauge

Pada waktu memilih tauge, carilah yang pendek dan gemuk, bersih, tidak berlendir, tidak kendur dan tidak bertekstur seperti benang.

Konsumsi tauge dalam waktu tidak lebih dari 2 hari setelah dibeli, dan pastikan untuk mencucinya dengan bersih sebelum dikonsumsi.

Untuk membuat tauge di rumah Anda sendiri, mulailah dengan merendam kacang hijau dalam air hangat selama 1 malam. Keesokan harinya, cuci dan bilas.

Tempatkan tauge dalam wadah (baskom atau toples) dan tutup dengan kain katun tipis. Setelah muncul tunas pendek, tauge siap untuk dikonsumsi.

Kalau Anda dan pasangan Anda membutuhkan panduan lengkap strategi cepat hamil dan cara memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.