Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

12 Penyebab Kenapa Anda Sulit Hamil

Mengapa Anda sangat sulit hamil? Inilah 12 pertanyaan yang perlu Anda jawab untuk mengetahui penyebabnya. -

Apakah program hamil Anda sudah berjalan sekian lama dan belum juga menunjukkan hasil?

Sudah saatnya berhenti sejenak dan mengevaluasi.

Selalu ada solusi untuk semua masalah Anda. Anda perlu tahu bahwa Anda tidak sendirian dalam hal ini. Ada banyak pasangan yang menghadapi masalah serupa dan akhirnya menemukan jalan keluar dari masalah mereka tersebut.

Mungkin Anda dan pasangan Anda punya beberapa masalah yang perlu diatasi sebelum melanjutkan rencana program hamil Anda.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Penyebab Kenapa Anda Sulit Hamil

Penyebab umum kenapa banyak pasangan sulit hamil

Apakah Anda sedang mempertanyakan diri sendiri, "kenapa saya sulit untuk bisa hamil?" Berikut ini adalah beberapa hal-hal yang mungkin mempengaruhi peluang Anda untuk bisa cepat hamil.

1. Terlalu banyak atau terlalu sedikit?

Hubungan intim antara suami dan istri merupakan salah satu kebutuhan dasar. Namun,sekarang saatnya Anda bertanya pada diri sendiri:

Apakah Anda berhubungan intim cukup banyak?

Apakah Anda berhubungan intim terlalu sedikit?

Penting untuk melakukan hubungan intim dengan baik dan sehat, sambil memastikan bahwa timingnya sesuai dengan siklus ovulasi Anda. Ada banyak aplikasi yang tersedia saat ini yang dapat membantu mendeteksi masa ovulasi Anda.


2. Apakah Anda Stress?

Sedikit stress adalah normal.

Namun, jika Anda stress terus menerus setiap hari, maka Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Kecemasan yang konstan dan berulang dapat mempengaruhi hormon secara langsung.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi tingkat stress Anda:
  • Istirahatlah yang cukup dan jangan merasa bersalah tentang hal itu.
  • Bicaralah dengan pasangan Anda tentang hal ini dan mungkin ia mengalami hal yang sama. Curhat adalah cara yang bagus untuk mengurangi stress.
  • Anda juga dapat berkomunikasi dengan ibu-ibu lain. Ini akan membantu Anda untuk memahami bagaimana orang lain mengatasi masalah yang sama dan Anda akan mendapatkan beberapa ide untuk memecahkan masalah Anda juga.
  • Makan dengan baik.
  • Olahraga, meskipun ringan, dapat meningkatkan mood Anda secara drastis.
  • Pijat relaksasi.
Stress mempengaruhi fungsi tubuh wanita, mempengaruhi ovulasi dan siklus menstruasi yang dapat menyebabkan banyak masalah yang berkaitan dengan kesulitan hamil. Juga, stress pada pria mempengaruhi jumlah sperma mereka.


3. Apakah Anda Langsung Membersihkan Diri Setelah Berhubungan Intim?

Banyak wanita cenderung terburu-buru ke kamar mandi setelah berhubungan intim untuk membersihkan dan mencuci diri diri mereka.

Sangat disarankan untuk tinggal di tempat tidur selama setidaknya minimal 20 menit setelah berhubungan intim guna membantu sperma untuk lebih mudah mencapai sel telur.

Hal ini bisa menjadi salah satu alasan kenapa Anda belum hamil.

Bersantai dan berbaringlah di tempat tidur untuk sementara waktu setelah berhubungan intim, sehingga Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk bisa cepat hamil.


4. Apakah Anda Minum Alkohol Dan Merokok Terlalu Banyak?

Seringkali merokok dan minum alkohol berlebihan dapat mengurangi peluang hamil.

Kedua kebiasaan adiktif ini memiliki kemampuan untuk mengurangi peluang kehamilan dengan cara mempengaruhi sistem reproduksi dalam tubuh. Untuk meningkatkan peluang hamil, pastikan Anda berdua berhenti atau mengurangi merokok dan minum alkohol.


5. Apakah Anda Berdua Mengenakan Pakaian Dalam Terlalu Ketat?

Pakaian ketat lagi ngetrend. Tapi Anda mungkin tidak sadar bahwa pakaian ketat akan merusak produksi sperma pada pria.

Kenakan pakaian yang nyaman agar organ-organ tubuh Anda dapat bernafas dengan baik.


6. Apakah Anda Berolahraga Terlalu Keras?

Penting untuk memahami bahwa latihan olahraga yang berlebihan dapat menjadi salah satu penyebab utama kenapa Anda sulit hamil. Jika Anda berolahraga terlalu banyak, Anda mengurangi persentase lemak di tubuh dan tubuh Anda akan mengirim sinyal bahwa Anda sedang berada dalam kondisi tidak memungkinkan untuk hamil.

Kegemukan dan kekurangan berat badan, keduanya membawa masalah bagi kesuburan.


7. Bagaimana Sebaiknya Anda Berolahraga?

Kurangi intensitas olahraga Anda sedikit. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui intensitas optimal olahraga yang tepat untuk Anda agar bisa segera hamil.
  • Kurangi penggunaan sepeda dan sepeda statis.
  • Latihan dengan pelatih bersertifikat.
  • Jangan berhenti berolahraga setelah Anda hamil.
  • Jika tampaknya ada efek samping, hubungi dan konsultasikan dengan dokter.


Kondisi Medis

Namun, terkadang kesulitan untuk hamil juga dapat dikaitkan dengan beberapa kondisi medis yang membutuhkan analisis lebih dalam dan pengobatan berkepanjangan disertai dengan perawatan kesehatan yang layak.

Beberapa gangguan kesehatan umum yang menjadi penyebab sulitnya hamil adalah sebagai berikut:

8. Menstruasi yang tidak teratur

Menstruasi yang tidak teratur adalah faktor yang paling berkontribusi ketika pasangan mengalami kesulitan untuk hamil.

.

9. Adhesi

Kadang-kadang, ketidakmampuan untuk hamil juga dapat disebabkan oleh adhesi pada organ reproduksi wanita. Ini dapat disebabkan karena beberapa cedera atau trauma pada rongga rahim.

Kadang-kadang, penggunaan perangkat intrauterine untuk menghindari kehamilan juga dapat menyebabkan kondisi medis ini. Satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan menghubungi dokter Anda untuk perawatan.


10. Penyumbatan pada Tuba Fallopi

Dalam banyak kasus, salah satu alasan terbesar tidak dapat hamil adalah karena adanya penyumbatan pada tuba fallopi. Sel telur dan sperma tidak dapat bersatu jika tuba fallopi tersumbat.


11. Gangguan dengan lendir serviks

Kadang-kadang lendir serviks menjadi penghalang bagi sperma untuk memasuki organ reproduksi wanita. Juga, ada kasus dimana tubuh bereaksi dengan memproduksi antibodi yang membunuh sperma dan menyebabkan kegagalan dalam pembuahan (alergi sperma).


12. Endometriosis dan Fibroid

Endometriosis adalah kondisi medis di mana jaringan endometrium seorang wanita tertanam di luar rongga rahim yang menyebabkan rasa sakit sehingga mengakibatkan sulitnya untuk hamil, sedangkan fibroid adalah kondisi dimana ada tumor yang tumbuh pada dinding rahim.

Kalau Anda atau pasangan Anda senang membaca buku bagus seputar tips cara cepat hamil dengan memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak ulasan kami mengenai buku laris Panduan Cara Cepat Hamil.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.