Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Pengaruh Kafein (Kopi) Bagi Ibu Hamil Dan Kesehatan Janin

Bolehkah ibu hamil minum kopi? -

"Mengkonsumsi kafein selama kehamilan beresiko melahirkan bayi dengan berat lahir yang rendah. Wanita hamil perlu diberi pengertian untuk mengurangi asupan kafein selama kehamilan sebanyak mungkin," kata Riyani Limoa, dokter spesialis penulis buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Kafein dapat menjadi racun dan embrio manusia belum bisa menghasilkan enzim untuk menetralisir racun tersebut. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan bahwa wanita hamil tidak boleh mengkonsumsi lebih dari 300 miligram kafein per hari.

Beberapa negara bahkan merekomendasikan bahwa asupan kafein per-hari yang aman hanyalah sekitar 200 miligram atau lebih sedikit.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Pengaruh Kafein (Kopi) Bagi Ibu Hamil Dan Kesehatan Janin


Secangkir teh mengandung kafein yang secara signifikan lebih sedikit dibanding kopi, sedangkan sepotong cokelat mengandung sekitar 35 miligram kafein.

Sumber kafein lainnya adalah soda dan minuman energi.


Berat lahir rendah, masa kehamilan lebih lama

Para peneliti memeriksa diet dan informasi kelahiran yang dikumpulkan selama 10 tahun dari hampir 60.000 wanita hamil yang bebas dari kondisi medis atau yang berhubungan dengan kehamilan.

Para peneliti mencatat semua sumber asupan kafein makanan, termasuk kopi, teh, soda dan makanan cokelat mengandung.

Mereka menemukan bahwa setelah disesuaikan dengan dampak dari merokok (karena orang-orang yang mengkonsumsi lebih banyak kafein, juga secara signifikan lebih mungkin untuk merokok), konsumsi kafein tidak berpengaruh pada risiko kelahiran prematur.
Namun, wanita yang mengkonsumsi lebih banyak kafein pada saat hamil, lebih beresiko untuk melahirkan anak yang secara resmi dianggap memiliki berat badan lahir yang rendah.
Secara khusus, untuk setiap 100 mg kafein yang dikonsumsi setiap hari dari sumber manapun (kopi, teh, soda, dll), anak diperkirakan kehilangan sekitar 21-28 gram (0,74-0,99 ons).
Ini berarti bahwa bagi wanita hamil, asupan kafein yang hanya sekitar 200-300 miligram per-hari mungkin sudah buruk.
Satu hal yang mengejutkan, para peneliti menemukan bahwa asupan kafein yang lebih tinggi berbanding lurus dengan masa kehamilan yang lebih lama. Setiap 100 miligram kafein per-hari, meningkatkan masa kehamilan sekitar lima jam.
Bahkan kafein yang berasal dari kopi, efeknya lebih dramatis: setiap 100 mg kafein yang dikonsumsi dari kopi setiap hari, meningkatkan masa kehamilan sekitar delapan jam.
Para peneliti mengatakan mereka masih tidak yakin apakah faktor kimia yang terdapat dalam kopi yang menyebabkan masa kehamilan menjadi lebih lama, atau apakah hal ini disebabkan oleh beberapa hal lainnya yang masih belum diketahui.

Kalau Anda membutuhkan panduan lengkap perawatan ibu hamil dan kesehatan janin di dalam kandungan, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.