Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Mitos-Mitos Seputar Kehamilan

Mitos-mitos di sekitar ibu hamil - 

Mitos-Mitos Seputar Kehamilan


Mitos Ibu Hamil 1: Ibu Hamil Tidak Perlu Disuntik Vaksin Flu

Justru sebaliknya. "Vaksinasi Flu sangat penting," tegas dr. Riyani Limoa, penulis buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Beberapa wanita hamil khawatir vaksinasi akan menyebabkan flu. Lainnya khawatir, pengawet yang terdapat dalam vaksin bisa melukai bayi mereka yang belum lahir.

Tapi vaksin flu tidak akan menyebabkan Anda flu, juga tidak ada bukti bahwa vaksin flu merugikan janin.

Sebaliknya, vaksinasi flu dapat menjadi penyelamat bagi ibu dan bayi. Kehamilan membuat sistem kekebalan tubuh, jantung dan paru-paru, lebih rentan terkena penyakit flu. Itulah sebabnya vaksin flu menjadi penting.


Mitos Ibu Hamil 2: Ibu Hamil Makan Untuk Dua Orang

Ya, Anda makan untuk dua orang - tapi itu bukan berarti Anda butuh dua porsi ukuran dewasa.

Rata-rata wanita dengan berat badan normal hanya membutuhkan sekitar 300 ekstra kalori per-hari untuk menunjang pertumbuhan bayinya. Itulah kira-kira jumlah kalori dalam segelas susu skim dan setengah potong roti isi.

Seorang wanita dengan berat badan normal, biasanya mengalami kenaikan badan sebanyak 25 sampai 35 kilogram selama kehamilan - kalau ia kelebihan berat badan, maka sebaiknya kurang dari itu.

Sulit untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan.


Mitos Ibu Hamil 3: Tidak Boleh Mewarnai Rambut

Bahan kimia dari pewarna rambut diserap melalui kulit hanya sedikit sehingga tidak terlalu berbahaya.

Tapi aroma yang kuat dari produk perawatan rambut membuat beberapa wanita hamil merasa mual. Jadi gunakan pewarna rambut dalam ruangan yang berventilasi baik..

Anda dapat menunda perawatan rambut sampai Anda telah melewati trimester pertama Anda jika Anda benar-benar khawatir. Anda juga bisa menghindari pewarna yang mengandung amonia.

Produk yang cocok dengan Anda sebelum Anda hamil, mungkin tidak memberikan hasil yang sama pada saat hamil.


Mitos Ibu Hamil 4: Bolehkah Ibu Hamil Naik Pesawat?

Scanner tubuh di bandara, mesin X-ray, radiasi ini itu, terbang di ketinggian - seringkali ibu hamil mengkhawatirkan hal-hal seperti itu.

Tapi Anda tidak perlu khawatir mengenai radiasi X-Ray di bandara. Jenis radiasi yang sering Anda temui selama perjalanan udara tidak banyak mempengaruhi tubuh sehingga tidak mengganggu janin sama sekali.

Scanner tubuh juga tidak berbahaya.


Mitos Ibu Hamil 5: Ibu Hamil Jangan Makan Ikan

Makan dua porsi ikan per-minggu dapat membantu kesehatan ibu dan bayi. Salmon, udang, dan tuna kalengan adalah pilihan yang bagus.

Hindari ikan mentah, termasuk sushi atau sashimi. Ikan mentah lebih beresiko mengandung parasit dan bakteri dibanding ikan masak.
Tapi sushi yang dimasak tidak berbahaya bagi ibu hamil.


Mitos Ibu Hamil 6: Ibu Hamil Tidak Boleh Berhubungan Seks

Anda masih bisa berhubungan seks ketika Anda sedang hamil.

Seks tidak secara fisik menyakiti bayi. Bayi sepenuhnya dilindungi oleh kantung ketuban dan otot rahim yang kuat.
Tapi Anda masih perlu mewaspadai infeksi penyakit menular seksual. Jika Anda tertular herpes, kutil kelamin atau HIV, penyakit ini dapat menular kepada bayi Anda juga.
Beberapa wanita bertanya-tanya, apakah orgasme dapat menyebabkan keguguran?

Jangan khawatir. Kontraksi dari orgasme sama sekali berbeda dibanding kontraksi yang berhubungan dengan pekerjaan berat.

Kalau Anda membutuhkan panduan lengkap perawatan ibu hamil dan kesehatan janin di dalam kandungan, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.