Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Depresi Pada Ibu Hamil Dan Solusinya

Mengatasi stress dan depresi pada ibu hamil -

Proses hamil dan melahirkan adalah sebuah keajaiban.

Pada umumnya, hamil bagi sebagian besar wanita adalah salah satu perasaan terbaik dalam hidup mereka. Kehamilan membawa perasaan sukacita yang luar biasa bagi mereka.

Namun terkadang terjadi depresi bagi sebagian ibu hamil.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Depresi Pada Ibu Hamil Dan Solusinya

Artikel ini memberi sedikit tips bagi Anda para ibu hamil yang merasakannya.

Perubahan hormonal langsung terjadi tepat setelah sel telur wanita dibuahi oleh sperma pria. Tubuh Anda langsung mensekresi hormon yang bertugas untuk menjaga kehamilan Anda.

Setiap hari kadar hormon Anda meningkat (khususnya hormon hCG), hormon yang sama yang digunakan untuk mendeteksi positif atau tidak pada alat tes kehamilan.

Kenaikan hormon ini adalah salah satu penyebab utama dari timbulnya gejala morning sickness pada ibu hamil.

Selain perubahan hormonal, terjadi juga perubahan besar-besaran pada tubuh ibu hamil. Terkadang tidak mudah bagi beberapa wanita menangani perubahan fisik yang terjadi selama kehamilan.

Perasaan "gemuk" dan tidak nyaman, plus "mood swing' akibat lonjakan hormon, tak heran beberapa wanita merasa sedikit depresi atau tertekan.

Bagi wanita yang pernah mengalami depresi sebelumnya, kehamilan makin memperparah depresi mereka. Terlebih lagi, mereka harus menghentikan semua obat anti-depresi sebagai upaya menjaga kehamilan dan janin agar tetap sehat.
Ini berarti wanita depresi yang hamil harus mencari alternatif lain untuk mengobati depresi mereka.
Kehamilan yang tidak direncanakan juga sering menjadi penyebab depresi. Hal ini mungkin saja terjadi pada wanita yang belum siap untuk hamil atau tidak sedang berada dalam hubungan yang stabil dengan pasangannya, atau baru saja memiliki anak yang masih bayi.

Rasa khawatir harus membesarkan anak ketika tidak dalam kondisi terbaik seringkali menambah tekanan bagi ibu hamil.
Wanita dengan tingkat stress yang tinggi dalam kehidupan dan pekerjaannya adalah kelompok wanita yang paling mungkin merasa depresi ketika hamil.
Depresi pada ibu hamil pada umumnya terjadi tanpa alasan sama sekali. Seorang wanita yang bersifat ceria tetap bisa saja mengalami depresi, sama besarnya seperti wanita dengan pembawaan murung.

Jujurlah pada diri Anda sendiri ketika Anda sedang merasa depresi pada saat hamil. Ungkapkan perasaan Anda kepada pasangan, orang-tua, saudara atau sahabat Anda.

Berpura-pura bahwa Anda "baik-baik saja" adalah tindakan yang tidak sehat. Membuka diri terkadanag bisa menjadi solusi agar Anda bisa merasa lebih baik.

Selalu ingat bahwa ini adalah normal. Tidak ada yang salah dengan Anda dan Anda tidak akan dicap sedang menderita sakit mental.

Kalau Anda membutuhkan panduan lengkap perawatan ibu hamil dan kesehatan janin di dalam kandungan, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.