Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Tips Agar Cepat Hamil Secara Alami

Panduan praktis dan tips cara memaksimalkan peluang Anda agar bisa cepat hamil secara alami -

Bagi sebagian wanita, hamil begitu mudah. Namun bagi sebagian yang lain, untuk bisa hamil ternyata tidak semudah itu dan butuh banyak perjuangan. Mungkin Anda diantaranya?

Sulit hamil bisa membuat wanita manapun merasa frustasi.

Pada artikel kali ini kami merangkum sejumlah tips dan strategi cepat hamil yang selengkapnya bisa Anda dapatkan di buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil, karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Tips Agar Cepat Hamil Secara Alami

Kapankah masa tersubur wanita?

Masa tersubur seorang wanita hanya sekitar enam hari setiap bulannya.

Enam hari ini disebut sebagai jendela kesuburan. Masa paling subur tersebut dimulai lima hari sebelum ovulasi dan berakhir satu hari setelah ovulasi.

(Baca: Pengertian Ovulasi)

Mengapa hanya enam hari?

Sebab sperma (yang dapat bertahan selama lebih dari 100 jam) harus sudah menunggu di tuba fallopi pada saat sel telur dilepaskan dari ovarium (ovulasi).

Hal tersebut menyebabkan pembuahan lebih mungkin terjadi ketika Anda bercinta sebelum ovulasi, bukan sesudahnya.
Strategi terbaik untuk bisa hamil adalah untuk bercinta setidaknya setiap hari selama enam hari masa tersubur Anda tersebut.
Disini letak tantangannya: Kadang sulit untuk mengetahui dengan pasti kapan Anda berovulasi.

Bahkan jika siklus menstruasi Anda normal dan teratur sekalipun, ovulasi tidak selalu terjadi pada waktu yang sama setiap siklus.

Memang ada alat yang bisa memprediksi dan menunjukkan pada Anda ketika Anda sedang memasuki masa ovulasi, tapi pada saat itu Anda telah kehilangan beberapa hari subur.

Jadi, untuk memaksimalkan peluang Anda, pertama-tama Anda harus bercinta setiap hari, dimulai dari hari ke-8 sampai hari ke-19 dari siklus menstruasi Anda (hari ke-1 adalah hari pertama haid).

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui kapan masa ovulasi Anda. Salah satu cara termudah adalah dengan membeli termometer basal dan catatlah suhu tubuh Anda setiap hari. 

Buatlah grafik suhu tubuh Anda setiap hari. Catat suhu Anda tepat setelah Anda bangun tidur di pagi hari, sebelum Anda melakukan kegiatan apapun. Lakukan hal ini setiap hari.
Waktu terbaik untuk bercinta adalah saat dimana suhu tubuh Anda mulai naik kembali, setelah sebelumnya mencapai titik terendah.
Cara lainnya adalah dengan menggunakan alat pengetes kesuburan.

Salah satu cara terbaik lainnya untuk memprediksi kapan Anda sedang berovulasi adalah dengan memperhatikan tanda-tanda pada tubuh Anda sendiri.
Beberapa wanita bisa merasa kram di salah satu sisi tubuh ketika mereka berovulasi, sementara wanita lain akan merasakan adanya perubahan pada lendir serviks mereka.

Apakah ada tanda tertentu yang menunjukkan bahwa Anda sulit untuk hamil?

Pada sebagian besar wanita, umumnya tidak ada satu tanda khusus yang menjadi indikasi bahwa ia sulit untuk hamil.

Kelainan seperti kista ovarium, fibroid, chlamydia, dan sindrom ovarium polikistik (PCOS) seringkali tidak terdiagnosis sejak awal.

Ada satu gejala yang bisa menjadi pertanda bahwa Anda mungkin sulit untuk hamil, yaitu endometriosis. Endometriosis dapat mengakibatkan rasa sakit yang parah selama hubungan seksual atau ketika menstruasi.

Jika Anda belum pernah menjalani pemeriksaan untuk memastikan bahwa kondisi Anda sehat dan bebas dari penyakit menular seksual, lakukan sekarang.


Pengaruh usia terhadap peluang kehamilan

Faktanya, usia adalah faktor penentu kesuburan nomor satu.

Tentu saja kita beberapa kali mungkin pernah mendengar bahwa ada wanita yang berusia 40 tahunan lebih atau bahkan 50 tahunan bisa hamil setelah menjalani perawatan kesuburan tertentu. Namun, peluangnya sangat tipis.

Mengapa faktor usia menjadi begitu penting?

Alasannya adalah: Seiring pertambahan usia seorang wanita, jumlah sel telur yang sehat semakin berkurang.

Dan di sekitar usia 35 tahun, sistem di dalam tubuh wanita berubah yang menyebabkan sel telur sulit matang sehingga ovulasi pun menjadi lebih jarang dan lebih sulit.

Jadi, meskipun Anda masih memiliki ratusan ribu sel telur, hanya beberapa saja diantaranya yang akan matang dan dilepaskan oleh ovarium Anda dalam peristiwa ovulasi.

Jika tahun ini Anda tidak hamil, Anda akan semakin sulit untuk hamil tahun depan.

(Buku yang direkomendasikan: Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG).


Bagaimana dengan kesuburan pria?

Tingkat kesuburan wanita mulai menurun perlahan ketika ia memasuki usia awal tiga puluhan dan kemudian turun drastis secara signifikan di akhir usia tiga puluhan (memasuki usia awal empat puluhan).

Kesuburan pria juga sama, tetapi tidak secepat itu.

Kadar testosteron pria menurun sekitar 1 persen per-tahun ketika ia memasuki usia 30-an, yang berakibat pada berkurangnya volume sperma.

Ada beberapa tanda-tanda pada pria yang mengindikasikan bahwa spermanya mungkin kurang sehat. Yang paling terutama adalah jika ia kelebihan berat badan.

Testosteron dipecah dalam sel-sel lemak, terutama lemak di perut, sehingga semakin berlemak seorang pria maka semakin rendah kadar testosteronnya.

Jika testis pria terlalu kecil (diameter kurang dari satu setengah inchi) atau berjuntai terlalu rendah, itu juga bisa menjadi pertanda bahwa jumlah spermanya sedikit dan kadar testosteronnya rendah.


Yang perlu Anda lakukan agar bisa cepat hamil

Mulailah mengkonsumsi asam folat.

(Baca: Pentingnya Asam Folat Dalam Program Hamil).

Anda mengurangi risiko melahirkan bayi dengan kondisi cacat tabung saraf (misalnya spina bifida) hingga 50% sampai 70% jika Anda mulai mengkonsumsi setidaknya 0,4 mg asam folat setiap hari, dua-tiga bulan sebelum Anda memulai program hamil.

Anda bisa mendapatkan asupan asam folat dari jus jeruk atau langsung memakan buah jeruk segar. Jeruk adalah sumber asam folat yang sangat baik untuk setiap wanita yang sedang berusaha untuk hamil.

Apakah selama ini Anda mengkonsumsi vitamin atau suplemen? jenis vitamin tertentu apabila dikonsumsi dalam dosis tinggi bisa berbahaya bagi bayi Anda.

Beralihlah ke vitamin prenatal yang direkomendasikan oleh dokter sebelum Anda memulai program hamil.

Jika Anda merokok, hentikan sekarang juga. Penelitian menunjukkan bahwa merokok 10 batang sehari dapat mengurangi peluang seorang wanita untuk bisa hamil hingga 50 persen.

Apakah Anda seorang peminum kopi? Anda perlu mengurangi kafein sekarang juga.

Kafein membatasi pertumbuhan bayi Anda karena bisa mengurangi aliran darah ke rahim. Terlebih lagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kafein berlebihan (lebih dari tiga cangkir kopi per-hari) bisa menghambat kesuburan.

Jika Anda atau pasangan Anda secara rutin terpapar zat kimia berbahaya di tempat kerja, Anda mungkin perlu mempertimbangkan mengganti pekerjaan sebelum Anda memulai program hamil. Bahan-bahan kimia tertentu bisa mempengaruhi kualitas sperma dan perkembangan embrio.

Lakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh untuk meninjau riwayat kesehatan Anda sehingga Anda mengetahui hal-hal yang membutuhkan perbaikan sebelum Anda mencoba untuk hamil.

Apakah saat ini Anda secara rutin mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas? Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter apakah obat-obatan tersebut aman bagi Anda dan tidak mengganggu kesuburan Anda.

Jika Anda penderita diabetes, sangat penting untuk mengkontrol kadar gula darah Anda terlebih dahulu sebelum Anda hamil.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang tergantung dengan suntik insulin karena diabetes yang kurang terkontrol, menyimpan risiko empat sampai enam kali lebih besar untuk melahirkan bayi cacat dibandingkan dengan wanita yang tidak menderita diabetes.

Pastikan bahwa Anda tidak sedang mengidap PMS (Penyakit Menular Seksual). Jutaan wanita terdiagnosis penyakit radang panggul setiap tahunnya. Nomor satu penyebabnya adalah penyakit menular seksual yang tidak diobati.

Anda perokok atau senang meminum anggur atau minuman beralkohol lainnya? Bagi Anda yang sedang menjalani program hamil, Anda harus mengasumsikan bahwa diri Anda sedang hamil, bahkan sebelum Anda tahu bahwa Anda benar-benar hamil.

Salah satu periode paling penting dalam perkembangan embrio terjadi sangat awal, bahkan mungkin sebelum Anda tahu bahwa Anda telah hamil.

Hentikan rokok dan alkohol sekarang juga.


Persiapkan tubuh Anda untuk hamil

Buatlah lingkungan vagina dan rahim Anda seramah mungkin bagi sperma.

Hindari pembersih vagina dan pembalut yang berpewangi (karena dapat menyebabkan ketidakseimbangan pH di dalam vagina Anda).

Hindari pelumas buatan, minyak sayur dan gliserin (karena dapat membunuh sperma).

Hindari juga air liur (karena juga dapat membunuh sperma).

Jika Anda mencoba memprediksi hari subur Anda dengan metode memantau lendir serviks, lakukanlah sebelum mandi atau sebelum berenang. Sebab mandi dan berenang dapat mempengaruhi kuantitas dan kualitas lendir serviks Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa puasa seks selama lebih dari tujuh hari dapat menurunkan kesuburan pria.

Memang jumlah sperma akan meningkat lebih banyak apabila pria puasa seks selama beberapa waktu, namun sperma yang tersisa adalah sperma tua dengan kemampuan membuahi yang rendah.

Penelitian juga menunjukkan bahwa periode paling subur dalam siklus seorang wanita adalah lima hari menjelang ovulasi. Jika Anda tahu bahwa Anda akan segera berovulasi dalam beberapa hari berikutnya, sekarang adalah saat yang tepat untuk bercinta.

Mendekati masa ovulasi, leher rahim Anda akan terasa lebih lembut dan "membuka".

Dalam kondisi "biasa", leher rahim Anda terasa keras seperti ujung hidung Anda pada saat awal siklus menstruasi, namun ketika mendekati masa ovulasi, leher rahim Anda akan terasa lembut dan berdaging seperti bibir Anda.

Jika siklus menstruasi Anda lebih panjang atau lebih pendek dari 28 hari, kemungkinan besar Anda tidak akan mengalami ovulasi pada hari ke-14.

Ovulasi biasanya terjadi 14 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya, bukan 14 hari setelah hari terakhir menstruasi Anda sebelumnya.


Jangan olahraga berlebihan

Apakah Anda atau pasangan Anda senang bersepeda atau berolahraga di gym dengan sepeda statis? Sebaiknya ganti dan gunakan saja treadmill atau jogging.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pria yang bersepeda lebih dari 100 km per-minggu, ia membahayakan kesuburannya sendiri. Benturan berkali-kali yang terjadi antara selangkangan dan sadel sepeda bisa merusak arteri dan saraf yang penting.

Olahraga berlebihan dapat menyebabkan masalah kesuburan seperti menstruasi yang tidak teratur, anovulasi (tidak terjadi ovulasi), dan kelainan pada fase luteal.

Intinya, Anda dianjurkan untuk tetap aktif secara fisik, tapi jangan berlebihan.

Apakah Anda pada dasarnya adalah orang yang aktif secara fisik? Jika iya, bagus. Jika tidak, Anda perlu memikirkan untuk mengikuti kelas olahraga atau senam kesuburan.

Jogging dengan kecepatan sedang selama 20 sampai 30 menit, sebanyak tiga kali atau lebih setiap minggunya, akan membantu Anda untuk memperoleh kekuatan, stamina dan kesehatan jantung yang baik.

Namun demikian, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program olahraga apapun.

(Buku yang direkomendasikan: Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG). 


Mengukur suhu basal tubuh

Anda mungkin ingin mencoba memprediksi masa subur Anda dengan cara memantau dan membuat grafik pergeseran suhu tubuh yang biasanya menyertai ovulasi.

Gunakan termometer digital dan sebisa mungkin jangan gunakan termometer air raksa. Termometer digital lebih mudah untuk dibaca dan bahkan bisa berbunyi pada saat pengukuran selesai.

Jangan makan, minum atau bahkan jangan dulu beranjak dari tempat tidur sebelum Anda mengukur suhu tubuh Anda. Sebab aktivitas sekecil apapun yang Anda lakukan dapat mempengaruhi keakuratan pengukuran.

Jika jumlah sperma pasangan Anda sedikit, Anda disarankan untuk bercinta setiap dua hari sekali (bukan setiap hari) untuk memberi waktu bagi sperma pasangan Anda bertambah jumlahnya.

Jika jumlah spermanya sangat rendah, Anda dan pasangan Anda bahkan mungkin perlu untuk menahan diri tidak bercinta selama beberapa hari menjelang hari tersubur Anda.

Jika semalam Anda kurang cukup tidur, buatlah catatan khusus mengenai hal tersebut pada grafik suhu tubuh yang sedang Anda buat.

Tidur kurang dari tiga jam membuat pengukuran terhadap suhu basal tubuh Anda tidak dapat diandalkan.

Jika suhu tubuh Anda tidak pernah bergeser dalam sebulan selama Anda membuat grafik suhu tubuh, jangan panik. Beberapa wanita yang sedang berovulasi tidak mengalami kenaikan suhu tubuh pada saat ovulasi. Mungkin Anda adalah salah satu yang mengalaminya.

Jika Anda menggunakan metode pengukuran suhu basal tubuh untuk memprediksi hari ovulasi Anda, jangan menunggu sampai suhu tubuh Anda naik dulu baru Anda bercinta. Pada saat itu, ovulasi telah terjadi dan Anda kehilangan peluang.

Bercintalah sebelum suhu tubuh Anda naik.

Dengan memonitor suhu basal tubuh, Anda dapat menghemat biaya untuk membeli alat tes kehamilan.

Jika menstruasi Anda kemudian terlambat, Anda hanya perlu memperhatikan apakah fase luteal Anda (yaitu jumlah hari sejak hari Anda berovulasi sampai hari pertama menstruasi berikutnya) lebih lama dari biasanya.

Jika suhu Anda tetap tinggi selama setidaknya tiga hari lebih lama dari fase luteal terpanjang Anda, Anda bisa menyimpulkan bahwa Anda hamil.

Segera periksakan diri Anda ke dokter.


Tips bercinta agar cepat hamil

Walaupun Anda dan pasangan Anda mungkin sangat ingin segera memiliki anak, cobalah untuk menjaga agar aktivitas hubungan intim tetap menyenangkan. Lakukan variasi yang Anda dan pasangan Anda sukai.

Jangan langsung ke kamar mandi setelah Anda bercinta.

Berbaring selama setidaknya lima menit setelah bercinta akan memberi kesempatan bagi sperma untuk bisa mencapai sel telur yang telah menunggu sehingga memperbesar peluang terjadinya pembuahan.

Bercintalah lebih banyak selama masa subur Anda (yaitu selama lima hari berturut-turut menjelang ovulasi).

Jika Anda bercinta setidaknya setiap 48 jam sekali, berarti Anda memastikan ada sperma yang menunggu di tuba falopi pada saat yang tepat ketika sel telur dilepaskan.

Perlu diingat bahwa proses hamil adalah permainan angka dan peluang. Anda hanya memiliki peluang 25% hingga 30% untuk hamil pada setiap siklus.

Mungkin Anda juga perlu mulai membuat kalender menstruasi. Perhatikan tanggal saat haid dimulai dan jumlah hari menstruasi berlangsung.

Informasi tersebut mungkin bisa membantu dokter untuk menganalisa masalah jika Anda mengalami kesulitan untuk hamil.

Jangan jadikan hubungan seks menjadi kaku dan seperti sebuah tugas atau kewajiban semata.

Jika Anda mencoba untuk memaksimalkan peluang Anda untuk hamil, lebih baik Anda bercinta setiap dua hari sekali sebelum waktu ovulasi Anda. Selain Anda dan pasangan Anda juga lebih segar, Anda juga bisa lebih menikmati seks dengan lebih menyenangkan dan romantis bersama pasangan Anda.


Tips praktis agar cepat hamil

Tips #1: Jangan langsung banyak bergerak setelah bercinta.
Langsung berdiri setelah bercinta dapat menyebabkan sperma keluar lagi.
Tetaplah dalam posisi terlentang dan tunggulah sekitar dua puluh menit setelah bercinta sebelum bangun dari posisi Anda.

Tips #2: Bantulah sperma untuk dapat mengalir ke dalam rahim.
Anda dapat menempatkan bantal di bawah panggul Anda sehingga sperma dapat melakukan perjalanan menuju sel telur dengan lebih mudah.


Tips #3: Buatlah sesi bercinta menjadi menyenangkan.
Seks yang menyenangkan membantu meningkatkan jumlah sperma yang keluar pada saat ejakulasi.


Tips #4: Konsumsilah vitamin prenatal seperti asam folat dan vitamin lainnya yang sangat penting selama trimester pertama kehamilan. Anda bisa mendapatkan vitamin asam folat gratis bersama paket buku best-seller Cara Cepat Hamil.


Tips #5: Jangan minum alkohol atau menggunakan obat-obatan pada saat pembuahan. Hal ini berlaku untuk kedua pasangan, pria dan wanita.
Ada bukti kuat bahwa alkohol sangat menurunkan peluang Anda untuk hamil.

Tips #6: Jangan langsung mandi setelah berhubungan seks karena dapat membersihkan sperma yang baru saja memasuki tubuh Anda.


Tips #7: Jangan melakukan oral seks sebelum bercinta.
Ada beberapa bukti penelitian bahwa bakteri dalam mulut dapat menyebabkan kerusakan pada sperma laki-laki.

Tips #8: Konsumsi asam folat.
Wanita yang ingin segera hamil, harus mengkonsumsi suplemen asam folat 400mcg setiap hari.

Bahkan beberapa wanita disarankan untuk mengkonsumsi suplemen asam folat 5 mg setiap hari jika ia menderita kondisi tertentu, penyakit celiac atau diabetes.

Mengkonsumsi asam folat sebelum hamil (idealnya selama setidaknya tiga bulan sebelum hamil) dan selama 12 minggu pertama masa kehamilan, akan mengurangi risiko melahirkan bayi dengan kondisi cacat seperti spina bifida.


Tips #9: Hindari stres.
Persiapan psikologis sebelum hamil sangat penting.

Olahraga adalah cara yang baik untuk menghilangkan stres, terutama olahraga ringan sampai menengah seperti yoga dan pilates. Akupunktur juga terbukti dapat mengurangi stres.

Jaga emosi Anda, kelola tingkat stres Anda dan luangkan waktu untuk bersantai.


Tips #10: Jaga berat badan ideal.
Berat badan yang sehat memiliki indeks massa tubuh (Body Mass Index / BMI) antara 18,5 sampai 24,9.

Wanita yang memiliki BMI lebih dari 29 membutuhkan waktu lebih lama dan usaha lebih keras untuk bisa hamil dibanding wanita yang berat badannya masih dalam batas normal.

Kelebihan berat badan berisiko tinggi terhadap sindrom ovarium polikistik (PCOS), yang mana mengakibatkan ketidakseimbangan hormon sehingga mempengaruhi kesuburan bahkan dapat menyebabkan keguguran.

Jalani gaya hidup sehat.

Berolahragalah, tetapi jangan berlebihan dan pastikan Anda memiliki BMI yang sehat. Tidak terlalu tinggi, tidak juga terlalu rendah.

Terlalu kurus membawa dampak buruk bagi kesuburan, begitu juga halnya dengan terlalu gemuk.

Kalau Anda atau pasangan Anda senang membaca buku bagus seputar strategi cara cepat hamil dan tips memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak ulasan kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.